Cek Fakta: Benarkah Vaksin Covid-19 Terhubung Jaringan 5G?

Safrezi Fitra
20 Agustus 2021, 12:43
vaksin, vaksin virus corona, vaksin pfizer, vaksin mrna, vaksin moderna, vaksin terkoneksi jaringan 5g, vaksin terkoneksi bluetooth, vaksin bluetooth
ANTARA FOTO/REUTERS/Soeren Stache/Pool /hp/cf
Seorang perempuan menerima suntikan pertama dari dua suntikan dosis vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 di pusat vaksinasi Metropolis-Halle, saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) terus berlanjut di Potsdam, Jerman, Selasa (5/1/2021).
GNI: Keliru
 

Masyarakat dunia dihebohkan dengan kabar yang mengklaim vaksin Covid-19 dapat menghubungkan orang ke jaringan 5G melalui bluetooth. Kabar ini pertama kali beredar di blog pada 2020. Kemudian, dibagikan di berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram dan Twitter dengan berbagai informasi tambahan.

Berikut narasi yang tertulis pada kabar yang beredar:

Mereka memalsukan [virus Covid-19] ini. Jadi Anda akan menerima [vaksin] ini. Jadi mereka dapat menghubungkan Anda secara biokimia ke [jaringan 5G] ini.

Bangun, pakai riasan, dan jangan dapatkan "vaksin" 5G Covid. Itu semua dibuat! Kebohongan yang mereka rahasiakan.

VAKSIN DAN BLUETOOTH SUPPORT 5G

Vaksin yang berafiliasi dengan bluetooth adalah ASTRAZENECA, PFIZER, MODERNA kecuali SINOVAC

#Pakdemudikaja Momota #Tenggelamkandemokrat2024 Rahmat Erwin Abdulllah Jonathan Christie

Cek Fakta Vaksin Covid-19 Terkoneksi Jaringan 5G dan Bluetooth
Cek Fakta Vaksin Covid-19 Terkoneksi Jaringan 5G dan Bluetooth (https://archive.vn/Cc4mD)
 

Penelusuran Fakta

Vaksin mRNA COVID-19, seperti Pfizer-BioNTech dan Moderna, mengandung nanopartikel lipid (lemak), yang digunakan untuk mentransfer RNA ke dalam sel. Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa lipid ini dapat mentransfer 5G ke sel. Tidak ada bukti juga yang menyatakan 5G dapat terhubung ke lipid tersebut.

Klaim bahwa vaksin dapat menghubungkan penerima ke internet ini, ditanggapi oleh Dr Archa Fox dari University of Western, Australia. Melansir The Conversation, tetesan lipid yang terkandung pada vaksin, berfungsi untuk membantu vaksin memasuki sel tubuh.

Sebab, membran yang menyatukan sel kita juga sebagian besar terbuat dari lipid. Vaksin dan membran dapat menyatu dengan mudah, menyimpan mRNA di dalam sel.

Halaman:

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...