12 Wisata Tegal dari Wisata Alam, Edukasi, hingga Wisata Kuliner

Siti Nur Aeni
24 Agustus 2021, 09:30
Potret Waduk Cacaban, salah satu tempat wisata Tegal yang populer
instagram.com/sofan_prayitno
Potret Waduk Cacaban, salah satu tempat wisata Tegal yang populer.

Tegal merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah. Daerah ini terbagi atas dua pemerintahan yaitu Kota Tegal dan Kabupaten Tegal. Daerah ini terkenal dengan bahasa “ngapak” dan rumah makan yang terkenal dengan sebutan “warung Tegal atau warteg”.

Selain kedua ciri khas tersebut, ternyata banyak daya tarik lain dari daerah yang satu ini. Ada tempat wisata yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata kuliner. Ingin tahu apa saja destinasi wisata di Tegal? Berikut ini kami berikan daftarnya.

Wisata Alam di Tegal

Destinasi wisata Tegal yang bertemakan wisata alam sangatlah beragam, mulai dari pantai, pegunungan, dan danau semua ada. Berikut daftar wisata alam yang ada di Tegal.

1. Pantai Alam Indah (PAI)

Pantai ini sudah menjadi wisata Tegal andalan dan populer. Pada musim liburan atau akhir pekan, tempat ini semakin ramai dikunjungi. Biasanya masyarakat Tegal datang saat pagi untuk menikmati udara sejuk, atau sore hari untuk melihat matahari terbenam.

Di sekitar pantai banyak pepohonan rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh sembari piknik bersama dengan keluarga, sahabat, atau pasangan. Selain itu, ada wahana bermain lain seperti waterboom, kereta kuda, dan berbagai permainan anak. Lokasi wisata ini ada di Jalan Sangir, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

2. Pantai Purwahamba Indah Tegal (Pur In)

Pur In singkatan dari Purwahamba Indah. Lokasi wisata ini ada di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Di tempat ini bisa merasakan pemandangan pantai yang indah. Jika datang di sore hari, Anda bisa melihat matahari terbenam yang sangat cantik. Jika bosan dengan pemandangan laut, Anda juga bisa mencoba wisata air seperti sepeda air atau bermain di waterboom. Ada juga kebun binatang mini dan arena bermain anak, dan tempat makan.

3. Objek Wisata Guci Tegal

Tegal juga menyediakan tempat wisata alam di daerah pegunungan. Guci menjadi salah satu objek wisata yang populer dan ramai dikunjungi wisatawan, terlebih saat musim liburan tiba. Daya tarik utama dari tempat wisata ini yaitu pemandian air panas yang dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit. Di tempat ini juga ada banyak penjual souvenir dan makanan khas.

Letaknya ada di Jl. Objek Wisata Guci, Sigedong, Bumijawa, Kabupaten Tegal cukup mudah untuk ditemukan. Jika berangkat dari Slawi (pusat Kabuaten Tegal), jarak tempuhnya hanya sekitar 30 menit. Namun jika berangkat dari Kota Tegal maka jarak tempuhnya mencapai 40 menit. Sepanjang jalan menuju lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan asri dan udara sejuk. Karena lokasinya ada di daerah pegunungan, pastikan kondisi kendaraan anda prima sehingga perjalanan tidak terhambat.

4. Curug Putri Tegal

Wisata alam selanjutnya yang bisa anda singgahi saat berada di Tegal yaitu Curug Putri Tegal. Lokasinya ada perbatasan antara Tegal dengan Brebes tepatnya di Desa Dukuh Benda, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug atau air terjun di tempat ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Pemandangan indah dengan pepohonan rindah dan udara dingin khas pegunungan membuat banyak wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung ditempat ini.

5. Waduk Cacaban

Tempat wisata di Tegal selanjutnya yaitu Waduk Cacaban. Lokasi wisata ini ada di Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Waduk ini dibangun pada 1952 pada masa Presiden Soekarno. Di tempat ini anda bisa mencoba  naik kapal wisata yang mengitari danau. Atau cukup duduk santai di pinggir danau sembari menikmati air danau yang tenang.

Masyarakat sekitar biasanya datang ke tempat ini pagi hari karena selain untuk tujuan wisata biasanya tempat ini juga digunakan untuk olahraga joging di pagi hari. Disekitar Waduk Cacaban juga banyak penjual makanan terutama olahan ikan air tawar yang siap menggoyang lidah anda.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...