Kumpulan Obat Kolesterol dari Kimia sampai yang Alami

Kolesterol menjadi salah satu penyebab kematian yang mengarah pada penyakit jantung. Berikut kumpulan obat kolesterol dari kimia sampai yang alami.
Image title
19 November 2021, 17:22
Ilustrasi dokter memberi resep obat kolesterol.
Pexels.com/Cottonbro
Ilustrasi dokter memberi resep obat kolesterol.

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kolesterol dapat memicu penyumbatan di pembuluh darah perifer yang mengurangi pasokan darah ke area jantung.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global, sepertiga penyakit jantung disebabkan kolesterol tinggi, yang mana mengakibatkan 2,6 juta kematian.

Sementara itu, Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkirakan tingkat kematian yang disebabkan penyakit jantung, khususnya koroner dan stroke, akan terus meningkat mencapai 23,3 juta kematian pada 2030.

Untuk menekan jumlah kematian akibat penyakit jantung, berbagai upaya terus dikembangkan, termasuk upaya untuk menekan kolestrol. Berbagai cara bisa dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Obat Kolesterol di Apotek

Obat penurun kolesterol termasuk dalam kategori obat hipolipidemik, yaitu jenis obat untuk mengurangi tingkat lipid dan lipoprotein (kompleks lipid-protein) dalam darah. Penggunaan obat penurun kolesterol di apotek harus menggunakan resep dokter.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ada beberapa obat penurun kadar kolesterol yaitu:

Statin

Statin dikenal sebagai inhibitor reduktase HMG-CoA (HMG CoA reductase inhibitor), adalah kelas obat penurun lipid yang mengurangi penyakit dan kematian pada orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

Statin adalah obat penurun kolesterol paling umum. Statin mampu menghambat secara kompetitif koenzim 3-hidroksi-3-metilglutaril (HMG CoA) reduktase, yakni enzim yang berperan pada sintesis kolesterol, terutama dalam hati. Obat-obat ini lebih efektif dibandingkan obat-obat hipolipidemia lainnya dalam menurunkan kolesterol-LDL, tetapi kurang efektif dibanding fibrat dalam menurunkan trigliserida.

Fibrat

Fibrat adalah jenis obat untuk menurunkan kadar trigliserida darah dengan mengurangi produksi hati dari VLDL atau very-low-density lipoprotein, yaitu partikel pembawa trigliserida yang bersirkulasi dalam darah) dan dengan mempercepat pembuangan trigliserida dari darah.

Meskipun fibrat dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner pada pasien dengan kolesterol HDL rendah atau yang kadar trigliseridanya tinggi, statin tetap harus menjadi obat pilihan pertama.

Penggunaan Fibrat dapat menyebabkan sindrom menyerupai myositis, yaitu peradangan pada otot penggerak tubuh. Kondisi tersebut bisa terjadi jika fungsi ginjal pasien terganggu.

Niasin

Niasin juga dikenal sebagai asam nikotinat atau senyawa organik dan bentuk vitamin B3, yang merupakan nutrisi penting bagi manusia. Niasin digunakan sebagai  obat penurun kolesterol dan dapat diproduksi oleh tumbuhan dan hewan dari asam amino triptofan.

Niasin disarankan untuk digunakan bersama dengan statin, apabila statin tunggal tidak cukup untuk mengendalikan dislipidemia.

Disiplidemia merupakan kondisi kolesterol atau lemak (lipid) dalam darah yang meningkat secara tidak normal. Hal ini meningkatkan kemungkinan penyumbatan arteri (aterosklerosis) dan serangan jantung, stroke atau masalah peredaran darah lainnya, terutama pada perokok. Pada orang dewasa, ini sering dikaitkan dengan obesitas, diet tidak sehat, dan kurang olahraga.

Ezetimib

Ezetimib (cholesterol absorption inhibitors) adalah kelas senyawa yang mencegah penyerapan kolesterol dari usus kecil ke dalam sistem peredaran darah. Ezetimib dapat menghambat absorpsi kolesterol pada saluran pencernaan.

Obat penurun kolesterol ini digunakan sebagai tambahan untuk manipulasi diet pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer. Penggunaan obat dapat dikombinasikan dengan statin atau secara tunggal (jika statin tidak mencukupi).

Obat Kolesterol Alami

Alpukat

Dalam sebuah studi makan terkontrol secara acak yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, para peneliti dari Pennsylvania State University mengungkapkan, makan satu alpukat sehari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Setelah lima minggu menjalani diet alpukat, partisipan memiliki kadar kolesterol LDL yang jauh lebih rendah. Peserta juga memiliki tingkat lutein dan antioksidan yang lebih tinggi setelah diet alpukat.

Alpukat sangat kaya akan lemak sehat dan karotenoid yang penting untuk kesehatan mata serta nutrisi lainnya.

Stroberi

Mengonsumsi stroberi sebagai obat kolesterol alami setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol total antara 4 sampai 10%. Selain itu, menurut penelitian dalam jurnal Metabolism Volume 57 Isu 12, kolesterol LDL turun sebesar 13%.

Penelitian lain dari Università Politecnica delle Marche, Italia dan Universitas Salamanca, Granada dan Seville, Spanyol, melakukan eksperimen terhadap 23 sukarelawan dengan menambahkan 500 g stroberi ke dalam makanan harian. Hasilnya diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menunjukkan, kadar kolesterol jahat turun menjadi 13,72% dan jumlah trigliserida turun 20,8%.

Beras Merah

Menurut Harvard School of Public Health, serat dalam beras merah membantu menurunkan kolesterol. Beras merah juga dapat mengeluarkan limbah melalui saluran pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat membantu mencegah pembentukan gumpalan darah.

Mengonsumsi nasi merah setiap hari dapat menjadi pilihan yang lebih baik daripada makan nasi putih. Keunggulan nutrisinya menjadikannya pilihan yang jauh lebih sehat dan bermanfaat,.

Oats

Menurut studi dalam British Journal of Nutrition, makan oats sebagai obat kolesterol alami terbukti menurunkan kolesterol. Oats mengandung serat larut yang mengurangi kolesterol jahat dan penyerapan ke dalam aliran darah. Makan satu setengah cangkir oatmeal sehari dapat menurunkan kolesterol sebesar 5 hingga 8%.

Pisang

Buah pisang memang memiliki banyak nutrisi dan manfaat. Salah satu manfaat pisang yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol. Pisang memiliki kandungan inulin yang beperan aktif mengurangi kolesterol dari makanan yang masuk ke tubuh.

Bawang bombai

Umumnya, bawang bombai dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Namun, bawang besar tersebut juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Hal itu karena, bawang bombai memiliki flavonoid yang mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah.

Teh

Aroma yang wangi dengan rasa yang legit membuat banyak orang menyukai minuman satu ini. Selain menenangkan, teh juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, teh memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Bahkan teh hijau diketahui memiliki kemampuan menurunkan kolesterol jahat sekitar 2,19 mg/dL.

Jus buah beri

Kadar polifenol yang merupakan antioksidan merupakan alasan utama mengapa jus ini bisa menurunkan kolesterol. Untuk memaksimalkan manfaatnya, sebaiknya tidak menambahkan gula berlebih di dalam jus, serta menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait