5 Ciri-Ciri dan Fakta Menarik Kucing Maine Coon

Maine Coon adalah kucing ras dari Maine, Amerika Utara. Ciri yang menonjol dari kucing ini adalah bentuknya yang besar dan bulu ekor panjang. Berikut ciri, jenis, dan fakta menarik Kucing Maine Coon.
Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2021, 18:04
Gambar Kucing Maine Coon
pixabay.com/Kirgiz03

Maine Coon adalah kucing peliharaan bertubuh besar dan berbulu panjang. Kucing ini termasuk ras tertua dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini memiliki sifat manja pada pemilik.

Ciri-ciri khas Maine Coon yaitu memiliki bulu lebat, wajah seperti singa, dan ekor yang panjang. Kucing ini dijuluki kucing raksasa atau giant cat. Kucing jantan dewasa Maine Coon bobotnya antara 6 sampai 11 kilogram. Sedangkan kucing betina lebih kecil sekitar 3,6 kilogram sampai 5,4 kilogram. Panjang kucing antara 48 - 100 sentimeter (cm).

Asal-usul Ras Kucing Maine Coon

Mengutip dari whiskasindonesia.com, Maine Coon adalah kucing terbesar dari semua ras kucing domestik. Kucing jantan dewasa beratnya bisa mencapai 15 kilogram. Selain itu spesies jantan ini memiliki bulu lebat lebih tebal dari wanita.

Maine coon merupakan ras kucing tertua dari negara bagian Maine, Amerika Utara. Menurut sejarah ras kucing ini adalah persilangan kucing domestik berbulu pendek dan kucing luar negeri berbulu panjang.

Ada juga cerita mengenai Maine Coon adalah persilangan dari kucing dan rakun. Penyebabnya karena ekor kucing yang mirip ekor rakun.

Jenis Kucing Maine Coon

Jenis Maine Coon berdasarkan warna dibedakan menjadi putih, krem, merah, abu-abu, dan hitam. Ada juga warna calico (tiga warna), warna tabby, dan maine coon atau perpaduan dua warna.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Meski berukuran besar, ras kucing ini memiliki sikap ramah dan lembut. Maine Coon menyukai tempat sejuk dan ruangan yang luas. Mereka suka berlari mengelilingi ruangan dan manja pada pemilik. Ciri fisik yaitu:

Ciri-ciri Kucing Maine Coon
Ciri-ciri Kucing Maine Coon (unsplash.com/Kanashi)

 

1. Telinga besar dan berjumbai

Ciri khas Maine Coon adalah telinga besar, panjang, dan memiliki jumbai di bagian tepi. Jarak antara telinga di kepala hampir dekat. Berbeda dengan kucing Persia yang jarak telinganya menjauh dan lebih kecil.

2. Mata besar

Mata kucing ini memiliki ukuran mata besar dan lebar. Umumnya jenis kucing ini memiliki warna mata kuning dan hijau. Sedangkan kucing putih bisa memiliki warna mata biru dan odd eyes (dua warna mata berbeda).

Fakta menarik dari kucing ini ketika kecil memiliki warna biru. Ketika dewasa warna mata akan berubah mengikuti warna dominan kucing.

3. Ekor panjang dan bulu halus

Salah satu cara membedakan kucing Maine Coon dan kucing ras lain, ada pada ekor. Ekor hewan ini lebih panjang dibandingkan kucing lain dan memiliki bulu lebat.

4. Bentuk tubuh

Kucing ini memiliki ukuran tubuh panjang, tinggi, dan proporsional. Bagian leher Maine Coon jantan memiliki bulu lebih lebat dari betina. Kucing jantan memiliki surai panjang seperti singa.

5. Wajah

Bagian wajah Maine Coon berbentuk segitiga seperti anggora. Namun ukurannya lebih lebar dan hidungnya lebih mancung. Bagian mulut dan hidung lebih menonjol ke depan.

Harga kucing Maine Coon

Kucing ras dari Amerika Utara ini termasuk mahal di Indonesia. Harga kucing dibedakan menjadi Pedigree dan Non-Ped. Mengutip dari laman pakanmaster.com, harga kucing dipengaruhi oleh sertifikasi dan silsilah kucing.

Maine Coone Pedigree

Mengutip dari hewanee.com, harga kucing bisa bervariasi tergantung dari usia, jenis, bentuk, dan ukuran. Harga Pedigree untuk kitten Maine Coon sekitar Rp 12 juta sampai Rp 15 juta. Sedangkan kucing dewasa bersertifikasi rentang harga Rp 10 juta sampai Rp 20 juta.

Pedigree adalah sertifikasi yang diakui secara resmi oleh organisasi kucing nasional dan internasional. Di Indonesia ada tiga organisasi kucing resmi antara lain Indonesian Cat Association (ICA), Cat Fancy Indonesia (CFI), dan Cat Fanciers Society of Indonesia (CFSI).

Sertifikasi ini penting untuk melestarikan suatu kucing ras dan menghindari terjadinya kawin silang antar ras. Ras kucing yang memiliki sertifikasi ini biasanya mengikuti kontes kucing.

Maine Coone Non-Pedigree

Maine Coone Non-Pedigree lebih terjangkau karena tidak jelas silsilah keluarganya. Kucing jenis ini umumnya kawin silang dengan kucing lain dan bukan keturunan ras murni. Anak kucing Maine Coon tidak bersertifikasi sekitar Rp 2 juta hingga Rp 5 juta. Kucing dewasa Non-Ped sekitar Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

Fakta-Fakta Menarik Kucing Maine Coon

Dikenal sebagai kucing domestik dan berukuran besar, ternyata ada beberapa fakta menarik dari Maine Coon. Mengutip dari rover.com, berikut fakta-fakta menarik Maine Coon:

1. Jenis kucing yang suka bermain

Kucing ini suka berinteraksi dan bermain bersama pemiliknya. Maine Coon bisa diajak bermain di rumah dan luar ruangan. Berikan mainan untuk kucing besar ini supaya lebih aktif dan menyenangkan.

2. Bisa untuk jalan-jalan

Seperti kucing Savannah asal Afrika, Maine Coon bisa diajak jalan-jalan oleh pemiliknya. Kucing ini suka menjelajah di alam bebas bersama pemiliknya. Namun pastikan suhu udara tidak terlalu panas karna kucing ini memiliki bulu tebal.

3. Suka air

Maine Coon termasuk jenis kucing yang bisa berenang di dalam air. Mereka memiliki bulu tahan air dan perenang kuat.

4. Tahan musim dingin

Maine Coon bisa bertahan hidup di negara empat musim. Ketika musim dingin dan turun salju. Kucing ini memiliki bulu panjang dan cakar yang besar. Di Indonesia, pemilik kucing menempatkan di area dingin dan sejak memakai Air conditioner (AC).

5. Punya jari tambahan

Maine Coon memiliki jari kaki lebih banyak dibanding kucing lain. Jari kaki lebih banyak disebut polidaktil. Kucing ini memiliki 6 jari ketika lahir. Namun jari ini tidak terlihat dari jauh karena ditutupi bulu tebal.

6. Muncul di film Harry Potter

Jika kalian menyukai film Harry Potter, tentunya mengingat beberapa hewan yang ada di film tersebut. Kucing peliharaan Hermione Granger sahabat Harry Potter adalah jenis persia berhidung pesek warna merah.

Kucing milik Argus Filch penjaga kastil Hogwarts, bernama Mrs. Norris adalah jenis Maine Coon warna tabby (perpaduan merah dan hitam). Dalam novel Harry Potter, J.K. Rowling menggambarkan Mrs. Norris sebagai kucing yang kurus kering dan berantakan. Di film Harry Potter 1 dan 2, kucing Mrs. Norris memakai produk khusus sehingga bulunya terlihat berantakan.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait