Ciri-ciri Alergi Makanan dan Cara Mengobatinya yang Perlu Dipahami

Siti Nur Aeni
13 Januari 2022, 16:44
Ciri-ciri Alergi Makanan dan Cara Mengobatinya yang Perlu Dipahami
pixabay.com
Ilustrasi gejala alergi makanan

Alergi makanan adalah reaksi tubuh yang muncul setelah mengonsumsi makanan tersebut. Menurut penjelasan di hellosehat.com, hal tersebut terjadi karena adanya reaksi berlebih dari sistem imun terhadap zat makan yang sebenarnya tidak berbahaya.

Reaksi tersebut lalu memunculkan beberapa gejala yang bervariasi mulai dari ringan hingga berat. Misalnya gatal-gatal, bibir bengkak, hingga gejala yang lebih parah seperti syok anafilaksis. Kondisi syok anafilaksis bisa mengancam nyawa jika terlambat mendapat penanganan medis.

Advertisement

Berdasarkan penyebabnya, alergi makanan terbagi menjadi dua jenis. Yakni alergi melalui perantara antibodi immunoglobulin E (IgE) dan yang tidak melalui perantara IgE atau alergi tanpa IgE.

Jika dilihat dari gejalanya, alergi tanpa IgE muncul lebih lambat dan sulit terdeteksi. Meskipun demikian, alergi non-IgE tidak menimbulkan reaksi berat.

Ciri Ciri Alergi Makanan

Alergi makanan bisa menyebabkan penderitanya merasa tidak nyaman meskipun tidak parah. Mengutip dari alodokter.com, reaksi alergi pada makanan bisa diketahui dari ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Hidung tersumbat.
  2. Ruam pada kulit yang menyebabkan rasa gatal.
  3. Gatal di bagian mulut, tenggorokan, mata, atau bagian tubuh lain.
  4. Pembengkakan di wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  5. Sulit berbicara dan menelan.
  6. Mengi atau bengek.
  7. Sesak napas.

Penderita alergi makanan juga biasanya merasakan gejala pada saluran pencernaan seperti diare, sakit perut, mual, dan muntah.

Faktor Penyebab Alergi Makanan

Masalah kesehatan ini terjadi bukan tanpa sebab. Sebab menurut penjelasan di alodokter.com, alergi makanan terjadi apabila sistem kekebalan tubuh keliru menganggap protein dalam makanan tertentu sebagai ancaman. Tubuh melepaskan antibodi (IgE) yang diperlukan untuk menentralisir pemicu alergi yang ada di makanan tersebut.

Saat seseorang mengonsumsi makanan tersebut walaupun hanya sedikit, IgE akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan senyawa kimia bernama histamin ke aliran darah. Histamin itulah yang menyebabkan alergi.

Seperti yang sudah disinggung di awal, alergi makanan umumnya muncul sejak anak-anak dan akan muncul kembali saat dewasa. Makanan yang biasanya menjadi penyebab alergi makanan pada orang dewasa, antara lain:

  1. Ikan
  2. Kerang
  3. Udang
  4. Kepiting
  5. Kacang

Sedangkan pada anak-anak, makanan yang umumnya memicu alergi seperti:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement