Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berbuah sejumlah usulan. Revisi Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 menjadi salah satu usulan yang dinilai bisa menjadi upaya dalam membangkitkan industri nasional.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan beberapa yang menjadi masalah dan harus direvisi dalam UU Ketenagakerjaan adalah kepastian akan adanya upah minimum hingga jaminan sosial. "Karena sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini," kata Hariyadi usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (14/6).

Kepada katadata.co.id, Hariyadi menjelaskan soal upah minimum yang sedianya menjadi jaring pengamanan, malah dijadikan upah rata-rata sebagai ajang popularitas, terutama bagi kepala daerah. Padahal, awalnya upah minimum digunakan sebagai acuan tarif bagi pekerja lajang yang baru mulai bekerja.

Ketentuan mengenai pengupahan sebenarnya sudah terangkum dalam 11 Pasal yakni Pasal 88 hingga 98. Penetapan upah juga diatur di 4 Pasal yakni Pasal 88, 89, 97 dan 98.  Dalam Pasal 89, upah minimum ditetapkan oleh Gubernur dengan rekomendasi Dewan Pengupahan Provinsi dan/atau Bupati/Walikota. "Enaknya mereka yang menetapkan, yang bayar pengusaha. Jadi pemahamannya sudah melenceng dari upah minimum," kata Hariyadi kepada katadata.co.id, Jumat (14/6).  

(Baca: Pengusaha Ajukan ke Jokowi 4 Kebijakan untuk Pacu Industri Padat Karya)

Hariyadi juga menyinggung adanya jaminan sosial dengan manfaat pasti kepada pekerja. Hal ini membebani negara secara fiskal karena kebutuhan jaminan seperti kesehatan yang bermacam-macam jenisnya. Oleh sebab itu, dalam revisi nanti Hariyadi menginginkan iuran yang pasti dibayar agar pekerja juga mengetahui apa yang didapatkan usai pensiun.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani juga menginginkan keringanan proses pemberian uang pesangon dimasukkan dalam revisi UU 13/2003. Ini banyak dikeluhkan oleh para investor, terutama yang berasal dari luar negeri.

Dalam Pasal 156 UU 13, aturan main pemberian pesangon telah diatur dengan variasi masa kerja. Pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada masa kerja kurang dari 1 tahun wajib mendapat pesangon setara upah sebulan. Angkanya bervariasi hingga masa kerja delapan tahun atau lebih wajib mendapat sembilan bulan upah. "Ini salah satu yang memberatkan, dikeluhkan investor luar (negeri)," kata Rosan.

(Baca: Di Depan Ratusan Buruh, Jokowi Janji Revisi Aturan Tentang Upah)

Hariyadi mengatakan, Jokowi menyatakan siap membahas revisi UU 13, paling tidak dalam setengah tahun ke depan. Alasannya, perbaikan akan payung hukum utama ketenagakerjaan tersebut sudah menjadi agenda yang mendesak bagi pemerintah. "Beliau menyampaikan upaya dalam enam bulan ini akan dikaji," ujar Hariyadi.

Anak buah Jokowi pun seperti memberi kepastian. Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri bersedia membahas wacana pengusaha untuk revisi UU ini dengan seluruh pemangku kepentingan. Revisi diperlukan untuk meningkatkan investasi hingga iklim tenaga kerja RI lebih positif lagi. "Hingga investasi bisa mendorong terciptanya lapangan kerja yang lebih baik," kata dia. 

Meski pemerintah memberi sinyal setuju, keinginan pengusaha mendapat tanggapan negatif dari buruh. Presiden Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia yang juga Wakil Ketua Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional Mirah Sumirat menantang agar revisi UU 13 dilakukan menyeluruh dan bukan hanya pasal yang memberatkan pengusaha. Revisi dilakukan secara menyeluruh, yang adil bagi semua kepentingan.

Terkait penetapan upah, Mirah mengatakan kepala daerah hanya memberi tanda tangan persetujuan saja. Sedangkan besarannya dibahas bersama di dewan pengupahan. Dewan tersebut terdiri dari tiga pihak, yakni perwakilan pengusaha, pemerintah, serta buruh. Pegangan utamanya adalah 60 item Kebutuhan Hidup Layak (KHL) yang diajukan tiga pihak.

Menurutnya, pengusaha sebenarnya berkeberatan apabila harus membayar pesangon. Ini lantaran banyaknya beban yang harus dibayar seperti iuran hingga pajak. Ketimbang membahas pesangon, Mirah menganjurkan pengusaha meminta keringanan atau insentif pajak kepada pemerintah. "Saya kan Wakil Ketua LKS Tripartit Nasional, tahu lah (keluhannya) mereka, sepertinya kebanyakan bayar," ujarnya kepada katadata.co.id.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement