Atasi Wabah PMK, Kementan Akan Impor Vaksin untuk Hewan Ternak

Andi M. Arief
12 Mei 2022, 11:27
Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) memeriksa kesehatan sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di salah satu peternakan sapi di Desa Sembung, Gresik, Jawa Timur, Selasa (10/5/2022). Dinas Pertanian Kabupaten Gresik melakukan pembatasan a
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Ds/rwa.
Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) memeriksa kesehatan sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di salah satu peternakan sapi di Desa Sembung, Gresik, Jawa Timur, Selasa (10/5/2022). Dinas Pertanian Kabupaten Gresik melakukan pembatasan area ternak dengan menutup sejumlah pasar hewan untuk memutus rantai penyebaran penyakit serta menyuntikan vitamin dan antibiotik bagi sapi-sapi yang terpapar PMK.

Kementerian Pertanian (Kementan) akan mengimpor sebagian vaksin untuk menangani wabah PMK (penyakit mulut dan kaki) pada hewan ternak. Namun demikian, mayoritas vaksin PMK akan berasal dari dalam negeri. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, vaksin impor akan digunakan untuk hewan ternak di daerah yang telah terjangkit wabah PMK. Sementara hewan ternak yang ada di sekitar wilayah terjangkit wabah PMK akan menggunakan vaksin buatan dalam negeri.

Syahrul mengatakan, Indonesia sebenarnya sudah berpengalaman untuk membuat vaksin PMK bagi hewan ternak. Namun, vaksin PMK dibutuhkan lebih cepat bagi daerah-daerah yang sudah terjangkit.  Impor vaksin PMK rencananya akan dilakukan dalam 14 hari ke depan.

"Impor vaksin sekarang ini mempertimbangkan masalah waktu kecepatan penyebaran virus," kata Syahrul dalam konferensi pers virtual, Rabu (11/5). 

Syahrul menjelaskan wabah PMK memiliki tingkat penularan tinggi karena dapat tersebar melalui udara (airborne). Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) telah menemukan serotipe dan strain virus PMK yang menjangkit hewan ternak di dalam negeri.

Secara umum, ada 14 serotipe wabah PMK di dunia. Berdasarkan penelitian, serotipe PMK yang menjangkit hewan ternak di Indonesia memiliki tipe O dengan strain Ind2001. Strain tersebut umum ditemukan di Asia Tenggara. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...