Ribuan Hektare Sawah di Bekasi dan Karawang Terendam Banjir

Tia Dwitiani Komalasari
3 Maret 2023, 11:43
Warga memancing di areal persawahan yang terendam banjir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/3/2023). Pemerintah Kabupaten Karawang menyatakan sekitar dua hingga tiga ribu hektare areal sawah dengan usia tanam padi sekitar 10 sampai 20 hari tanam
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/hp.
Warga memancing di areal persawahan yang terendam banjir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (2/3/2023). Pemerintah Kabupaten Karawang menyatakan sekitar dua hingga tiga ribu hektare areal sawah dengan usia tanam padi sekitar 10 sampai 20 hari tanam rusak dan terendam akibat banjir yang melanda sejak senin (27/2) lalu.

Ribuan sawah di daerah lumbung padi Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang terendam banjir. Kondisi itu bisa berdampak pada produksi beras petani.

Asisten II bidang perekonomian Kabupaten Karawang, Hanafi, mengatakan Karawang sudah menetapkan status tanggap darurat banjir.Tercatat 6.879 hekatre atau 51% dari pertanaman se Kabupaten Karawang yang tergenang.

"Ada 4 kecamatan yang terdampak paling parah, salah satunya Kecamatan Cilebat seluas 2.485 Ha," ujarnya dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pertanian atau Kementan, Jumat (3/3).

Sawah yang tergenang juga terjadi di Kabupaten Bekasi. Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi, mengatakan bahwa rata-rata tinggi genangan banjir di wilayah pesawahannya adalah 30 sampai 40 centimeter yang tergenang sejak sepekan. Pemerintah Kabupayen Bekasi juga sudah mengeluarkan keputusan bekasi tentang tanggap darurat bencana banjir.

"Kami juga melakukan updating data lahan sawah terdampak genangan, kemudian mendampingi petani langsung di lapangan," ujarnya.

Kementan Bagikan Benih Gratis

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan hujan yang terus terjadi selama sepekan membuat air di irigasi meluap dan menggenangi sawah petani. Kementerian Pertanian akan menurunkan pompa untuk membantu menyurutkan sawah tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...