13 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi dan Malam Hari

Siti Nur Aeni
11 Februari 2022, 09:23
13 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi dan Malam Hari
pixabay.com
Ilustrasi air putih hangat yang bermanfaat untuk tubuh

Manfaat minum air hangat di pagi dan malam hari ternyata baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Sebab menurut keterangan para ahli, tubuh manusia dibentuk oleh 80% cairan (air). Organ tubuh manusia juga memerlukan air untuk bisa bekerja dengan baik.

Walaupun demikian, kebutuhan air putih setiap orang ternyata berbeda. Kebutuhan tersebut disesuaikan dengan usia. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan R1 nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi atau AKG, berikut rincian kebutuhan air putih berdasarkan usia.

  • Anak-anak, usia 7-9 tahun: 1900 ml per hari.
  • Remaja, usia 16-18 tahun: 2200 ml per hari.
  • Dewasa, usia 30-49 tahun: 2600 ml per hari.

Air putih yang dikonsumsi bisa berupa air dingin atau air hangat. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas prihal manfaat minum air hangat. Untuk mendapatkan informasi secara lengkap, simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Minum air hangat di pagi hari ternyata memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaatnya? Mengutip dari sehatq.com, berikut penjelasannya.

1. Membersihkan saluran pencernaan

Minum air putih seusai bangun tidur ternyata bisa membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun penyebab penyakit. Secara alamiah, sebenarnya tubuh akan mengeluarkan racun saat malam hari. Namun dengan bantuan air putih yang diminum saat pagi hari, sisa racun yang tertinggal bisa dikeluarkan. Sehingga tubuh menjadi benar-benar bersih.

2. Mengatasi sembelit

Dehidrasi bisa menyebabkan sembelit atau konstipasi. Dengan minum air hangat saat pagi hari, maka kondiri tersebut bisa diatasi. Sebab air hangat dapat membantu konsentrasi tinja lebih lunak dan membantu pergerakan usus, sehingga kotoran mudah dikeluarkan. Maka dari itu, konsumsi air hangat dengan rutin membuat buang air besar menjadi lebih lancar.

3. Mengatasi nyeri

Air hangat juga dipercaya dapat meredakan nyeri saat haid atau sakit kepala diketahui bisa diredakan dengan rutin minum air hangat. Tak hanya itu, air hangat juga diketahui bisa meredakan kram otot. Sebab air hangat bisa membuat otot lebih rileks dan rasa sakit akibat kram dapat bekurang.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat minum air hangat selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan minum air hangat secara rutin, maka pencernaan akan lebih lancar. Dengan demikian, penyerapan nutisi juga terjaga dengan baik.

Hal tersebut membuat seseorang yang terbiasa minum air hangat di pagi hari tidak akan mudah lapar. Kondisi tersebut dapat membantu mencegah makan terlalu banyak. Sehingga berat badan lebih terjaga.

5. Mencegah penuaan dini

Air hangat juga diketahui bisa mencegah penuaan dini. Dengan rutin minum air hangat di pagi hari, maka elastisitas sel kulit dapat terjaga. Hal ini membuat kulit terlihat lebih muda.

6. Memelihara kesehatan kulit dan rambut

Manfaat air hangat untuk wajah selainjutnya yaitu membantu melembapkan kulit. Tak hanya itu, air hangat juga diketahui bisa membuat sel rambut lebih kuat. Sehingga, minum air hangat dengan rutin, akan membuat kulit dan rambut lebih sehat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...