5 Ciri-Ciri dan Fakta Menarik Kucing Maine Coon

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2021, 18:04
Gambar Kucing Maine Coon
pixabay.com/Kirgiz03

Maine Coon adalah kucing peliharaan bertubuh besar dan berbulu panjang. Kucing ini termasuk ras tertua dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini memiliki sifat manja pada pemilik.

Ciri-ciri khas Maine Coon yaitu memiliki bulu lebat, wajah seperti singa, dan ekor yang panjang. Kucing ini dijuluki kucing raksasa atau giant cat. Kucing jantan dewasa Maine Coon bobotnya antara 6 sampai 11 kilogram. Sedangkan kucing betina lebih kecil sekitar 3,6 kilogram sampai 5,4 kilogram. Panjang kucing antara 48 - 100 sentimeter (cm).

Asal-usul Ras Kucing Maine Coon

Mengutip dari whiskasindonesia.com, Maine Coon adalah kucing terbesar dari semua ras kucing domestik. Kucing jantan dewasa beratnya bisa mencapai 15 kilogram. Selain itu spesies jantan ini memiliki bulu lebat lebih tebal dari wanita.

Maine coon merupakan ras kucing tertua dari negara bagian Maine, Amerika Utara. Menurut sejarah ras kucing ini adalah persilangan kucing domestik berbulu pendek dan kucing luar negeri berbulu panjang.

Ada juga cerita mengenai Maine Coon adalah persilangan dari kucing dan rakun. Penyebabnya karena ekor kucing yang mirip ekor rakun.

Jenis Kucing Maine Coon

Jenis Maine Coon berdasarkan warna dibedakan menjadi putih, krem, merah, abu-abu, dan hitam. Ada juga warna calico (tiga warna), warna tabby, dan maine coon atau perpaduan dua warna.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon

Meski berukuran besar, ras kucing ini memiliki sikap ramah dan lembut. Maine Coon menyukai tempat sejuk dan ruangan yang luas. Mereka suka berlari mengelilingi ruangan dan manja pada pemilik. Ciri fisik yaitu:

Ciri-ciri Kucing Maine Coon
Ciri-ciri Kucing Maine Coon (unsplash.com/Kanashi)

1. Telinga besar dan berjumbai

Ciri khas Maine Coon adalah telinga besar, panjang, dan memiliki jumbai di bagian tepi. Jarak antara telinga di kepala hampir dekat. Berbeda dengan kucing Persia yang jarak telinganya menjauh dan lebih kecil.

2. Mata besar

Mata kucing ini memiliki ukuran mata besar dan lebar. Umumnya jenis kucing ini memiliki warna mata kuning dan hijau. Sedangkan kucing putih bisa memiliki warna mata biru dan odd eyes (dua warna mata berbeda).

Fakta menarik dari kucing ini ketika kecil memiliki warna biru. Ketika dewasa warna mata akan berubah mengikuti warna dominan kucing.

3. Ekor panjang dan bulu halus

Salah satu cara membedakan kucing Maine Coon dan kucing ras lain, ada pada ekor. Ekor hewan ini lebih panjang dibandingkan kucing lain dan memiliki bulu lebat.

4. Bentuk tubuh

Kucing ini memiliki ukuran tubuh panjang, tinggi, dan proporsional. Bagian leher Maine Coon jantan memiliki bulu lebih lebat dari betina. Kucing jantan memiliki surai panjang seperti singa.

5. Wajah

Bagian wajah Maine Coon berbentuk segitiga seperti anggora. Namun ukurannya lebih lebar dan hidungnya lebih mancung. Bagian mulut dan hidung lebih menonjol ke depan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...