Contoh Surat Pribadi Kepada Guru yang Baik dan Benar

Image title
9 November 2021, 11:16
Ilustrasi surat pribadi kepada guru
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.
Guru mendampingi siswa saat pembelajaran menggunakan layanan internet gratis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di SDN 51 Simpang Kubu Kandang, Pemayung, Batanghari, Jambi, Sabtu (30/10/2021). Kementerian Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) memberikan bantuan layanan internet gratis kepada 17 sekolah dasar di daerah yang tidak ada jaringan atau sulit terjangkau jaringan internet di Batanghari.

Pada era teknologi masih belum berkembang pesat seperti saat ini, komunikasi jarak jauh paling efektif adalah dengan menggunakan surat. Komunikasi dengan surat biasa disebut dengan berkorespondensi. Banyak orang menuliskan isi hatinya melalui surat dan curahan hatinya kepada lawan tulisannya.

Surat pribadi adalah sebuah tulisan atau surat yang dibuat oleh orang tertentu kepada seseorang. Surat ini tertujuan untuk memberikan informasi atau kabar tertentu kepada orang lain.

Dalam proses pembuatannya, surat pribadi memiliki jumlah penulisan yang tidak terbatas. Anda bisa menulis dengan jumlah halaman sesukanya. Akan tetapi, untuk jenis surat ini Anda perlu menuliskan beberapa hal wajib di dalamnya.

Mulai dari tanggal, alamat yang dituju, kata untuk menyapa, pembukaan, isi serta penutup. Lalu kemudian di bagian akhir diberi nama pengirim sekaligus tanda tangannya.

Tidak hanya berhenti pada teknis penulisan saja, surat pribadi sendiri tujuannya tidak hanya sebatas memberikan suatu kabar atau informasi saja, namun ada juga yang membuat surat pribadi dengan tujuan untuk menceritakan isi perasaan dan hatinya kepada orang lain. Tujuannya adalah supaya orang yang menerima surat tersebut mengetahui dan ikut merasakan isi hatinya.

Tanda dan Ciri Khas Surat Pribadi

Dari sepucuk surat surat atau satu halaman apabila berbentuk digital, surat pribadi memiliki ciri khas antara lain:

1. Lazimnya, sebuah surat pribadi memiliki beberapa bentuk kata sapaan. Biasanya, kata sapaan di dalam surat pribadi sifatnya privasi atau rahasia. Selain itu, beberapa kalimat atau kata sapaan dituangkan pada surat bagian atas. Kalimat sapa juga membuat akrab antara penerima dan pengirim surat.

2. Selanjutnya pada ciri pribadi sebuah surat ada kandungan kalimat atau bahasa yang digunakan untuk menuliskan surat tidaklah terlalu resmi atau formal. Bahkan banyak yang memilih untuk menggunakan bahasa sehari-hari. Akan tetapi, meski demikian, surat pribadi harus tetap menggunakan bahasa yang santun, sopan, dan juga mudah untuk difahami oleh pembaca.

3. Pada setiap surat pribadi umumnya akan menggunakan berbagai macam jenis bahasa di dalam tulisannya. Hal ini disesuaikan dengan sang penerima dari surat tersebut.

4. Walaupun bentuknya adalah tulisan di atas surat dan sifatnya pribadi, namun enantiasa menggunakan kata-kata sapaan seperti saat bertemu secara langsung dengan sang penerima surat.

5. Mekanisme dan isi surat dari salam pembuka, isi, hingga bagian penutupnya sebaiknya memakai bahasa yang tidak formal atau menghindari bahasa yang terlalu resmi karena intinya ini adalah surat pribadi.

Contoh Surat Pribadi Kepada Guru

Setelah membaca beberapa persiapan untuk membuat sebuah surat pribadi. Kini timbul pertanyaan kepada siapakah surat tersebut akan ditujukan. Salah satu sosok yang bisa menerima surat tersebut adalah guru yang pernah mengajarkan kita, baik di bangku sekolah hingga kuliah. Hal pertama saat menulis surat kepada guru adalah etika sopan santun dan tidak boleh menulis secara serampangan. Meski demikian eakraban tetap terjaga dengan bahasa yang ringan dan juga sederhana.

Berikut contoh surat pribadi kepada guru yang dkutip dari laman Suratresmi.id:

Surabaya, 24 APril 2018

Kepada ibu guru tersayang
Ibu Indah
Jalan. Merpati No.51

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...