Kuasai Blok Mahakam, Kontribusi Migas Pertamina Naik Jadi 30 Persen

Safrezi Fitra
19 Oktober 2015, 19:34
pertamina donang.jpg
KATADATA/

KATADATA - PT Pertamina (Persero) menargetkan peningkatan kontribusi produksi miyak dan gas bumi (migas) dari 23 persen menjadi 30 persen terhadap produksi nasional dalam dua tahun ke depan. Peningkatan kontribusi ini akan disumbangkan oleh produksi Blok Mahakam, yang mulai dimiliki Pertamina setelah kontraknya habis pada tahun 2017.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan Pertamina akan mendapat tambahan produksi dengan dialihkannya Blok Mahakam dari Total E&P Indonesie. Dari total nasional, produksi migas Pertamina akan meningkat hingga 7 persen.   

"Perhitungannya kalau tidak salah (kontribusi produksi) naik dari 23 persen ke sekitar 30-an persen. Nanti di 2019 dengan adanya peningkatan eksplorasi, kami berharap bisa mencapai 40 persen," kata dia di Gedung DPR, Jakarta, Senin (19/10).

Menurut Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam, Blok Mahakam akan menambah produksi kondensat Pertamina sebesar 60.000-70.000 barel per hari. Dia belum bisa menyebutkan secara rinci berapa perkiraan tambahan produksi minyak dan gas dari Blok Mahakam. Dia hanya menyebutkan Blok Mahakam akan menambah produksi minyak Pertamina sebesar 10 persen.

"Sekarang produksi gas Blok Mahakam 1,3 miliar kaki kubik (BCF). Masih signifikan porsi yang didapat Pertamina di sana," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...