Mengulas Permainan Bola Basket dari Sejarah sampai Gambar Lapangannya

Siti Nur Aeni
8 Oktober 2021, 17:48
Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Dikania Wisnu (tengah) melakukan tembakan bebas saat melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Dikania Wisnu (tengah) melakukan tembakan bebas saat melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Bola basket merupakan olahraga yang populer sejak dahulu. Menurut data yang dihimpun dalam databoks, basket memiliki penggemar sebanyak 825 juta orang. Masih dari data yang dikumpulkan oleh tim databoks, basket menjadi olahraga terfavorit nomor tujuh di Olimpiade Tokyo 2020.  

Sejarah Singkat Permainan Bola Basket

Olahraga bola besar ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Mengutip dari “Buku Ajar Bola Basket” yang diterbitkan oleh Wineka Media, berikut rangkuman sejarah basket dunia.

  • Tahun 1891: basket diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith.
  • Tahun 1892: permianan ini pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Amerika.
  • Tahun 1894: Prof. Dr. James A. Naismith bersama dengan Dr. Luther Gullick untuk pertama kali mengeluarkan peraturan permainan ini secara resmi.
  • Tahun 1895: kata basketball secara resmi dimaksukkan dalam kosa kata Bahasa Inggris.
  • Tahun 1913: kerjuaran bola basket far eastern pertama kali diselenggarakan. Pada kompetisi ini regu dari Filipina berhasil mengalahkan Cina.
  • Tahun 1918: tentara pendudukan Amerika dan anggota Young Mens Christian Association mengenalkan basket ke negara-negara Eropa.
  • Tahun 1919: permainan basket dipertandingkan dalam Olimpiade Militer di Joinville.
  • Tahun 1932: kongres basket untuk pertama kali diselenggaran di Jenewa Swiss. Peserta dalam kongres ini hadir dari beberapa negara seperti Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Portugal, Rumania, dan Swiss. Hasil dari pertemuan ini yaitu dibentuk Federasi Bola Basket Internasional atau Federation International de Basketball (FIBA).
  • Tahun 1933: kejuaran dunia bola basket mahasiswa pertama kali diselenggarakan di Turin, Italia.
  • Tahun 1935: basket diterima sebagai nomor pertandingan olimpiade di Kongres Komiter Olimpiade Internasional.
  • Tahun 1936: basket pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade Berlin. Regu yang bertanding berasal dari 20 negara. Amerika Serikat, Kanada, dan Meskiko keluar sebagai juara.
  • Tahuan 1939: pencipta basket meninggal dunia.

Sejarah Singkat Bola Basket di Indonesia

Permainan ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang, sebelum akhirnya dikenal luas masyarakat Indonesia. Berikut rangkuman sejarah basket di Indonesia.

  • Tahun 1920-an: perantau dari Cina mengenalkan permainan basket di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung mereka bahkan mendirikan sekolah dengan nama Sekolah Tionghoa. Dalam sekolah tersebut, basket menjadi olahraga wajib.
  • Tahun 1930-an: beberapa kota di Indonesia sudah memiliki klub basket. Setelah kemerdekaan olahraga ini semakin dikenal luas. Di kota-kota besari seperti Yogyakarta dan Solo menjadi basis perjuangan basket di Indonesia.
  • Tahun 1948: permainan bola basket dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo, Jawa Tengah. Cabang olahraga ini mendapat sambutan hangat dari para pecinta olahraga tanah air.
  • 23 Oktober 1951: organisasi bernama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia di bentuk.
  • Tahun 1955: orgnisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).
  • Tahun 1953: Perbasi bergabung dengan FIBA.
  • Tahun 1956: Indonesia mengirimkan tim basket dalam kompetisi Asian Games Manila.
  • 3 April 1982: kompetisi Bola basket Utama (Kobatama) pertama kali diselenggarakan. Regu yang bermain yaitu klub Rajawali Jakarta dan Semangat Sinar Surya Yogyakarta. Dari sinilah mulai banyak awal mulai kompetisi antar klub di Indonesia.

Perjalanan cabang olahraga basket di tanah air tidak selalu mulus. Setelah mengalami pasang surut sekitar 30 tahun. Permainan bola tangan ini mulai berkembang pesat.

Diawali dengan penyelenggaraan Deteksi Basketball League (DBL) uang dikemas secara menarik. kompetisi ini merupakan pertandingan basket tingkat pelajar. Pesertanya dari sekolah diseluruh Indonesoa.

Kemudian muncul lagi liga profesional basket putera bernama National Basketball League (NBL) Indonesia dan Women’s National Basketball League (WNBL). Beberapa kejuaraan dari Perbasi juga masih terus diselenggarakan untuk menjaga eksistensi cabang olahraga ini.

Tujuan Permainan Bola Basket

Permainan ini begitu gencar dilakukan bukan tanpa tujuan. Mungkin kita mengetahui tujuan permainan bola basket adalah menciptakan kondisi fisik yang bugar.

Selain itu, masih ada tujuan lain dari permainan ini. Mengutip dari sportstars.id, berikut beberapa tujuan basket.

1. Malatih seluruh otot tubuh

Olahraga ini memiliki intensitas yang cukup tinggi dan bisa melatih seluruh otot tubuh. Ketika bermain basket maka kita harus berlari, melompat, kordinasi tangan dan mata, menembak bola, dan gerak fisik lainnya. Dengan gerakan-gerakan tubuh tersebut, maka otot akan semakin terlatih.

2. Melatih sikap sportif

Dalam bermain olahraga, tujuan lain yang tak kalah penting yaitu melatih sportifitas. Kita harus bisa mengakui keunggulan lawan dan bisa mengapresiasi pencapaian lawan ketika mereka menang. Di lain sisi, saat tim kita yang menang juga harus tetap menghargai lawan dengan tidak merendahkan mereka.

3. Meningkatkan kemampuan kerja sama

Basket merupakan permainan tim, sehingga saat Anda bermain cabang olahraga ini kemampuan kerja sama akan terlatih dengan baik.

4. Meningkatkan kedisiplinan

Saat bermain basket kita harus menaati seluruh peraturan yang berlaku. Dari sinilah pribadi kita bisa belajar disiplin dan patuh pada aturan.

Jumlah Pemain dalam Bola Basket

Pada tujuan bermain basket telah disebutkan bahwa basket merupakan olahraga tim. Jumlah pemain bola basket ada lima orang per regu. Namun ada juga permainan basket three of three yang isinya hanya tiga pemain per regu.

Posisi Pemain Bola Basket

Melansir dari sportstarts.id, pemain dalam cabang olahraga basket terbagi menjadi lima posisi dengan tugas yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Center

Pemain dengan posisi ini memiliki tugas untuk melindungi pertahaan di bawah ring dari serangan jarak dekat. Pemain umumnya memiliki tubuh tinggi dan besar. Biasanya center juga bertugas untuk menyerang. Seperti namanya, pemain ini berada di tengah sehingga mudah dalam memberi umpan ke teman satu tim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...