5 Jenis Obat Penurun Kolesterol Tersedia di Apotek

Image title
6 September 2021, 14:00
Ilustrasi obat penurun kolesterol yang tersedia di apotek
Alexandr Podvalny/Pexels
Ilustrasi obat penurun kolesterol yang tersedia di apotek

Kolesterol yang tinggi dapat berakibat pada penyakit jantung, terutama jantung koroner. Dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global, sepertiga penyakit jantung disebabkan kolesterol tinggi, di mana peningkatan kolesterol diperkirakan menyebabkan 2,6 juta kematian.

Untuk menekan jumlah kematian akibat penyakit jantung, berbagai upaya terus dikembangkan, termasuk upaya untuk menekan kolestrol. Berbagai cara bisa dilakukan, salah satunya mengonsumsi obat penurun kolesterol.

Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkirakan tingkat kematian yang disebabkan penyakit jantung, khususnya koroner dan stroke akan terus meningkat mencapai 23,3 juta kematian pada 2030. 

Di samping itu, setiap 29 September selalu diperingati sebagai Hari Jantung Dunia. Tujuannya, untuk menyosialisasi tindakan yang dapat dilakukan individu dalam mencegah dan mengendalikan penyakit jantung (kardiovaskuler).

Parameter kimia klinis yang diperiksa pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 untuk penyakit jantung meliputi pemeriksaan kadar kolesterol total, high-density lipoprotein (HDL), low-density lipoprotein (LDL), dan trigliserida.

Persentase kolesterol tinggi pada 2016 menurut jenis kelamin didominasi oleh perempuan, yakni 54,3%. Sedangkan untuk penderita kolestrol tinggi pada laki-laki sebesar 48%, berdasarkan Buku Profil Penyakit Tidak Menular (PTM) Kementerian Kesehatan.

Hubungan Kolesterol dan Penyakit Jantung

Berdasarkan National Cholesterol Education Program (NCEP) Amerika Serikat, ketika kadar kolesterol dalam darah melebihi batas normal, kolesterol akan menumpuk di dinding arteri. Seiring waktu, penumpukan menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah menyempit dan aliran darah ke jantung melambat atau tersumbat.

Darah membawa oksigen ke jantung, jika oksigen tidak dapat mencapai jantung, Anda mungkin menderita nyeri dada. Jika suplai darah ke sebagian jantung benar-benar terputus oleh penyumbatan karena kadar kolesterol tinggi, akan menimbulkan serangan jantung.

Kolesterol tinggi sebenarnya tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya. Penting untuk mengetahui berapa kadar kolesterol Anda, karena menurunkan kadar kolesterol tinggi akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Menurunkan kolesterol penting untuk semua orang -orang dengan atau tanpa penyakit jantung.

Obat Penurun Kolesterol di Apotek

Obat penurun kolesterol termasuk dalam kategori obat hipolipidemik, yaitu jenis obat untuk mengurangi tingkat lipid dan lipoprotein (kompleks lipid-protein) dalam darah. Penggunaan obat penurun kolesterol di apotek harus menggunakan resep dokter.

Ada beberapa kategori obat penurun kolesterol menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yaitu:

1. Statin

Statin juga dikenal sebagai inhibitor reduktase HMG-CoA (HMG CoA reductase inhibitor), adalah kelas obat penurun lipid yang mengurangi penyakit dan kematian pada orang yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Statin adalah obat penurun kolesterol paling umum.

Statin mampu menghambat secara kompetitif koenzim 3-hidroksi-3-metilglutaril (HMG CoA) reduktase, yakni enzim yang berperan pada sintesis kolesterol, terutama dalam hati. Obat-obat ini lebih efektif dibandingkan obat-obat hipolipidemia lainnya dalam menurunkan kolesterol-LDL, tetapi kurang efektif dibanding fibrat dalam menurunkan trigliserida.

Statin dapat mengurangi serangan penyakit kardiovaskular dan angka kematian pada orang dewasa, berapapun kadar kolesterol awal. Statin harus dipertimbangkan untuk semua pasien, termasuk orangtua dengan gejala penyakit kardiovaskular .

Beberapa  obat penurun kolesterol jenis statin adalah lovastatin, pravastatin, simvastatin, fluvastatin, rosuvatatin, dan atorvastatin.

2. Fibrat

Fibrat adalah jenis obat untuk menurunkan kadar trigliserida darah dengan mengurangi produksi hati dari VLDL atau very-low-density lipoprotein, yaitu partikel pembawa trigliserida yang bersirkulasi dalam darah) dan dengan mempercepat pembuangan trigliserida dari darah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...