Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya bagi Tubuh

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral.
Image title
5 Agustus 2021, 15:50
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna
pixabay.com
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna sudah menjadi kampanye kesehatan sejak dahulu. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan nutrisi dan mewujudkan masyarakat yang kuat dan sehat. Makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi penuh ini harus dikonsumsi siapa saja tidak, mengenal usia.

Makanan sehat sebenarnya mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan makanan yang ada di sekitar kita juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan sehat selalu diidentikkan dengan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Namun, sebenarnya apa itu makanan 4 sehat dan 5 sempurna? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan. Awalnya makanan 4 sehat dan 5 sempurna ini merupakan kampanye yang digalakkan pemerintah, namun saat ini sudah menjadi gaya hidup sebagian orang.

Advertisement

Kesadaran akan konsumsi makanan yang sehat harus juga didampingi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat cukup, olahraga rutin, dan gaya hidup bersih dan sehat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, tubuh akan selalu fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jenis-Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Makanan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Makanan pokok

Makanan pokok adalah makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Ada juga yang menyebutnya sebagai makanan utama. Makanan pokok biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Di Indonesia, umumnya sumber karbohidrat berasal dari nasi. Namun sebenarnya tidak harus seperti itu. Anda bisa mengkonsumsi kentang, sagu, gandum, ubi, singkong, atau jagung.

2. Lauk Pauk

Jenis makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya yaitu lauk pauk. Makanan ini merupakan makanan pendamping dari makanan pokok. Lauk pauk yang disarankan harus mengandung protein yang cukup, baik dari protein hewani ataupun nabati. Kandungan protein bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, pembentukan cadangan energi, dan membantu daya tumbuh kembang pada anak-anak.

Protein nabati bisa berasal dari tempe, tahu, kedelai, atau kacang-kacangan. Sedangkan protein bisa berasal dari daging merah, ayam, ikan, telor dan olahan turunannya. Kebutuhan protein setiap orang berbeda. Maka dari itu Anda harus mengetahui kebutuhan protein harian untuk diri anda sendiri.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap mulai vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan vitamin yang lengkap juga bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Selain itu, sayur memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sayuran bisa dikonsumsi dengan cara dimasak atau dimakan dalam keadaan segar sebagai salad maupun lalap. Namun pastikan sayuran yang hendak dikonsumsi telah dicuci bersih.

4. Buah

Buah-buahan juga menjadi bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna. Buah-buahan memiliki kandungan serat dan vitamin yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya, jeruk memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi untuk menjaga imunitas tubuh.  Sementara buah naga yang memilki kandungan zat besi baik untuk mencegah anemia.

Buah lainnya seperti pisang dan pepaya yang mudah dijumpai memiliki banyak kebaikan untuk tubuh. Anda bisa konsumsi buah secara langsung atau diolah menjadi jus, sop buah, atau olahan lainnya.

5. Susu

Susu menjadi pelengkap dalam makanan 4 sehat 5 sempurna yang merupakan tambahan nutrisi. Susu memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Kandungan susu lainnya yaitu kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Untuk anak-anak, susu juga bermanfaat membantu perkembangan dan pertumbuhan.

Manfaat dari Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari berbagai makanan yang memiliki kandungan baik untuk tubuh ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut ini manfaat dari makanan empat sehat dan lima sempurna.

1. Menjaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Konsumsi makanan yang sehat bisa menjadi salah satu upaya agar bisa mendapatkan berat badan yang ideal. Makanan 4 sehat 5 sempurna yang memiliki kandungan serat yang tinggi bisa membantu melancarkan pencernaan sehingga berat badan tetap terjaga. Selain itu, kandungan gizinya yang lengkap bisa membantu tubuh tetap sehat dan proposional.

2. Membantu Pertumbuhan

Pada anak-anak, makan yang sehat sangat dibutuhkan untuk proses perkembangan dan pertumbuhan. Makanan dengan gizi yang seimbang bisa membantu tubuh dalam membentuk tulang dan gigi. Nutrisi lainnya seperti vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak akan membantu anak tetap aktif.

3. Membantu Pertumbuhan Otak

Makanan yang sehat dan bergizi lengkap juga bisa membantu pertumbuhan otak, terutama pada anak-anak. Ada beberapa jenis sayuran yang baik untuk perkembangan ini. Selain itu, protein yang terkandung pada ikan juga dipercaya membantu pertumbuhan otak. Maka dari itu, makanan 4 sehat 5 sempurna baik untuk diberikan kepada anak-anak.

4. Mencegah Gizi Buruk

Salah satu masalah kesehatan yang cukup berisiko yaitu kekurangan gizi. Hal ini bisa diminimalisasi dengan konsumsi makanan yang bergizi seimbang dan nutrisi yang cukup.

Demikian penjelasan mengenai makanan sehat dan lima sempurna. Untuk mendapatkan manfaat dari makanan tersebut, Anda juga harus mengimbangi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti pola istirahat yang terjaga serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

 

 

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait