5 Rekomendasi Wisata Alam Tawangmangu

Image title
16 November 2021, 17:54
Cemoro Kandang sebagai sebagai salah satu jalur wisata alam Tawangmangu
Katadata
Cemoro Kandang sebagai sebagai salah satu jalur wisata alam Tawangmanguu di

Bila Anda merasa penat dengan suasana perkotaan yang penuh dengan kebisingan dan polusi, menyepi dengan pergi ke pegunungan dan mencari ketenangan sembagi menghidup udara segar bisa jadi solusi. Salah satu wisata di kawasan puncak yang bisa Anda kunjungi adalah di Tawangmangu. Kawasan ini berada di sekitar lereng atau kaki Gunung Lawu.

Secara geografis, Tawangmangu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Apabila ke arah timur, Tawangmangu berbatasan langsung dengan Magetan, Jawa Timur. Ada sepuluh kelurahan dan desa yang berada di bawah naungan Kecamatan Tawangmangu tersebut.

Di Tawangmangu ada beragam pilihan untuk melancong baik dilakukan seorang diri atau bersama keluarga dan sanak kerabat lainnya. Ada sepuluh rekomendasi wisata alam Tawangmangu yang bisa Anda kunjungi.

5 Rekomendasi Pilihan Wisata Alam Tawangmangu

Berikut sepuluh rekomendasi wisata alam Tawangmangu yang bisa menjadi tujuan destinasi untul berwisata dengan tarif harga yang terjangkau:

1. Air Terjun Gerojogan Sewu

Rekomendasi wisata alam Tawangmangu yang pertama adalah air tejun Gerojogan Sewu. Wisata alam ini memiliki air tejun dengan ketinggian hingga 81 meter. Ketinggian air terjun bisa terasa hingga jarak ratusan meter. Debur air yang berjatuhan terasa dan menjadi sensasi pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

 Apabila Anda hendak ke air terjun ini Anda harus bersiap-siap dengan penyambutan dari para satwa monyet. Dari suara mereka yang saling bersahutan hingga tak jarang ada makanan pengunjung yang direbut. Selain itu Anda juga harus kuat secara fisik karena ada ribuan tangga yang harus ditempuh.

Bila Anda ingin berkunjung ke Air terjun Grojogan Sewu, Anda bisa berangkat ke Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Para wisatawan bisa mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Arahkan kendaran menuju ke Terminal Tawangmangu. Jalur menuju Terminal Tawangmangu pun cukup mudah. Hanya berjalan lurus mengikuti jalan, mulai dari Terminal Tirtonadi.

Dari Terminal Tawangmangu, Anda bisa berjalan berjalan karena, jarak antara Terminal dan pintu masuk satu cukup dekat sekitar satu kilometer saja.Adapun jarak menuju ke pintu masuk ke dua 500 meter dari Pintu masuk pertama.

2. Bukit Sekipan Tawangmangu

Pilihan wisata alam di Tawangmangu yang kedua adalah Bukit Sekipan Tawangmangu. Untuk bisa bermain dan merasakan beragam wahana di sini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk yang ditawarkan memang tidak bisa dikatakan murah tapi dengan berbagai wahana sangat layak untuk dikunjungi.

Untuk tiket reguler sebesar Rp50.000, dan untuk tiket terusan Rp100.000. Adapun jam bukanya dari pukul 08.00-17.00 WIB di hari reguler dan pada akhir pekan akan buka pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement