23 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat alpukat sangatlah beragam. Berikut ini daftar manfaat dari buah tersebut.
Image title
16 Agustus 2021, 17:08
manfaat alpukat
pexels.com
Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat.

Alpukat memiliki banyak penggemar. Buah yang satu ini mempunyai terkstur dan rasa yang unik. Meskipun tidak semanis buah pada umumnya, namun alpukat kaya akan manfaat. Manfaat alpukat sangatlah beragam, hal ini dikarenakan di dalam alpukat menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Terdapat kandungan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang ada di dalam alpukat seperti kalsium, fosfor, besi, nartium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, niasin, asam folat, dan vitamin C, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya.

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh bisa dengan banyak cara. Mulai dari olahraga, menjaga pola istirahat, hingga menjaga asupan makanan juga merupakan hal yang penting untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. Salah satu makanan sehat untuk tubuh yaitu alpukat. Beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan, sebagai berikut:

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Semakin bertambah usia, maka kepadatan tulang akan semakin berkurang. Jika kepadatan tulang berkurang, bisa mengakibatkan osteoporosis. Untuk mencegah osteoporosis ada beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Alpukat merupakan memiliki kalsium, vitamin D, dan vitamin K yang penting untuk mencegah osteoporosis.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalam alpukat bisa mengurangi kolesterol jahat di dalam darah. Jika kolesterol terjaga maka risiko penyakit jantung akan berkurang. Tidak hanya itu, mineral dan vitamin yang ada di dalam alpukat juga berperan penting dalam memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Melancarkan Pencernaan

Manfaat alpukat selanjutnya yaitu melancarkan pencernaan. Alpukat memiliki serat dan nutrisi penting untuk memaksimaklan fungsi dari organ-organ pencernaan. Selain itu, alpukat juga rendah fruktosa sehingga bisa mengurangi risiko penumpukan gas. Maka dari itu, buah ini sangat aman untuk lambung.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan seperti lutein dan zeaxanthin di dalam alpukat ternyata baik untuk kesehatan mata. Kandungan ini bisa mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenarasi makula. Asam lemak tak jenuh dan beta karoten di dalam alpukat juga sangat dibutuhkan oleh mata. Dengan konsumsi alpukat secara rutin, bisa membantu untuk menjaga kesehatan mata.

5. Mencegah Kanker

Penyakit kanker dikenal sebagai penyakit yang berbahaya dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Salah satu upaya untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan selalu konsumsi makanan sehat, alpukat salah satunya.

Kandungan asam folat dalam alpukat ternyata berperan penting untuk mengobati kanker. Selain itu, senyawa baik lainnya bisa mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker pangkreas, kanker serviks, kanker usus besar, dan kanker lambung. Fitokimia yang ada di dalam alpukat bisa menghambat pertumbuhan sel prakanker dan kanker, serta di waktu yang sama bisa meningkatkan imun tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Organ tubuh yang sangat penting dan fungsinya tidak bisa digantikan oleh organ lainnya yaitu otak. Jika otak mengalami masalah, maka fungsi dari organ lainnya juga akan terganggu. Untuk menjaga kesehatan otak bisa dilakukan dengan perbanyak konsumsi vitamin E. sumber vitamin E alami diketahui bisa berasal dari buah alpukat.

7. Mencegah Hipertensi

Manfaat alpukat untuk kesehatan berikutnya yaitu sebagai bahan alami untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kandungan mineral dan kalium yang ada di dalam alpukat selain mencegah hipertensi juga bisa mengatur irama jantung sehingga tetap teratur.

8. Menurunkan Berat Badan

Alpukat diketahui kaya akan lemak tak jenuh dan serat sehingga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Kandungan baik tersebut juga memiliki kemampuan untuk mengecilkan lingkar pinggang. Dengan konsumsi alpukat secara rutin, anda bisa mendapatkan berat badan ideal secara alami dan aman.

9. Mencegah Arthritis

Selain oseteoporosis, manfaat alpukat lainnya yaitu bisa mencegah penyakit radang sendi atau arthritis. Manfaat ini diperoleh dari sifat antioksidan yang ada di dalam alpukat, yang dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Manfaat Alpukat untuk Wanita        

Buah alpukat juga sangat baik untuk menjaga kesehatan perempuan. Ada beberapa manfaat alpukat untuk wanita. Berikut ini penjelasannya:

1. Meningkatkan Kesuburan

Buah alpukat yang kaya akan antioksidan ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan. Kandungan asam lemak tak jenuh yang ada di dalam buah tropis dan sub tropis ini bisa mencegah obesitas, hipertensi, resistensi insulin, dan diabetes. Mengkonsumsi rutin buah alpukat bisa mencegah masalah sel telur hingga 70 persen. Yang berarti alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi perempuan.

2. Memperbaiki Mood

Perempuan biasanya identik dengan mood swing atau perubahaan suasana hati yang sangat cepat. Biasanya hal ini terjadi jika mendekati masa haid. Ternyata konsumsi alpukat bisa meningkatkan mood dengan baik. Di dalam alpukat terdapat kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Vitamin inilah yang berperan penting dalam mengurangi depresi sehingga suasana hati juga lebih terkontrol.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang cantik dan sehat merupakaan dambaan setiap wanita. Demi tampil cantik, para wanita rela melakukan berbagai macam perawatan yang tak jarang biayanya sangat mahal. Padahal ada perawatan alami untuk mendapatkan kulit sehat dan cantik, salah satunya dengan konsumsi alpukat.

Manfaat alpukat untuk wanita ini karena di dalam buah alpukat memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang bisa membantu menyehatkan kulit dan menunda penuaan dini. Alpukat juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan kerutan secara alami hingga menghilangkan luka yang ada di permukaan kulit.

4. Melancarkan Haid

Haid yang kurang lancar sering manjadi masalah sebagian perempuan. Kondisi ini sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari penyakit hingga stress. Untuk membantu melancarkan haid, bisa dilakukan dengan pengobatan alami menggunakan daun alpukat. Bukan hanya buahnya yang kaya manfaat, daun dari buah ini juga bermanfaat untuk tubuh salah satunya membantu melancarkan haid.

5. Menjaga Kesehatan Rambut

Tampil cantik bukan hanya dari kulit yang sehat saja. Bagi para perempuan, memiliki rambut yang sehat juga merupakan sebuah keharusan. Untuk itu, manfaat alpukat untuk wanita berikutnya yaitu menjaga agar rambut tetap sehat dan cantik. Kandungan vitamin yang ada di dalam buah inilah yang akhirnya membawa kebaikan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Kebaikan alpukat ini yang membuat buah alpukat seringkali menjadi bahan dalam produk perawatan rambut seperti shampo dan kondisioner.

Manfaat Alpukat untuk Pria

Manfaat alpukat juga tidak hanya dirasakan oleh perempuan, juga bagi kaum pria. Beberapa faedah buah ini untuk kesehatan tubuh pria antara lain:

1. Meningkatkan Stamina Seksual

Buah alpukat juga ternyata baik untuk menjaga stamina seksual. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung nutrisi seperti lemak tak jenuh yang baik untuk menghasilkan energi. Tidak hanya itu, kandungan vitamin dan nutrisi lain juga bisa mencegah rasa lelah pada tubuh.

2. Meningkatkan Produksi Hormon Testosteron

Hormon terstosteron memiliki peran penting dalam sistem reproduksi pria. Kandungan zinc yang ada di dalam buah alpukat ternyata bisa meningkatkan hormon yang satu ini. Untuk meningkatkan hormon secara maksimal, anda bisa mencampur alpukat dalam menu makan sehari-hari.

3. Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat alpukat untuk pria selanjutnya yaitu bisa meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E bisa membuat sperma lebih lincah. Kandungan nutrisi lainnya juga baik untuk kesehatan organ reproduksi lain.

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih agar kesehatan tubuh ibu dan bayinya tetap terjaga. Manfaat alpukan untuk ibu hamil ternyata cukup beragam. Berikut ini manfaat-manfaat dari buah alpukat untuk kesehatan ibu hamil.

1. Membantu Perkembangan Janin

Kandungan asam folat dan kalium yang ada di dalam alpukat sangat penting untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Adanya kandungan asam folat dapat mencegah cacat jantung dan cacat tabung saraf pada bayi.

2. Mencegah Anemia

Bayi ibu hamil, penyakit anemia atau kurang darah merupakan ancaman. Sebab kandungan darah yang cukup sangat diperlukan saat persalinan. Kandungan zat besi di dalam alpukat bisa membuat mencegah penyakit ini.

3. Mencegah Kaki Kram

Seringkali ibu hamil mengalami kram pada kaki. Untuk mengatasi hal ini, ibu hamil bisa meningkatkan konsumsi kalium dan kalsium. Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak mengandung kalsium dan kalium. Dengan konsumsi secara rutin, kaki kram bisa terhindarkan.

4. Sumber Asam Folat Alami

Manfaat alpukat lainnya bagi ibu hamil yaitu ssebagai sumber asam folat alami. Asam folat ini sangat dibutuhkan karena merupakan nutrisi uatma dan membantu memproduksi serta memelihara sel baru. Jika asam folat tercukupi, maka risiko cacat pada bayi bisa dicegah. Bagi ibu hamil, asam folat berperan penting untuk mencegah komplikasi hingga depresi saat masa kehamilan.

5. Membantu Perkembangan Otak pada Bayi

Kecerdasan bayi dapat dibentuk sejak dalam rahim ibu, salah satunya dengan memenuhi asupan makanan dalam proses pembentukan dan perkembangan otak. Alpukat akan meningkatkan perkembangan saraf di dalam tubuh bayi, salah satunya berhubungan dengan perkembangan otak. Dengan perkembangan yang baik, bayi akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan cepat tanggap.

6. Mengurangi Rasa Mual

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya yaitu bisa mengurangi rasa mual hal ini diperlukan pada awal-awal kehamilan. Vitamin C yang ada di dalam alpukat yang memiliki peran penting untuk mengurangi mual pada ibu hamil.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait