8 Manfaat Jagung Rebus, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker Usus

Siti Nur Aeni
27 Mei 2022, 21:34
8 Manfaat Jagung Rebus, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker Usus
pexels.com
Jagung rebus yang kaya akan nutrisi dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan tubuh

Jagung merupakan salah satu makanan sehat yang banyak disukai. Jagung bisa diolah dengan beragam cara, salah satunya direbus. Tekstur jagung menjadi lebih lembut dengan rasa yang manis saat direbus. Selain enak, jagung rebus juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat jagung rebus? Ini penjelasan lengkapnya.

Kandungan Nutrisi Jagung Rebus

Jagung yang diolah dengan cara direbus nilai gizinya tidak akan hilang. Menurut penjelasan di sehatq.com, jagung rebus mengandung nutrisi seperti air, protein, karbohidrat, gula, serat dan lemak.

Walaupun mengandung karbohidrat, namun jagung cukup aman untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Pasalnya, makanan ini diketahui rendah kalori. Dalam 100 gram jagung rebus diketahui hanya mengandung 96 kalori.

Jagung juga rendah gula yaitu hanya sekitar 1-3% saja dari berat keringnya. Namun, kadar gula ini bisa berbeda tergantung varietasnya. Jagung manis diketahui mengandung gula lebih tinggi hingga 18% dari bobot keringnya.

Sementara itu, kandungan serat dari makanan ini juga cukup tinggi yakni sekitar 9-15% dari bobot keringnya. Serat yang ada dalam jagung juga cukup variatif mulai dari hemiselulosa, selolusa, dan lignin.

Kandungan vitamin dan mineral dalam makanan ini juga cukup lengkap. Jagung diketahui mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B6, niasin, zat besi, magnesium, fosfor, zinc, tembaga, asam pantotenat, dan lain-lain.

Manfaat Jagung Rebus Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi yang ada dalam jagung rebus membuat makanan ini baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Seperti yang diterangkan dalam sehatq.com, berikut beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh.

1. Meminimalisir Risiko Diabetes Tipe 2

Jagung merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes. Manfaat ini ini akan diperoleh jika Anda mengonsumsi jagung ungu. Jenis jagung ini diketahui kaya polifenol. Jenis polifenol yang ada dalam jagung ungu yaitu antosianin. Senyawa ini terbukti mampu meningkatkan regulasi insulin dan glukosa sehingga bisa mencegah diabetes tipe 2.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Jagung rebus juga diketahui bermanfaat untuk memeliahra kesehatan jantung. Makanan ini diketahui mengandung serat tinggi dan bisa mengurangi kolesterol. Tak hanya itu, jagung juga menggunakan kalium yang dapat menjaga tekanan darah. Sementara itu, kandungan magenisum dalam jagung bisa mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung iskemik.

3. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan ideal merupakan idaman semua orang. Salah satu cara untuk menjaga berat badan yaitu dengan mengatur asupan makanan. Jagung diketahui menjadi salah satu pilihan makanan diet yang menyehatkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...