8 Manfaat Temulawak untuk Wajah Sehat dan Cantik Alami

Temulawak merupakan rempah-rempah yang kaya akan manfaat. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, manfaat temulawak untuk wajah juga sangat banyak. Apa saja manfaatnya? Ini dia penjelasannya.
Image title
19 Agustus 2021, 22:31
8 Manfaat Temulawak Untuk Wajah Sehat dan Cantik Alami
pexels.com/Polina Kovaleva
Ilustrasi perempuan sedang mengenakan masker kecantikan untuk merawat kesehatan kulit wajah

Temulawak merupakan rempah-rempah kaya akan manfaat. Bukan hanya untuk kesehatan saja, manfaat temulawak juga bisa untuk kecantikan. Mengutip dari hellosehat.com, temulawak mengandung senyawa yang dikenal dengan kurkuminoid, yang memberikan warna kuning pada rimpang ini.

Selain pewarna alami, temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri, pati, lemak, protein, selulosa, mineral. Kandungan tersebut yang menjadikan temulawak kaya akan khasiat bagi kesehatan.

Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

Mendapatkan wajah cantik secara alami bukanlah hal yang sulit. Saat ini sudah banyak bahan alami dari kelompok rempah-rempah yang mulai dimanfaatkan untuk meningkatkan kecantikan kulit wajah. Bahkan, sudah banyak brand kosmetik dan skincare yang menggunakan rempah-rempah sebagai bahan utamanya. Mengutip dari gooddoctor.co.id dan halodoc.com, ada beberapa manfaat temulawak untuk wajah, seperti berikut ini.

1. Membuat kulit wajah lebih cerah

Temulawak memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang bisa membuat kulit wajah lebih cerah secara alami. Temulawak bisa digunakan sebagai masker dengan tambahan yoghurt dan madu. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan yoghut, madu, dan bubuk temulawak kemudian oleskan pada wajah. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air.

Advertisement

2. Menghilangkan jerawat

Sifat anti inflamasi pada temulawak berperan mengatasi peradangan jerawat, sehingga menjadi cepat kering. Manfaat temulawak bisa dirasakan, salah satunya dengan menjadikannya masker alami yang kemudian dioleskan pada area wajah berjerawat. Lakukan secara rutin, hingga jerawat mengering dan noda bekasnya juga menghilang.

3. Menghaluskan kulit

Kulit halus dan bersih mungkin menjadi idaman banyak orang terutama kaun hawa. Ada beberapa produk kecantikan yang menjanjikan efek halus pada kulit setelah pemakaiannya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kulit halus secara alami, bisa dicoba menggunakan temulawak sebagai masker.

4. Menunda penuaan dini

Temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Selain itu, senyawa aktif di dalam temulawak berperan penting dalam menutrisi kulit. Untuk bisa mendapatkan hasil perawatan yang maksimal, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan melakukan gaya hidup sehat agar tanda penuaan dini bisa teratasi secara maksimal.

5. Menyamarkan noda hitam

Flek hitam atau noda hitam yang biasanya muncul di wajah disebabkan oleh banyak faktor, bisa karena paparan matahari, radikal bebas, bekas jerawat, hingga gejala penuaan dini. Noda hitam ini bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, salah satunya temulawak.

6. Melembabkan kulit

Kulit kering menjadi masalah tersendiri yang sering dikeluhkan. Temulawak bisa digunakan untuk masker wajah yang berfungsi melembabkan kulit. Anda juga bisa menambahkan bahan alami lainnya seperti minyak zaitun dan kuning telur, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih.

7. Menyamarkan bekas luka di wajah

Selain bisa menyamarkan noda hitam, temulawak juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka yang ada di wajah. Anda bisa menggunakan rempah ini sebagai masker wajah secara rutin untuk bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat.

8. Antioksidan alami

Dalam melakukan perawatan wajah, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang mengandung antioksidan. Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan kulit. Antioksidan ini berperan penting menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai masalah di kulit wajah termasuk jerawat, kerutan, dan noda hitam yang bisa mengganggu penampilan.

Apakah Masker Temulawak Aman?

Setelah mengetahui berbagai manfaat temulawak untuk wajah, mungkin masih banyak di antara kita yang ragu dan mempertanyakan apakah penggunaan temulawak untuk wajah aman? Dokter Ester Agustina dalam sehatq.com, menjelaskan penggunaan temulawak bisa dilanjukan selama tidak menimbulkan efek negatif pada kulit. 

Penggunaan masker dari rempah bercita rasa pahit ini bisa dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi, jika setelah penggunaan masker ini muncul gejala seperti warna kulit kemerahan, gatal, panas, bengkak pada wajah, dan efek lainnya maka penggunaan sebaiknya dihentikan atau segera dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui penyebab dari gejala tersebut.

Dokter Ester juga menjelaskan beberapa bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai masker kecantikan yaitu tomat, lemon, alpukat, lidah buaya, madu, dan beberapa bahan alami lain. Pastikan sebelum menggunakan produk perawatan kulit, Anda sudah menggali informasi terlebih dahulu tentang produk tersebut. Apabila menggunakan produk yang sudah beredar dipasaran, pastikan produk tersebut telah mendapatkan izin dari BPOM sehingga keamanannya terjamin.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat temulawak untuk wajah. Agar mendapatkan manfaat secara optimal, gunakanlah temulawak secara wajar. Meskipun berasal dari bahan alami, jika penggunaannya terlalu berlebihan maka bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik untuk kesehatan kulit wajah anda.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait