Contoh Surat Resmi untuk Berbagai Keperluan

Siti Nur Aeni
31 Agustus 2021, 07:50
contoh surat resmi
pixabay.com
Ilustrasi membuat surat resmi

Surat-menyurat merupakan hal yang biasa dilakukan. Meskipun saat ini tekonologi semakin canggih, namun untuk beberapa keperluan seperti urusan administrasi formal surat resmi masih menjadi pilihan.

Jika dahulu mengirimkan surat harus melalui kantor pos, saat ini mengirim surat bisa dengan menggunakan email atau surat elektronik. Namun demikian, tata cara penulisan surat resmi tidak banyak berubah.

Oleh sebab itu, tidak heran hingga saat ini masih banyak orang yang mencari contoh surat resmi saat hendak berkirim surat dalam bentuk hard file ataupun soft file. Sebelum mengirimkannya, tak ada salahnya mempelajari beberapa hal yang berhubungan dengan surat resmi.

Fungsi Surat Resmi

Surat resmi merupakan surat yang dikeluarkan oleh individu, organisasi, atau instansi tertentu untuk kepeluan resmi juga. Adapun fungsi dari surat resmi antara lain;

  1. Sebagai dokumen pengingat. Hal ini berlaku pada instansi formal, sebab setiap surat yang masuk pasti di arsipkan. Maka dari itu surat ini bisa menjadi pengingat.
  2. Sebagai bukti perjanjian.
  3. Sebagai petunjuk atau perintah terhadap suatu hal.
  4. Bentuk pemberian izin yang bisa dipertanggung jawabkan.

Struktur Surat Resmi

Dalam penulisan surat resmi, tidak bisa dilakukan sembarangan sebab surat resmi memiliki beberapa struktur yang harus ada. Berikut ini beberapa stuktur surat resmi yang bisa kita pelajari:

1. Kop atau Kepala Surat

Bagian pertama yang harus ada dalam surat resmi yaitu kop atau kepala surat. Bagian ini ada di paling atas dari surat resmi. Kop ini menunjukkan identitas dari pembuat surat. Di dalam kop surat harus ada logo instansi pengirim surat, nama lembaga, alamat lembaga, nomor HP, kode pos, email, alamat website, faximile, bisa juga anda tambahkan bidang usaha, nomor usaha, dan macam usaha.

2. Tanggal Surat

Tanggal surat diperlukan sebagai informasi terkait waktu surat tersebut ditulis. Biasanya tanggal surat tercantum di pojok kanan atas, tepat di bawah kop surat. Ada juga yang menuliskan tempat pembuatan surat, namun ada juga yang tidak menuliskan. Banyak instansi yang tidka menuliskan lokasi penulisan surat sebab di kop surat sudah ada alamat lengkap dari instansi tersebut.

3. Nomor Surat

Bagian penting lainnya yang biasanya ada pada contoh surat resmi yaitu nomor surat. Letak dari nomor surat ini biasnaya ada di kiri atas sejajar dengan tanggal surat. Adapun format dari nomor surat tergantung dari instansi pembuat surat. Umumnya di dalam nomor surat ada nomor urut surat, bulan surat dibuat, tahun, dan kode lain sesuai dengan ketentuan lembaga tersebut.

4. Lampiran

Lampiran merupaakn dokumen yang diikutsertakan dalam surat tersebut. Biasanya tulisan lampisan diisi dengan jumlah dokumen yang dilampirkan. Namun jika tidak ada dokumen terlampir, bagian ini boleh dikosongkan.

5. Hal/Perihal

Pada bagian ini, pembuat surat bisa menuliskan tujuan singkat dari surat tersebut. Hal atau Perihal ini harus sesuai dengan isi surat tersebut. Misalnya jika surat tersebut merupakan surat undangan, maka anda bisa mengisi bagian Hal/Perihal dengan tulisan “undangan”.

6. Nama dan Alamat Penerima

Bagian ini juga tidak boleh dilupakan. Dalam contoh surat resmi, sebelum menyebutkan nama si penerima surat, maka harus didahulu dengan kata “Yang Terhormat” atau “Yth”. Kemudian alamat penerima juga cukup tuliskan singkat saja, karena biasanya alamat penerima dituliskan kembali pada amplop surat dengan lebih lengkap. Namun jika surat resmi yang Anda buat tidak menggunakan amplop, penulisan alamat lengkap bisa dilakukan.

7. Salam Pembuka

Dalam surat resmi umumnya menggukana salam pembuka “Dengan hormat” karena lebih universal tidak mencirikan suatu agama atau kepercayaan. Namun salam tersebut juga bisa disesuaikan dengan penerima surat.

8. Isi

Memasuki bagian inti surat resmi yakni isi. Untuk surat resmi isi tidak perlu terlalu melebar, cukup langsung pada intinya saja. Beri pengantar cukup satu atau dua kalimat, kemudian langsung sampaikan maksud dan tujuan anda menulis surat tersebut. Pada paragraf terakhir, anda bisa menuliskan kalimat penutup yang sopan dan formal.

9. Salam Penutup

Jika sebelumnya surat dibuka dengan ucapan salam, maka surat juga harus ditutup dengan salam. Adanya salam penutup ini akan membuat surat tersebut semakin sopan dan komunikatif. Anda juga bisa menggunakan ucapan terimakasih karena penerima surat sudah membaca surat yang anda tulis hingga akhir dan menambahkan harapan agar yang anda sampaikan bisa ditindaklanjuti. Hal tersebut berlaku apabila anda mengirimkan surat resmi untuk sebuah permintaan resmi.

10. Tanda Tangan dan Nama Pembuat Surat

Bagian ini juga sangat penting, agar surat semakin resmi maka harus dibubuhkan tanda tangan dan nama pembuat surat. Jika surat tersebut dibuat oleh sebuah instansi maka yang biasanya bertanda tangan yaitu kepala atau ketua. Jika tidak ada, bisa diwakilkan dengan pejabat dibawahnya. Jika ada, pada bagian tanda tangan juga bisa ditambahkan stempel basah. Dengan demikian surat akan semakin formal.

11. Tembusan

Bagian ini bisa ada bisa juga tidak ada. Tembusan sifatnya opsional. Biasanya dicantumkan jika surat tersebut dikirimkan ke pihak lain selain penerima surat. Misalnya instansi tersebut mengirimkan surat kepada seseorang, namun surat tersebut juga dikirimkan kepada pihak lain yang juga berkepentingan untuk mengetahui isi surat. Maka nama pihak lain tersebut harus tercantum di bagian tembusan. Letaknya ada di kiri bawah, dan biasanya font nya lebih kecil dari bagian lain.

Contoh Surat Undangan Resmi

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan undangan resmi dari sekolah atau pihak lain. Namun tanpa disadari, sebenarnya dalam undangan tersebut telah memperhatikan struktur surat resmi yang umum digunakan. Adapun contoh surat undangan resmi seperti berikut ini.

SMA Berbakti Jakarta

Jl. Jend. Soedirman No. 1, Telp (021) 1234567, Jakarta Kode Pos 123467

www.smaberbakti.sch.id

 

01 Agustus 2021

 

Nomor              :123.5/VIII/Undangan SMA Berbakti/2021

Lampiran           : -

Perihal              : Undangan

 

Yth. Orang Tua/ Wali Murid

Siswa Siswi SMA Berbakti Jakarta

Di Jakarta

 

Dengan hormat,

Sehubungan dengan telah berakhirnya masa pembelajaran semester genap tahun ajaran 2020/2021, maka kami bermaksud hendak mengundang Bapak/Ibu/Wali Murid pada;

Hari/tanggal  : Sabtu, 6 Agustus 2021

Pukul                : 08.00 - selesai

Tempat            : Ruang rapat SMA Berbakti Jakarta

Acara                : Pengambilan raport semester genap

Mengingat pentingnya acara tersebut, kami berharap Bapak/Ibu/Wali Murid untuk hadir dalam acara tersebut. Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Kepala Sekolah SMA Berbakti Jakarta

ttd

Muhammad, S.Pd., M.Pd.

Contoh Surat Undangan Tidak Resmi

Jika sebelumnya ada contoh surat resmi jenis undangan, mungkin anda juga ingin mengirimkan surat undangan yang tidak resmi. Berikut ini contoh surat undangan tidak resmi yang bisa manjadi acuan bagi kita.

Hallo teman-teman,

Saya ingin mengundang teman-teman di acara pesta ulang tahun saya pada;

Hari/Tanggal      : Sabtu, 14 Agustus 2021

Jam                         : 19.00 WIB - selesai

Tempat                  : Rumah makan bahagia bersama, Jl. Pemuda No. 1

Dresscode            : Monokrom

Atas kehadiran teman-teman saya ucapkan terimakasih.

Salam manis,

Agustine

Contoh surat di atas merupakan surat tidak resmi, sehingga bahasa yang digunakan juga lebih santai. Untuk surat tidak resmi isinya lebih singkat dan padat. Tidak ada ketentuan khusus sehingga anda bisa berkomunikasi dengan lebih leluasa.

Contoh Surat Dinas

Selain undangan, surat resmi juga bisa digunakan sebagai surat dinas. Secara pengertian surat dinas merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi baik pemerintahan ataupun swasta yang isinya untuk memberitahukan pengumuman, perizinan, pemberian sebuah kuasa, penugasan, rekomendasi, dan berbagai hal yang berkaitan dengan urusan dinas lainnya. Untuk struktur dari surat dinas sama seperti contoh surat resmi pada umumnya. Berikut ini contoh dari penulisan surat dinas yang bisa anda ikuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement