Mengenal Manfaat Nanas dan Cara Mengonsumsinya

Sebagai buah tropis, manfaat nanas ternyata sangat banyak. Apa saja manfaat dari buah nanas dan bagaimana cara untuk mengkonsumsinya? Yuk simak penjelasan berikut.
Image title
6 Agustus 2021, 21:11
nanas, manfaat nanas, manfaat buah nanas, nanas muda, buah nanas, nanas madu, selai nanas, jus nanas, manfaat nanas untuk kesehatan, khasiat buah nanas, manfaat jus nanas, serat nanas
SHVETS production/pexels.com
Buah nanas salah satu buah tropis yang kaya manfaat

Nanas merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia. Buah yang satu memiliki rasa yang masam dan segar. Buah berwarna kuning dan berair ini sangat cocok untuk dinikmati di siang hari. Manfaat nanas ternyata sangat banyak. Manfaat-manfaat tersebut tentu saja dipengaruhi berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah tropis ini.

Apa manfaat dan kandungan yang ada di dalam nanas? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kandungan Buah Nanas

Melansir jovee.id, buah nanas yang rasanya masam ini memiliki beberapa kandungan nutrisi. Di dalam 165 gram buah nanas terdapat kandungan air sebanyak 142 gram, karbohidrat 13,12 gram, serat 1,4 gram, kalsium 12 miligram (mg), magnesium 12 mg, fosfor 8 mg, kalium 109 mg, vitamin C 47,8 mh, vitamin B9 18 mg, dan beta karoten 35 mikrogram (mcg).

Tidak hanya itu saja, buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan protein, zinc, zat besi, selenium, tembaga, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, flavonoid, dan asam fenolik yang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Advertisement

Selain vitamin dan nutrisi lainnya, nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain yang bermanfaat bagi kesehatan. Enzim inilah yang membuat nanas bisa menjadi obat peradangan dan pembengkakan.

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Jika melihat dari lengkapnya kandungan buah nanas yang kaya nutrisi dan vitamin, sudah pasti buah ini memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat nanas untuk kesehatan di antaranya:

1. Menjadi obat diuretik

Nanas bisa menjadi obat alami khususnya, untuk membantu ginjal dan organ lain yang fungsinya mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah yang satu ini memiliki kemampuan lebih untuk menekan plak yang menumpuk di dalam arteri.

2. Mengobati peradangan

Nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang fungsinya bisa mengobati peradangan yang ada di tubuh seperti radang sendi. Pemanfaatan bromelain yang ada di dalam nanas juga berguna untuk menyembuhkan luka.

3. Mengatasi masalah pada saluran pencernaan

Kandungan enzim yang ada di dalam nanas ternyata memiliki peran yang penting untuk memecah protein, sehingga protein yang ada di dalam tubuh lebih mudah dicerna. Buah nanas juga memiliki serat yang baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Nanas juga dipercaya bisa menjadi obat sakit perut dan meredakan penumpukan antasida di dalam saluran pencernaan.

4. Menguatkan tulang

Manfaat nanas lainnya yaitu bisa untuk menguatkan tulang. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan mangan uang cukup besar. Mangan inilah yang berperan untuk membantu perkembangan dan menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat. Untuk anak-anak kandungan mangan sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan dan pertumbuhan. Sedangkan untuk orang dewasa, mangan berperan dalam mencegah kelainan pada tulang.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah nanas yang kaya akan vitamin dan mineral ternyata baik untuk menjaga agar imunitas di dalam tubuh tetap kuat. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi membuat buah yang satu ini menjadi salah satu alternatif pilihan vitamin C alami.

6. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang berasal dari polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itu, perlu adanya upaya agar tubuh tetap bisa terjaga dari radikal bebas. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan anti oksidan. Nanas menjadi salah satu buah yang memiliki kadar anti oksidan tinggi, sehingga bisa menangkal radikal bebas yang merusak sel di dalam tubuh.

Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata buah tropis ini juga bermanfaat untuk anda yang sedang melakukan program diet atau penurunan berat badan. Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk diet:

1. Membuat kenyang lebih lama

Siapa sangka jika buah yang satu ini ternyata bisa membuat siapa saja yang mengkonsumsinya akan merasakan kenyang yang lebih lama. Efek ini akan dirasakan karena nanas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Jika rasa kenyang bertahan lama, maka keinginan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan menjadi lebih mudah dikendalikan.

2. Mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh

Air yang ada di dalam tubuh ternyata berguna untuk menjaga berat badan agar tetap idela. Konsumsi air putih dan buah-buahan yang mengandung cukup banyak air bisa membantu tubuh untuk mendapatkan cukup air. Nanas bisa menjadi salah satu buah pilihan untuk mendapat kadar air di dalam tubuh.

3. Membantu proses metabolisme protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sulit dicerna tubuh. Sementara itu, nanas memiliki enzim bromelain yang bisa memecah protein, sehingga protein yang ada di dalam tubuh lebih mudah untuk dicerna. Kandungan protein ini ternyata sangat berguna untuk membantu mengurangi lemak yang ada di dalam tubuh. Selain itu, protein juga bisa menekan nafsu makan, sehingga berat badan tetap terjaga.

4. Bersifat antiradang

Manfaat nanas sebagai antiradang ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan namun juga sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Dengan pencernaan yang sehat, kita bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif cepat. Kondisi untuk menjaga agar pencernaan tetap sehat dengan rutin konsumsi nanas karena nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang baik untuk mencegah peradangan.

5. Sumber karbohidrat

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar berat badan cepat turun yaitu dengan mengatur asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Sumber karbohidrat sebenarnya sangat banyak dan nanas menjadi pilihan bagi Anda yang sedang diet.

Manfaat buah nanas untuk diet ini bisa membuat kebutuhan karbohidrat tercukupi, namun tidak membuat berat badan naik dengan cepat. Meski bisa menjadi sumber karbohidrat, konsumsi nanas tetap harus diatur. Sebab mengonsumsi nanas terlalu banyak juga kurang baik untuk kesehatan.

Manfaat Buah Nanas untuk Wanita Haid

Pertanyaan mengenai apakah boleh wanita yang sedang haid mengkonsumsi nanas? Jawabannya ternyata boleh-boleh saja, tapi tidak boleh berlebihan. Karena konsumsi nanas yang berlebihan saat sedang haid bisa menyebabkan peningkatan aliran darah. Terlebih jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung.

Buah nanas juga bermanfaat bagi perempuan yang sedang haid. Buah nanas dipercaya memiliki manfaat salah satunya untuk meredakan nyeri menstruasi. Rasa nyeri ini mungkin umum dirasakan setiap perempuan, dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain meredakan nyeri, manfaat nanas lainnya yaitu mencegah munculnya gejala sindrom pramenstruasu (PMS) seperti kram pada perut, kembung, kelelahan, sakit kepala, masalah pencernaan, hingga perubahaan mood atau suasana hari. Kandungan mangan yang ada di dalam nanas ternyata bermanfaat untuk wanita yang sedang haid. Perempuan yang sedang mentruasi biasanya terjadi penuruan kadar mangan di tubuhnya. Dengan konsumsi nanas kadar mangan bisa cepat kembali normal dan nyeri serta keluhan lain saat haid bisa terobati.

Cara Konsumsi Buah Nanas

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, nanas juga bisa disajikan dalam berbagai bentuk makanan atau minuman yang menyehatkan. Ada beberapa cara untuk konsumsi buah nanas agar manfaatnya tidak hilang.

1. Diolah menjadi jus buah segar

Cara ini mungkin sudah umum dilakukan. Jus buah nanas bukan hanya menyegarkan namun juga memberikan manfaat nanas yang optimal. Buah nanas memiliki kandungan enzim yang mudah rusak jika dimasak. Oleh karena itu, konsumsi dengan cara di buat juga bisa menjadi alternatif menikmati nanas dengan sehat dan lezat.

2. Konsumsi secara langsung

Buah nanas juga bisa dikonsumsi langsung. Pastikan untuk mengupas kulit buah sampai bersih dan mencucinya. Kemudian buah nanas bisa langsung dipotong kecil-kecil dan di makan secara langsung. Jika anda kurang menyukai rasa nanas yang terlalu masam, Anda bisa menambahkan taburan gula pasir untuk membuat rasa masamnya sedikit ternetralisir.

3. Rujak buah

Konsumsi nanas juga ternyata bisa dibarengi dengan buah-buahan lainnya. Biasanya nanas dicampur dengan buah lainnya untuk dibuat dalam bentuk rujak buah. Nanas segar dipotong kecil-kecil kemudian di celupkan pada sambal yang terbuat dari kacang dan gula merah. Rasa asam, segar, dan manis bercampur menjadi satu membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera memakannya. Rujak buah ini mudah dijumpai di pegadang kaki lima atau anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah.

4. Dijadikan selai

Meskipun kandungan bromealin di dalam nanas mudah rusak jika terlalu lama dimasak, namun konsumsi selai nanas juga bisa menjadi alternatif pilihan. Rasa yang masam ditambah dengan gula yang manis sangat cocok untuk teman makan roti atau biskuit. Selai nanas ini juga biasa digunakan sebagai bahan membuat kue kering seperti nastar.

Bahaya Konsumsi Nanas Belebihan

Segala sesuatu yang terlalu berlebihan memang kurang bagus, tak terkecuali dengan konsumsi buah-buahan. Nanas yang kaya manfaat ternyata tidak boleh di makan terus menerus dengan jumlah yang banyak. Ada beberapa efek yang ditimbulkan jika anda terlalu banyak mengkonsumsi buah ini.

  1. Menimbulkan alergi.
  2. Berisiko menyebabkan keguguran.
  3. Dapat menyebabkan rematik.
  4. Bisa memicu kenaikan gula darah di dalam tubuh.
  5. Konsumsi nanas mentah terlalu banyak bisa menyebabkan mual.
  6. Bisa menyebabkan diare.

Itulah beberapa manfaat nanas hingga bahaya yang ditimbulkan jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Penjelasan ini perlu kita ketahui, terutama bagi orang yang doyan mengonsumsi nanas. Konsumsilah buah secukupnya agar bisa mendapatkan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait