Pestisida Alami, Solusi Atasi Hama dan Penyakit Tanaman dengan Aman

Siti Nur Aeni
13 November 2021, 07:08
Pestisida Alami, Solusi Atasi Hama dan Penyakit Tanaman dengan Aman
ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Petani menyemprotkan cairan pestisida pada tanaman tomat menjelang dipanen di Desa Konang, Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (21/1/2020). Dalam sebulan terakhir tanaman tersebut diserang hama ulat dan penyakit yang menyebabkan buah tomat rontok.

Pestisida alami atau organik adalah jenis pesitisida yang bahan dasarnya berasal dari alam seperti tumbuhan dan mikroorganisme baik bakteri atau jamur. Penggunaan pestisida jenis ini mulai banyak diminati sebab memiliki beberapa keunggulan. Ditambah lagi tren pertanian organik yang mulai menjamur, membuat kebutuhan pestisida organik semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Kelebihan dan Kekurangan Pestisida Alami

Produk pertanian berbahan alami ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Mengutip dari pertanian.go.id, berikut penjelasannya.

Kelebihan Pestisida Alami

  1. Mudah terurai sehingga tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.
  2. Relatif aman bagi manusia dan ternak dikarenakan residunya bisa cepat hilang.
  3. Aman untuk tanaman sebab tidak meracuni atau merusak tanaman yang dibudidayakan.
  4. Dosis yang digunakan tidak terlalu mengikat dan berisiko.
  5. Tidak menyebabkan resistensi atau kekebalan hama.

Kekurangan Pestisida Alami

  1. Daya kerja lambat sehingga perlu aplikasi yang lebih sering.
  2. Tidak dapat disimpan dalam waktu lama.
  3. Kurang praktis karena harus membuat terlebih dahulu.

Macam-macam Pestisida Alami

Kebutuhan pestisida organik yang semakin tinggi membuat pengembangan produk ini juga mulai banyak dilakukan. Sejauh ini pestisida dari bahan alami terbagi menjadi dua jenis yakni pestisida nabati dan hayati.

Pengelompokan tersebut dilakukan berdasarkan bahan pembuatannya. Mengutip dari jurnal Embryo 6(1), berikut penjelasannya.

1. Pestisida Nabati

Pestisida nabati atau pesnab adalah jenis pestisida yang berasal dari ekstraksi bagian tanaman. Misalnya daun, buah, biji, atau akar yang memiliki metabolit sekunder dan bersifat racun bagi organisme penggangu tanaman (OPT).

Pesnab umumnya digunakan untuk mengendalikan hama yang sifatnya insektisidal seperti serangga. Dan biasanya digunakan untuk mengendalikan penyakit yang bersifat bakterisidal atau yang disebabkan oleh bakteri patogen.

Pestisida organik ini terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya bagi tanaman maupun lingkungan. Penggunaan esktrak bahan alami terus menerus juga dipercaya tidak menimbulkan resistensi.

Beberapa jenis tanaman yang bisa dijasikan sebagai bahan pembuatan pesnab antara lain daun nimba, biji srikaya, biji sirsak, biji buah nona, dan masih banyak lagi.

2. Pestisida Hayati

Pestisida hayati adalah jenis pestisida yang formulasinya mengandung mikroba baik dari kelompok jamur, bakteri, atau virus yang bersifat antagonis bagi OPT. Mikroba didalam pestisida hayati juga mempu menghasikan senyawa yang meracuni OPT.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...