Memahami Gejala Kolestrol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Siti Nur Aeni
1 April 2022, 16:16
Memahami Gejala Kolestrol dan Cara Mengatasinya
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi seseorang sedang tes kolestrol

Kolestrol adalah lemak yang diproduksi oleh organ hati. Lemak yang satu ini juga bisa ditemukan di makanan yang berasal dari hewan seperti daging dan susu. Dalam kadar yang sesuai, kelosterol diperlukan tubuh untuk membangun sel baru, sehingga tubuh tetap bekerja dengan normal.

Tak hanya itu, kolestrol juga dibutuhkan dalam proses pencernaan, produksi hormon, hingga pembentukan vitamin D. Namun sayangnya, untuk beberapa kondisi terkadang seseorang memiliki kadar kolestrol yang tidak normal.

Jika jumlah kolestrol dalam tubuh tinggi, maka bisa mengganggu kesehatan tubuh. Lantas, bagaimana ciri kolestrol tinggi? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Gejala Kolestrol Tinggi

Pada dasarnya kolestrol tinggi sebenarnya tidak menimbulkan gejala khusus. Pasalnya untuk mengetahui kadar kolestrol dalam tubuh, kita perlu melakukan tes. Namun, Anda mungkin akan menyadari jika terjadi komplikasi kolestrol.

Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut ini beberapa gejala komplikasi kolestrol yang biasa dialami penderitanya.

1. Mudah merasa lelah

Saat kolestrol dalam tubuh tinggi, biasanya tubuh akan merasa cepat lelah. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup. Rasa lelah juga bisa terjadi karena organ tubuh selalu dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras. Sedangkan jantung dan pembuluh darah sedang mengalami masalah.

2. Otot Kaki Melemah

Penderita hipertensi yang mengalami kolestrol tinggi juga bisa merasakan otot kaki yang lemah. Kondisi ini juga bisa dialami seseorang dengan kolestrol tinggi walaupun tidak memiliki riwayat penyakit hipertensi.

Otot yang melemah bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Penyumbatan ini dapat terjadi karena arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, sehingga otot kaki menjadi sangat lemah.

3. Nyeri dada

Ciri ciri kolestrol tinggi lainnya yaitu muncul rasa nyeri di dada atau yang dikenal dengan nama angina. kolestrol yang tinggi bisa membuat zat lemak menumpuk di pembuluh darah arteri. Penumpukan tersebutlah yang menyebabkan dada terasa nyeri. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini berpotensi meningkatkan risiko serangan jantung.

4.  Kaki dan tangan sering kesemutan

Saat kolestrol dalam tubuh tinggi, kita juga biasanya merasa kesemutan di tangan dan kaki. Hal ini dikarenakan jumlah kolestrol yang berlebih membuat pembuluh darah yang menyuplai darah ke kaki menyempit. Akibatnya, pasokan darah ke jaringan tubuh tersebut berkurang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...