23 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 17:08
manfaat alpukat
pexels.com
Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat.

Alpukat memiliki banyak penggemar. Buah yang satu ini mempunyai terkstur dan rasa yang unik. Meskipun tidak semanis buah pada umumnya, namun alpukat kaya akan manfaat. Manfaat alpukat sangatlah beragam, hal ini dikarenakan di dalam alpukat menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang ada di dalam alpukat seperti kalsium, fosfor, besi, nartium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, niasin, asam folat, dan vitamin C, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh bisa dengan banyak cara. Mulai dari olahraga, menjaga pola istirahat, hingga menjaga asupan makanan juga merupakan hal yang penting untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Salah satu makanan sehat untuk tubuh yaitu alpukat. Beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan, sebagai berikut:

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Semakin bertambah usia, maka kepadatan tulang akan semakin berkurang. Jika kepadatan tulang berkurang, bisa mengakibatkan osteoporosis. Untuk mencegah osteoporosis ada beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Alpukat merupakan memiliki kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang penting untuk mencegah osteoporosis.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam alpukat bisa mengurangi kolesterol jahat di dalam darah. Jika kolesterol terjaga maka risiko penyakit jantung akan berkurang. Tidak hanya itu, mineral dan vitamin yang ada di dalam alpukat juga berperan penting dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat alpukat selanjutnya yaitu melancarkan pencernaan. Alpukat memiliki serat dan nutrisi penting untuk memaksimaklan fungsi dari organ-organ pencernaan. Selain itu, alpukat juga rendah fruktosa sehingga bisa mengurangi risiko penumpukan gas. Maka dari itu, buah ini sangat aman untuk lambung.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan seperti lutein dan zeaxanthin di dalam alpukat ternyata baik untuk kesehatan mata. Kandungan ini bisa mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenarasi makula. Asam lemak tak jenuh dan beta karoten di dalam alpukat juga sangat dibutuhkan oleh mata. Dengan konsumsi alpukat secara rutin, bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata.

5. Mencegah Kanker

Penyakit kanker dikenal sebagai penyakit yang berbahaya dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Salah satu upaya untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan selalu konsumsi makanan sehat, alpukat salah satunya.

Kandungan asam folat dalam alpukat ternyata berperan penting untuk mengobati kanker. Selain itu, senyawa baik lainnya bisa mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker pangkreas, kanker serviks, kanker usus besar, dan kanker lambung. Fitokimia yang ada di dalam alpukat bisa menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker, serta di waktu yang sama bisa meningkatkan imun tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Organ tubuh yang sangat penting dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh organ lainnya yaitu otak. Jika otak mengalami masalah, maka fungsi dari organ lainnya juga akan terganggu. Untuk menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan perbanyak konsumsi vitamin E. sumber vitamin E alami diketahui bisa berasal dari buah alpukat.

7. Mencegah Hipertensi

Manfaat alpukat untuk kesehatan berikutnya yaitu sebagai bahan alami untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan mineral dan kalium yang ada di dalam alpukat selain mencegah hipertensi juga bisa mengatur irama jantung sehingga tetap teratur.

8. Menurunkan Berat Badan

Alpukat diketahui kaya akan lemak tak jenuh dan serat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Kandungan baik tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengecilkan lingkar pinggang. Dengan konsumsi alpukat secara rutin, anda bisa mendapatkan berat badan ideal secara alami dan aman.

9. Mencegah Arthritis

Selain oseteoporosis, manfaat alpukat lainnya yaitu bisa mencegah penyakit radang sendi atau arthritis. Manfaat ini diperoleh dari sifat antioksidan yang ada di dalam alpukat, yang dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Manfaat Alpukat untuk Wanita        

Buah alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan perempuan. Ada beberapa manfaat alpukat untuk wanita. Berikut ini penjelasannya:

1. Meningkatkan Kesuburan

Buah alpukat yang kaya akan antioksidan ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Kandungan asam lemak tak jenuh yang ada di dalam buah tropis dan sub tropis ini bisa mencegah obesitas, hipertensi, resistensi insulin, dan diabetes. Mengkonsumsi rutin buah alpukat bisa mencegah masalah sel telur hingga 70 persen. Yang berarti alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi perempuan.

2. Memperbaiki Mood

Perempuan biasanya identik dengan mood swing atau perubahaan suasana hati yang sangat cepat. Biasanya hal ini terjadi jika mendekati masa haid. Ternyata konsumsi alpukat bisa meningkatkan mood dengan baik. Di dalam alpukat terdapat kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Vitamin inilah yang berperan penting dalam mengurangi depresi sehingga suasana hati juga lebih terkontrol.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...