Mengulas Permainan Bola Basket dari Sejarah sampai Gambar Lapangannya

Bola basket menjadi olahraga yang banyak diminati. Pemainan bola tangan ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Dalam bermain cabang olahraga ini, ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai.
Image title
8 Oktober 2021, 17:48
Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Dikania Wisnu (tengah) melakukan tembakan bebas saat melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Arki Dikania Wisnu (tengah) melakukan tembakan bebas saat melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Bola basket merupakan olahraga yang populer sejak dahulu. Menurut data yang dihimpun dalam databoks, basket memiliki penggemar sebanyak 825 juta orang. Masih dari data yang dikumpulkan oleh tim databoks, basket menjadi olahraga terfavorit nomor tujuh di Olimpiade Tokyo 2020.  

Sejarah Permainan Bola Basket

Olahraga bola besar ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Mengutip dari “Buku Ajar Bola Basket” yang diterbitkan oleh Wineka Media, berikut rangkuman sejarah basket dunia.

  • Tahun 1891: basket diciptakan oleh Prof. Dr. James A. Naismith.
  • Tahun 1892: permianan ini pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Amerika.
  • Tahun 1894: Prof. Dr. James A. Naismith bersama dengan Dr. Luther Gullick untuk pertama kali mengeluarkan peraturan permainan ini secara resmi.
  • Tahun 1895: kata basketball secara resmi dimaksukkan dalam kosa kata Bahasa Inggris.
  • Tahun 1913: kerjuaran bola basket far eastern pertama kali diselenggarakan. Pada kompetisi ini regu dari Filipina berhasil mengalahkan Cina.
  • Tahun 1918: tentara pendudukan Amerika dan anggota Young Mens Christian Association mengenalkan basket ke negara-negara Eropa.
  • Tahun 1919: permainan basket dipertandingkan dalam Olimpiade Militer di Joinville.
  • Tahun 1932: kongres basket untuk pertama kali diselenggaran di Jenewa Swiss. Peserta dalam kongres ini hadir dari beberapa negara seperti Argentina, Cekoslowakia, Yunani, Italia, Portugal, Rumania, dan Swiss. Hasil dari pertemuan ini yaitu dibentuk Federasi Bola Basket Internasional atau Federation International de Basketball (FIBA).
  • Tahun 1933: kejuaran dunia bola basket mahasiswa pertama kali diselenggarakan di Turin, Italia.
  • Tahun 1935: basket diterima sebagai nomor pertandingan olimpiade di Kongres Komiter Olimpiade Internasional.
  • Tahun 1936: basket pertama kali dipertandingkan pada Olimpiade Berlin. Regu yang bertanding berasal dari 20 negara. Amerika Serikat, Kanada, dan Meskiko keluar sebagai juara.
  • Tahuan 1939: pencipta basket meninggal dunia.

Sejarah Bola Basket di Indonesia

Permainan ini juga memiliki sejarah yang cukup panjang, sebelum akhirnya dikenal luas masyarakat Indonesia. Berikut rangkuman sejarah basket di Indonesia.

  • Tahun 1920-an: perantau dari Cina mengenalkan permainan basket di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung mereka bahkan mendirikan sekolah dengan nama Sekolah Tionghoa. Dalam sekolah tersebut, basket menjadi olahraga wajib.
  • Tahun 1930-an: beberapa kota di Indonesia sudah memiliki klub basket. Setelah kemerdekaan olahraga ini semakin dikenal luas. Di kota-kota besari seperti Yogyakarta dan Solo menjadi basis perjuangan basket di Indonesia.
  • Tahun 1948: permainan bola basket dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Solo, Jawa Tengah. Cabang olahraga ini mendapat sambutan hangat dari para pecinta olahraga tanah air.
  • 23 Oktober 1951: organisasi bernama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia di bentuk.
  • Tahun 1955: orgnisasi tersebut mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi).
  • Tahun 1953: Perbasi bergabung dengan FIBA.
  • Tahun 1956: Indonesia mengirimkan tim basket dalam kompetisi Asian Games Manila.
  • 3 April 1982: kompetisi Bola basket Utama (Kobatama) pertama kali diselenggarakan. Regu yang bermain yaitu klub Rajawali Jakarta dan Semangat Sinar Surya Yogyakarta. Dari sinilah mulai banyak awal mulai kompetisi antar klub di Indonesia.

Perjalanan cabang olahraga basket di tanah air tidak selalu mulus. Setelah mengalami pasang surut sekitar 30 tahun. Permainan bola tangan ini mulai berkembang pesat.

Diawali dengan penyelenggaraan Deteksi Basketball League (DBL) uang dikemas secara menarik. kompetisi ini merupakan pertandingan basket tingkat pelajar. Pesertanya dari sekolah diseluruh Indonesoa.

Kemudian muncul lagi liga profesional basket putera bernama National Basketball League (NBL) Indonesia dan Women’s National Basketball League (WNBL). Beberapa kejuaraan dari Perbasi juga masih terus diselenggarakan untuk menjaga eksistensi cabang olahraga ini.

Tujuan Permainan Bola Basket

Permainan ini begitu gencar dilakukan bukan tanpa tujuan. Mungkin kita mengetahui tujuan permainan bola basket adalah menciptakan kondisi fisik yang bugar.

Selain itu, masih ada tujuan lain dari permainan ini. Mengutip dari sportstars.id, berikut beberapa tujuan basket.

1. Malatih seluruh otot tubuh

Olahraga ini memiliki intensitas yang cukup tinggi dan bisa melatih seluruh otot tubuh. Ketika bermain basket maka kita harus berlari, melompat, kordinasi tangan dan mata, menembak bola, dan gerak fisik lainnya. Dengan gerakan-gerakan tubuh tersebut, maka otot akan semakin terlatih.

2. Melatih sikap sportif

Dalam bermain olahraga, tujuan lain yang tak kalah penting yaitu melatih sportifitas. Kita harus bisa mengakui keunggulan lawan dan bisa mengapresiasi pencapaian lawan ketika mereka menang. Di lain sisi, saat tim kita yang menang juga harus tetap menghargai lawan dengan tidak merendahkan mereka.

3. Meningkatkan kemampuan kerja sama

Basket merupakan permainan tim, sehingga saat Anda bermain cabang olahraga ini kemampuan kerja sama akan terlatih dengan baik.

4. Meningkatkan kedisiplinan

Saat bermain basket kita harus menaati seluruh peraturan yang berlaku. Dari sinilah pribadi kita bisa belajar disiplin dan patuh pada aturan.

Jumlah Pemain Bola Basket

Pada tujuan bermain basket telah disebutkan bahwa basket merupakan olahraga tim. Jumlah pemain bola basket ada lima orang per regu. Namun ada juga permainan basket three of three yang isinya hanya tiga pemain per regu.

Melansir dari sportstarts.id, pemain dalam cabang olahraga basket terbagi menjadi lima posisi dengan tugas yang berbeda. Berikut penjelasannya.

1. Center

Pemain dengan posisi ini memiliki tugas untuk melindungi pertahaan di bawah ring dari serangan jarak dekat. Pemain umumnya memiliki tubuh tinggi dan besar. Biasanya center juga bertugas untuk menyerang. Seperti namanya, pemain ini berada di tengah sehingga mudah dalam memberi umpan ke teman satu tim.

2. Power forward

Tugas pemain ini yaitu melakukan rebound bola dari genggaman lawan. Pemain dengan posisi power forward harus bisa mengambil bola dan mencegah lawan masuk ke area bertahan. Biasanya pemain yang ada di posisi ini memiliki tubuh tinggi.

3. Small forward

Posisi ini memiliki tugas untuk melakukan penyerangan dan bertahan. Pemain ini memiliki ciri khusus, biasanya yang dipilih yaitu pemain dengan tubuh kecil, lincah, dan bisa membantu kerja tim.

4. Shooting guard

Tugas khusus posisi ini yaitu untuk menembak dalam jarak jauh. Pemain di posisi ini harus bisa melakukan lembaran tepat sasaran dan bisa menyusup pada seluruh posisi. Pemain dengan posisi shooting guard juga harus bisa berlari cepat untuk menyusup dan melempar bola.

5. Point guard

Posisi ini merupakan kunci penyerangan dan pertahanan dalam tim. Pemain yang menduduki posisi ini yaitu pemain dengan tubuh kecil, lincah, dan bisa bergerak cepat.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Seperti olahraga pada umumnya, basket juga memiliki teknik dasar yang harus dikuasai pemainnya. Mengutip dari “Buku Ajar Bola Basket”, berikut ini penjelasan tentang teknik dasar permainan bola basket.

1. Dribbling

Dribbling merupakan teknik membawa bola ke depan dengan cara memantulkan pada lantai menggunakan satu tangan. Pada permainan ini, memantulkan bola boleh menggunakan satu tangan kiri atau kanan.

2. Catching & passing

Passing atau operan merupakan teknik dasar bermain basket yang bertujuan untuk memberikan bola kepada teman. Operan merupakan teknik yang mudah, namun butuh ketepatan agar bisa memberikan umpan dengan baik.

Sedangkan catching merupakan istilah yang digunakan untuk teknik menangkap bola. Teknik ini terdiri dari dua jenis yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.

3. Shooting

Tenik dasar selanjutnya yaitu shooting atau memasukan bola ke ring. Teknik ini yang menjadi penentu perolehan poin dalam permainan basket. Ketika shooting berhasil, maka tim tersebut akan mendapatkan poin.

Menembak atau shooting dalam basket terdiri atas one handset shoot, jump shoot, free throw lay up, hook shoot, runner, dan three point shoot.

4. Pivot

Pivot atau teknik berputar merupakan gerakan memutar badan dengan tumpuan satu kaki sembari memegang basket. Gerakan ini tidak diperkenankan menggeser poros kaki saat berputar. Pivot dilakukan dengan tujuan menjaga bola agar tidak direbut lawan.

5. Rebound

Teknik dasar basket ini merupakan cara pemain untuk memperoleh bola pantul yang gagal masuk ring. Teknik ini biasanya dilakukan oleh pemain yang ada di posisi center atau power forward.

Gambar Lapangan Bola Basket

Permainan basket dilakukan di lapangan berbentuk persegi panjang. Mengutip dari sport.tempo.co, berikut ini rincian ukuran lapangan dan ring basket.

  • Panjang: 28 meter
  • Lebar: 15 meter
  • Diameter lingkaran tengah: 3,6 meter
  • Jarak garis tiga poin ke ring: 6,75 meter
  • Jarak garis busur ring basket: 1,25 meter
  • Tinggi ring: 3,05 meter
  • Diameter ring: 45 sentimeter
  • Jarak tiang ring dengan endline: 1 meter
  • Panjang papan pantul pada ring: 1,8 x 1,05 meter
  • Ukuran kotak tengah di papan pantul: 59 x 45 meter
  • Jarak papan pantul dengan endline: 1,2 meter

Agar lebih jelas, berikut ini gambar lapangan bola basket.

Lapangan bola basket
Lapangan bola basket (Buku Ajar Bola Basket)


 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait