Mengenal Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Manfaatnya bagi Tubuh

Siti Nur Aeni
5 Agustus 2021, 15:50
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna
pixabay.com
Ilustrasi makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna sudah menjadi kampanye kesehatan sejak dahulu. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan nutrisi dan mewujudkan masyarakat yang kuat dan sehat. Makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi penuh ini harus dikonsumsi siapa saja tidak, mengenal usia.

Makanan sehat sebenarnya mudah untuk didapatkan. Bahan-bahan makanan yang ada di sekitar kita juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan sehat selalu diidentikkan dengan makanan 4 sehat 5 sempurna.

Namun, sebenarnya apa itu makanan 4 sehat dan 5 sempurna? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah makanan yang memiliki kandungan gizi lengkap mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral. Makanan 4 sehat terdiri atas makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah. Sedangkan 5 sempurna merupakan susu yang merupakan nutrisi tambahan. Awalnya makanan 4 sehat dan 5 sempurna ini merupakan kampanye yang digalakkan pemerintah, namun saat ini sudah menjadi gaya hidup sebagian orang.

Kesadaran akan konsumsi makanan yang sehat harus juga didampingi dengan gaya hidup sehat lainnya seperti istirahat cukup, olahraga rutin, dan gaya hidup bersih dan sehat. Dengan melakukan hal-hal tersebut, tubuh akan selalu fit dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jenis-Jenis Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu. Makanan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Makanan pokok

Makanan pokok adalah makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Ada juga yang menyebutnya sebagai makanan utama. Makanan pokok biasanya memiliki kandungan karbohidrat yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. Di Indonesia, umumnya sumber karbohidrat berasal dari nasi. Namun sebenarnya tidak harus seperti itu. Anda bisa mengkonsumsi kentang, sagu, gandum, ubi, singkong, atau jagung.

2. Lauk Pauk

Jenis makanan 4 sehat 5 sempurna lainnya yaitu lauk pauk. Makanan ini merupakan makanan pendamping dari makanan pokok. Lauk pauk yang disarankan harus mengandung protein yang cukup, baik dari protein hewani ataupun nabati. Kandungan protein bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, pembentukan cadangan energi, dan membantu daya tumbuh kembang pada anak-anak.

Protein nabati bisa berasal dari tempe, tahu, kedelai, atau kacang-kacangan. Sedangkan protein bisa berasal dari daging merah, ayam, ikan, telor dan olahan turunannya. Kebutuhan protein setiap orang berbeda. Maka dari itu Anda harus mengetahui kebutuhan protein harian untuk diri anda sendiri.

3. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran ini memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap mulai vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Kandungan vitamin yang lengkap juga bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...