Nama Nama Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi

Dinosaurus merupakan hewan purba yang hidup sekitar 230 juta tahun lalu. Ada nama nama dinosaurus yang pernah hidup di bumi baik di darat maupun laut.
Image title
21 Januari 2022, 13:02
Nama Nama Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi
pixabay.com
Gambar Dinosaurus

Dinosaurus adalah hewan purba yang muncul pertama kali sekitar tahun 230 juta tahun lalu. Dinosaurus diartikan juga sebagai kadal yang mengerikan. Walaupun sebenarnya dinosaurus bukan jenis kadal. Ada beberapa nama nama dinosaurus yang diduga pernah mendiami bumi.

Dinosaurus diketahui hidup pada masa mesozoikum yang berlangsung antara 250 sampai 65 juta tahun lalu. Masa tersebut terbagi menjadi tiga periode yaitu perode triasik (250-206 juta tahun lalu), jura (205-144 juta tahun lalu), dan kretaseus/kapur (144-65 juta tahun lalu). Hewan purba ini diketahui pertama kali muncul akhir triasik dan berkembang saat masa jura awal.

Nama-nama Dinosaurus

Terdapat beberapa jenis dinosaurus yang pernah mendiami bumi. Berikut nama-nama dinosaurus beserta ciri-cirinya.

1. Albertosaurus

Nama nama dinosaurus yang pertama yaitu Albertosaurus. Menurut penjelasan di buku “100 Dinosaurus Menakjubkan”, fosil hewan ini ditemukan di Provinsi Alberta, Kanada. Panjang tubuhnya delapan meter dengan berat mencapai 2,6 ton.

Advertisement

Selain itu, Albertosaurus memiliki ciri khas lain yaitu tenggorokan besar, dalam, dan lebar. Hewan purba ini berjalan menggunakan dua kaki belakang. Sementara itu, dua kaki depan sangat pendek dan kecil namun digunakan untuk membantu membangkitkan tubuhnya.

Ekor dari hewan ini berguna untuk enjaga keseimbangan. Albertosaurus diduga hidup pada masa akhir Cretaceous (70 juta tahun lalu) di Amerika Utara.

2. Alioramus

Alioramus merupakan dinosaurus yang memangsa dinosaurus lain. Panjang tubuh hewan purba ini sekitar 6 meter dengan berat mencapai 700 kg. Keunikan dari hewan ini yaitu memiliki tengkorak sempit dan panjang.

Hewan ini juga mempunyai tonjolan tulang atau duri di bagian moncong yang berguna untuk mencari pasangan. Hewan buas ini hidup di periode Cretaceous (70-65 juta tahun lalu). Fosil Alioramus ditemukan di Mongolia.

3. Allosaurus

Macam macam dinosaurus lainya yaitu Allosaurus. Bobot tubuh ini memiliki berat sekitar lima ton atau setara dengan satu ekor gajah. Allosaurus merupakan dinosaurus pemakan daging terbesar dan menakutkan.

Hewan ini memiliki kepala besar serta leher dan rahang kuat. Cakar di jari tangan hewan ini besar dan memiliki 70 gigi yang tajamnya seperti pisau di bagian rahangnya. Dengan bentuk tubuhnya itu, hewan ini berani menyerang jenis dinosaurus lain yang ukurannya 10 kali lebih besar.

Hewan ini biasanya berburu mangsa yang sudah tua, sakit, atau lebih mudah. Setelah makan, hewan ini akan menyisakan makan untuk dinosaurus kecil. Allosaurus hidup di Amerika Utara pada 154-144 juta tahun lalu atau pada periose Jurassic.

4. Anchisaurus

Anchisaurus merupakan dinosaurus pemakan segala generasi pertama yang hidup pada 200-188 juta tahun lalu atau saat zaman Jurassic. Dinosaurus ini memiliki tubuh langsing, ringan, dan kepala kecil. Panjang tubuhnya sekitar 2,1 meter dengan berat 85 kg.

Hewan ini berjalan menggunakan dua atau empat kaki. Hewan purba ini memiliki kebiasaan menggali tumbuhan yang bisa menjadi makannya menggunakan cakar jempol kaki depan yang besar. Fosil Anchisaurus ini ditemukan di wilayah Amerika Utara dan bagian selatan Afrika.

Nama-nama Dinosaurus Laut

Selain di darat, dinosaurus juga ada yang hidup di laut. Adapun nama nama dinosaurus laut sebagai berikut:

1. Liopleurodon

Liopleurodon merupakan dinosaurus laut terbesar sepanjang masa. Menurut penjelasan di buku “Serba Ter dari Dunia Dinosaurus”, hewan purba ini mempunyai gigi sepanjang 30 cm dan tengkorak dengan panjang 5 meter. Sementara itu tubuhnya bisa mencapai 25 meter. Makanan Liopleurodon yaitu paus atau hewan yang memiliki daging banyak lainnya.

2. Shastasaurus

Nama dinosaurus lainnya yang hidup di laut yaitu Shastasaurus. Hewan ini memiliki tubuh yang bisa tumbuh hingga 21 meter dengan berat mencapai 75 ribu kg. Shastasaurus diduga memiliki ukuran tubuh lebih besar dari paus biru dewasa yang merupakan hewan terbesar saat ini.

Hewan ini hidup di masa Triassic pada 210 juta tahun lalun. Meskipun besar, namun dinosaurus ini bukan karnivoria yang ganas. Hewan ini lebih hanya akan memangsa ikan dan makhluk laut kecil lainnya.

3. Mosasaurus

Mosasaurus merupakan replit laiu tang terkenal karena penah muncul di film Jurrasic World. Hewan ini memiliki ukuran mencapai 17 meter. Hewan ini memiliki bentuk seperti ikan paus namun mulutnya seperti buaya.

Jenis dinosaurus laut merupakan pemakan segala mulai dari ikan kecil sampai besar. Hal tersebut membuat populasi hewan ini bisa bertahan hidup dengan baik. Bahkan ada juga spesies dinosaurus ini yang hidup di Antarktika dan air tawar.

4. Plesiosaurus

Hewan purba laut ini memiliki badan dan leher yang panjang, namun kepalanya sangat kecil. Dinosaurus ini merupakan kelompok reptil yang pandai berenang. Hewan ini diketahui hidup sekitar 215 juta tahun lalu sebelum akhirnya berevolusi menjadi jenis lain yang lehernya lebih pendek.

Itulah beberapa nama nama dinosaurus yang hidup di darat atau laut. Hewan-hewan tersebut pernah hidup di bumi sebelum akhirnya mengalami kepunahan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait