Nama Nama Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi

Siti Nur Aeni
21 Januari 2022, 13:02
Nama Nama Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi
pixabay.com
Gambar Dinosaurus

Dinosaurus adalah hewan purba yang muncul pertama kali sekitar tahun 230 juta tahun lalu. Dinosaurus diartikan juga sebagai kadal yang mengerikan. Walaupun sebenarnya dinosaurus bukan jenis kadal. Ada beberapa nama nama dinosaurus yang diduga pernah mendiami bumi.

Dinosaurus diketahui hidup pada masa mesozoikum yang berlangsung antara 250 sampai 65 juta tahun lalu. Masa tersebut terbagi menjadi tiga periode yaitu perode triasik (250-206 juta tahun lalu), jura (205-144 juta tahun lalu), dan kretaseus/kapur (144-65 juta tahun lalu). Hewan purba ini diketahui pertama kali muncul akhir triasik dan berkembang saat masa jura awal.

Nama-nama Dinosaurus

Terdapat beberapa jenis dinosaurus yang pernah mendiami bumi. Berikut nama-nama dinosaurus beserta ciri-cirinya.

1. Albertosaurus

Nama nama dinosaurus yang pertama yaitu Albertosaurus. Menurut penjelasan di buku “100 Dinosaurus Menakjubkan”, fosil hewan ini ditemukan di Provinsi Alberta, Kanada. Panjang tubuhnya delapan meter dengan berat mencapai 2,6 ton.

Selain itu, Albertosaurus memiliki ciri khas lain yaitu tenggorokan besar, dalam, dan lebar. Hewan purba ini berjalan menggunakan dua kaki belakang. Sementara itu, dua kaki depan sangat pendek dan kecil namun digunakan untuk membantu membangkitkan tubuhnya.

Ekor dari hewan ini berguna untuk enjaga keseimbangan. Albertosaurus diduga hidup pada masa akhir Cretaceous (70 juta tahun lalu) di Amerika Utara.

2. Alioramus

Alioramus merupakan dinosaurus yang memangsa dinosaurus lain. Panjang tubuh hewan purba ini sekitar 6 meter dengan berat mencapai 700 kg. Keunikan dari hewan ini yaitu memiliki tengkorak sempit dan panjang.

Hewan ini juga mempunyai tonjolan tulang atau duri di bagian moncong yang berguna untuk mencari pasangan. Hewan buas ini hidup di periode Cretaceous (70-65 juta tahun lalu). Fosil Alioramus ditemukan di Mongolia.

3. Allosaurus

Macam macam dinosaurus lainya yaitu Allosaurus. Bobot tubuh ini memiliki berat sekitar lima ton atau setara dengan satu ekor gajah. Allosaurus merupakan dinosaurus pemakan daging terbesar dan menakutkan.

Hewan ini memiliki kepala besar serta leher dan rahang kuat. Cakar di jari tangan hewan ini besar dan memiliki 70 gigi yang tajamnya seperti pisau di bagian rahangnya. Dengan bentuk tubuhnya itu, hewan ini berani menyerang jenis dinosaurus lain yang ukurannya 10 kali lebih besar.

Hewan ini biasanya berburu mangsa yang sudah tua, sakit, atau lebih mudah. Setelah makan, hewan ini akan menyisakan makan untuk dinosaurus kecil. Allosaurus hidup di Amerika Utara pada 154-144 juta tahun lalu atau pada periose Jurassic.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...