Realisasi Investasi Hingga September 2017 Capai 75,6% dari Target

Michael Reily
30 Oktober 2017, 18:36
BKPM
KATADATA | Arief Kamaludin

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investasi Januari hingga September 2017 mencapai Rp 513,2 triliun atau 75,6% dari target investasi tahun ini. Kepala BKPM Thomas Lembong mengatakan dengan capaian tersebut, pemerintah semakin optimistis mengejar target realisasi investasi tahun ini yang ditetapkan sebesar Rp 678,8 triliun.

Sepanjang triwulan ketiga 2017, terjadi pertambahan realisasi investasi sebesar Rp 176,6 triliun. Terdiri dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp 64,9 triliun dan Penanaman Modal Asing (PMA) Rp 111,7 triliun. Realisasinya lebih tinggi 3,4% dibandingkan triwulan sebelumnya sebesar Rp 170,9 triliun.

Kalau dibandingkan dengan triwulan III tahun lalu, terjadi peningkatan sebesar 13,7%. Namun, pertumbuhannya lebih rendah dari semester I 2017. “Memang melemah sedikit dari semester I yang pertumbuhannya di atas 14%,” kata Thomas kepada wartawan di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (30/10).

Meski begitu, Thomas mengaku optimistis bisa mencapai target realisasi investasi. Ada beberapa hal yang akan dilakukan BKPM untuk mengejarnya. Salah satunya dengan menjalankan Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan perizinan berusaha.

“Di antaranya melakukan revisi beberapa peraturan kepala BKPM untuk mewujudkan kemudahan berusaha,” ujar Thomas. (Baca: Tandingi Investasi dari Tiongkok, Pemerintah Lirik Timur Tengah)

Selain itu, BKPM juga berinovasi memanfaatkan teknologi informasi perizinan dengan single submission, digital signature, serta menjalankan langkah nyata dalam penyelesaian hambatan investasi. Harapannya, investasi dari sisi perizinan dan implementasi di lapangan akan berujung pada penanaman modal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...