Sebanyak 692 Calon Anggota KPU dan Bawaslu Akan Jalani Tes Tulis

Image title
23 November 2021, 11:07
Ketua KPU Ilham Saputra mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021). Rapat tersebut mengevaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2021 dan pembicaraan pendahuluan Pembahasan RAPBN serta rencana k
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Ketua KPU Ilham Saputra mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU-Bawaslu akan menggelar tes tertulis pada 24-25 November mendatang bagi 692 peserta yang lolos tahap awal.

Ketua Timsel Calon Anggota KPU-Bawaslu, Juri Ardiantoro mengatakan dalam tes selanjutnya peserta akan diminta untuk melakukan tes tertulis, penulisan makalah dan tes psikologi dasar. Tes tertulis akan diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Adapun mekanismenya, peserta akan dihadapkan dalam masing-masing satu komputer untuk mengerjakan soal yang tersedia. Hasil tes tertulis juga dapat diketahui hasilnya pada hari yang sama ketika tes dilaksanakan.

Kemudian pada penulisan makalah, peserta akan diminta untuk membuat makalah dengan tema yang diberikan pada saat hari H pelaksanaan tes. Penilaian akan dilakukan oleh tiga pakar atau akademisi untuk setiap makalah. Dalam penilaian, pakar juga tidak akan mengetahui nama penulis dari makalah tersebut.

Sementara untuk tes psikologi akan dilakukan oleh dinas psikologi Angkatan Darat. Hasil seleksi kemudian akan diumumkan pada 3 Desember mendatang untuk menjaring 48 calon anggota KPU dan Bawaslu.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...