8 Manfaat Temulawak untuk Wajah Sehat dan Cantik Alami

Siti Nur Aeni
19 Agustus 2021, 22:31
8 Manfaat Temulawak Untuk Wajah Sehat dan Cantik Alami
pexels.com/Polina Kovaleva
Ilustrasi perempuan sedang mengenakan masker kecantikan untuk merawat kesehatan kulit wajah

Temulawak merupakan rempah-rempah kaya akan manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan saja, manfaat temulawak juga bisa untuk kecantikan. Mengutip dari hellosehat.com, temulawak mengandung senyawa yang dikenal dengan kurkuminoid, yang memberikan warna kuning pada rimpang ini.

Selain pewarna alami, temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri, pati, lemak, protein, selulosa, mineral. Kandungan tersebut yang menjadikan temulawak kaya akan khasiat bagi kesehatan.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

Mendapatkan wajah cantik secara alami bukanlah hal yang sulit. Saat ini sudah banyak bahan alami dari kelompok rempah-rempah yang mulai dimanfaatkan untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah. Bahkan, sudah banyak brand kosmetik dan skincare yang menggunakan rempah-rempah sebagai bahan utamanya. Mengutip dari gooddoctor.co.id dan halodoc.com, ada beberapa manfaat temulawak untuk wajah, seperti berikut ini.

1. Membuat kulit wajah lebih cerah

Temulawak memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membuat kulit wajah lebih cerah secara alami. Temulawak bisa digunakan sebagai masker dengan tambahan yoghurt dan madu. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan yoghut, madu, dan bubuk temulawak kemudian oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air.

2. Menghilangkan jerawat

Sifat anti inflamasi pada temulawak berperan mengatasi peradangan jerawat, sehingga menjadi cepat kering. Manfaat temulawak bisa dirasakan, salah satunya dengan menjadikannya masker alami yang kemudian dioleskan pada area wajah berjerawat. Lakukan secara rutin, hingga jerawat mengering dan noda bekasnya juga menghilang.

3. Menghaluskan kulit

Kulit halus dan bersih mungkin menjadi idaman banyak orang terutama kaun hawa. Ada beberapa produk kecantikan yang menjanjikan efek halus pada kulit setelah pemakaiannya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit halus secara alami, bisa dicoba menggunakan temulawak sebagai masker.

4. Menunda penuaan dini

Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, senyawa aktif di dalam temulawak berperan penting dalam menutrisi kulit. Untuk bisa mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan melakukan gaya hidup sehat agar tanda penuaan dini bisa teratasi secara maksimal.

5. Menyamarkan noda hitam

Flek hitam atau noda hitam yang biasanya muncul di wajah disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena paparan matahari, radikal bebas, bekas jerawat, hingga gejala penuaan dini. Noda hitam ini bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya temulawak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...