Wisata Geopark Ciletuh yang Cocok untuk Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Siti Nur Aeni
28 Januari 2022, 12:33
Geopark Ciletuh
innagroup.co.id
Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh adalah salah satu UNESCO Global Geopark yang letaknya ada di Sukabumi, Jawa Barat. Berdasarkan keterangan di laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, keindahan georpark ini ada di delapan Desa Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

Objek Wisata di Geopark Ciletuh

Geopark ini memiliki luas kurang lebih 128.000 hektare dengan bentuk mirip tapal kuda berdiameter 15 km yang menghadap ke arah Teluk Ciletuh. Dengan area yang sangat luas membuat tempat ini menyediakan beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Melansir dari laman innagroup.co.id, berikut tempat wisata utama di Geopark Ciletuh Sukabumi.

1. Vihara Dewi Kwan Im

Vihara Dewi Kwan Im - Geopark Ciletuh
Vihara Dewi Kwan Im - Geopark Ciletuh (innagroup.co.id)

Tempat wisata Geopark Ciletuh yang pertama yaitu Vihara Dewi Kwan Im atau Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa yang ada di Desa Kertajaya, Simpenan, Sukabumi. Vihara ini terletak sekitar delapan kilometer dari Pelabuhan Ratu.

Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa ada di lereng bukit. Sehingga untuk sampai ke area berdoa yang ada di atas bukit pengunjung harus melalui 300 anak tangga. Saat sampai di anak tangga pertama, pengunjung akan disambut patung 14 kepala naga.

Vihara Dewi Kwan Im ini dibangun pada 8 Agustus 200. Di area vihara ini juga terdapat petirahan yang merupakan tempat untuk Prabu Siliwangi dan Ratu Pantai Selatan.

2. Puncak Darma

Puncak Darma - Geopark Ciletuh
Puncak Darma - Geopark Ciletuh (innagroup.co.id)

Puncak Darma adalah area pandang yang mengarah ke pantai dan gunung terutama arah Pantai Palampang di Teluk Ciletuh. Dahulunya, tempat ini bernama Pasir Muncang atau Puncak Kemiri. Namun sejak 2004, tempat ini dikenal dengan nama Puncak Darma yang mengacu pada nama sebuah perusahaan yang memperbaiki jalan di tempat tersebut.

Objek wisata Geopark Ciletuh ini ada di sekitar 340 meter di atas permukaan laut. Dari tempat ini, pengujung bisa melihat lembah dan dinging amphitheater Ciletuh, Pulau Mandra, Pulai Kunti, Pantai Cikadal, muara Sungai Ciletuh, dan muara Sungai Cimarinjung.

Tempat wisata ini cocok untuk berfoto karena memiliki latar belakang matahari terbit maupun terbenam. Puncak Darma juga cocok untuk bersantai sembari menikmati pemandangan di geopark tersebut.

Di tempat ini juga ada beberapa fasilitas pendukung seperti warung, toilet umum, papan informasi, dan spot foto instagramble. Letak Puncak Darma sekitar 30 menit dari Vihara Dewi Kwan Im.

3. Curung Awang

Curug Awang - Geopark Ciletuh
Curug Awang - Geopark Ciletuh (innagroup.co.id)

Curug Awang ada di aliran Sungai Ciletuh, Desa Tamanjaya. Jarak Curug Awang dari jalan raya sekitar dua kilometer dengan jalan berbatu dan pohon sawit serta kebun warga di kanan-kirinya. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan terlebih dahulu sekitar lima menit.

Curug Awang memiliki air terjun yang paling lebar dan besar dibandingkan Curug Geopark Ciletuh lainnya. Posisi air terjun ada di bagian bawah, sehingga untuk sampai ke lokasi tersebut Anda harus melewati pematang sawah yang ada disekitarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...