11 Bahan Masker Wajah Alami dan Cara Mambuatnya

Masker wajah alami umumnya digunakan untuk memperoleh manfaat lebih dan mengurangi efek samping zat kimia dalam perawatan kecantikan. Berikut 11 bahan masker wajah alami dan cara membuatnya.
Image title
22 November 2021, 14:53
Ilustrasi penggunaan masker wajah alami.
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi penggunaan masker wajah alami.

Masker wajah alami bisa jadi alternatif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Untuk membuatnya, hanya dibutuhkan beberapa bahan yang sering dijumpai.

Masker alami ni tentunya tidak mengandung bahan kimia yang dapat berbahaya bagi jenis kulit tertentu dan bisa digunakan baik oleh remaja maupun dewasa. Namun demikian, pastikan untuk melakukan tes pada kulit terlebih dahulu sebelum mengoleskan masker secara menyeluruh pada area wajah.

Masker Wajah Alami

Masker wajah alami terbuat dair bahan alami, seperti kunyit, timun, madu, dan sebagainya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut bahan-bahan dan cara membuat masker wajah alami.

1. Alpukat

Alpukat memang mengandung bahan-bahan bergizi yang baik untuk tubuh, mulai dari lemak sehat, kalium, hingga vitamin B. Di samping itu, kandungan nutrisi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit kering.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, campurkan ½ buah alpukat matang, 2 sendok makan oatmeal, 1 butir putih telur, dan 1 sdt air perasan lemon.

Aduk seluruh bahan hingga merata di dalam sebuah wadah. Selanjutnya, oleskan pada area wajah dan diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Timun

Timun juga merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Timun memiliki kadar air yang tinggi sehingga mampu memberikan kesejukan. Selain itu, buah ini memiliki sifat antioksidan yang dapat menjaga sel-sel tubuh dengan baik. Vitamin K, C, dan serat yang terkandung di dalamnya dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah sekligus mengurangi kerutan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, selain digunakan sebagai masker, Anda juga bisa mengkonsumsi timun secara rutin.

Anda dapat mengoleskan parutan timun pada permukaan wajah secara merata, atau menempatkan beberapa irisan timun ke wajah. Diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Bengkuang

Tidak hanya baik untuk kesehatan, bengkuang dapat menunjang penampilan. Kandungan antioksidan, vitamin E, selenium, dan beta karoten yang cukup tinggi pada bengkuang dapat membantu menyehatkan kulit.

Adapun manfaat kecantikan yang bisa didapat dari bengkuang, di antaranya kulit tampak lebih cerah, mencegah penuaan dini, menghilangkan jerawat dan bekasnya, melembapkan kulit, melenyapkan flek hitam, dan mengontrol minyak pada wajah. Untuk memperoleh manfaat tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat masker bengkuang.

Adapun bahan yang dibutuhkan, yakni bengkuang, mangkuk, parutan, dan kuas. Pertama-tama, kupas dan cuci bengkuang hingga bersih. Parut habis bengkoang dan peras airnya, pisahkan di wadah yang berbeda. Oleskan menggunakan kuas ke area wajah secara merata.

Diamkan masker bengkuang selama kurang lebih 15 menit. kemudian, bilas dengan air dingin. Gunakan ampas bengkuang sebagai scrub untuk membantu mengangkat sel kulit mati agar wajah lebih cerah dan bersinar.

Pijat-pijat selama membalurkan scrub ke wajah selama satu menit. Lalu, bilas dengan air bersih. Setelah wajah bersih, gunakan pelembap untuk mengikat nutrisi pada kulit dan supaya manfaat yang dihasilkan tidak sia-sia. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak tiga kali seminggu.

4. Oatmeal

Selain dikonsumsi, oatmeal digunakan untuk perawatan kecantikan yang dapat mengeksfoliasi sel-sel kulit mati dan membuat wajah menjadi cerah dan tampak halus. Masker ini cocok untuk remaja aktif yang kerap memiliki masalah kulit kusam atau penyumbatan pori-pori.

Untuk membuatnya, campurkan oatmeal dengan air hangat ke dalam mangkuk, aduk hingga menyerupai krim. Jika sudah agak dingin, oleskan oatmel pada area wajah, diamkan selama sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya diketahui memiliki kandungan aloesin yang dapat menghambat pembentukan melainan dalam kulit. Lidah buaya sudah sejak lama digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan karena dipercaya dapat melembapkan dan mencerahkan kulit.

Untuk memperoleh manfaat tersebut, bisa didapat melalui tanaman lidah buaya secara langsung atau menggunakan produk gel aloe vera. Caranya, oleskan gel secukupnya pada wajah, diamkan 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Madu

Sudah bukan rahasia kalau madu memiliki segudang manfaat, salah satunya sebagai bahan alami perawatan kecantikan. Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini mampu menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kusam.

Untuk memperoleh hasil yang lebih masksimal, gunakan madu jenis manuka atau madu mentah yang tidak dipasteurisasi. Kemudian, campurkan madu dengan beberapa tetes air agar teksturnya tidak lengket.

Selanjutnya, oleskan masker wajah alami tersebut pada permukaan kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Pepaya

Pepaya sejauh ini dikenal sebagai buah yang baik untuk pencernaan. Namun siapa sangka buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral ini juga baik untuk kesehatan kulit wajah. Pepaya memiliki kandungan enzim papain dan chymopapain yang dapat mencegah kerusakan kulit dan berperan sebagai anti bakteri.

Selain itu, pepaya memiliki kandungan nutrisi dan vitamin lainnya seperti vitamin A, C, asam pantotenat, folat, tembaga, magnesium, dan kalium yang dapat mencerahkan wajah secara alami.

8. Tomat

Kandungan vitamin C pada buah tomat dapat memutihkan kulit wajah secara alami. Berdasarkan FoodData Central, dalam 100 gram tomat, terdapat 13.7 mg vitamin C. Ketika dioleskan, vitamin C mempercepat produksi kolagen yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan kencang, serta menghambat produksi melanin di kulit.

Untuk membuat masker tomat, campurkan ½ buah tomat matang dengan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan biarkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.

9. Temulawak

Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini berperan penting menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah di kulit wajah termasuk jerawat, kerutan, dan noda hitam yang bisa mengganggu penampilan.

Penggunaan masker dari rempah bercita rasa pahit ini bisa dilakukan 2 hingga 3 kali seminggu. Akan tetapi, jika setelah penggunaan masker ini muncul gejala seperti warna kulit kemerahan, gatal, panas, bengkak pada wajah, dan efek negatif lainnya maka penggunaan sebaiknya dihentikan atau segera dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui penyebab dari gejala tersebut.

10. Kopi

Kopi dikenal memiliki banyak manfaat untuk wajah, di antaranya, melindungi kulit dari sinar matahari, menenangkan kulit wajah, mengatasi hiperpigmentasi, mengobati jerawat, mengencangkan kulit, dan sebagainya.

Membuat masker kopi bisa dicampurkan dengan minyak zaitun, caranya: campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama. Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar. Biarkan masker antara 15 dan 60 menit. Bilas dengan air hangat.  Manfaat masker kopi berpadu dengan minyak zaitun yang melembapkan membuat kulit menjadi sehat.

11. Lemon

Masker wajah alami dari lemon dapat mengatasi jerawat hingga bekasnya, mencerahkan kulit, membasmi komedo, menghaluskan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mencerahkan warna bibir.

Untuk membuat masker lemon, dapat dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan campuran madu.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membuat masker lemon dan madu, pertama-tama peras lemon kemudian masukkan setengah sendok makan air lemon ke dalam mangkuk. Tambahkan madu sekitar 1 sdt. Aduk madu dan air lemon sampai tercampur. Oleskan pada wajah dan tunggu sampai kering. Bilas dengan menggunakan air bersih.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait