Teten Masduki Akan Urus Rakyat Kecil, Tjahjo Kumolo Rahasiakan Jabatan

Teten menyebutkan, Jokowi menyoroti soal perekonomian rakyat lantaran ekonomi Indonesia ditopang oleh hal tersebut.
Image title
Oleh Rizky Alika
22 Oktober 2019, 19:56
Teten Masduki, Tjahjo Kumolo
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Kepala Staf Kepresidenan Indonesia periode 2015-2018, Teten Masduki  mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (22/10/2019). Teten kemungkinan menjadi Menteri Koperasi dan UMKM.

Mantan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki menemui Presiden Joko Widodo dan mantan Menteri Dalam Negeri mengunjungi di Istana Kemerdekaan pada Selasa (22/10) dalam waktu berdekatan. Usai bertemu Presiden JokoWidodo, Teten mengatakan dia akan menjadi calon menteri yang mengurusi rakyat kecil.

"Kali ini saya diminta urusin orang banyak, bidang rakyat kecil," kata Teten di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10) malam.

(Baca: Temui Jokowi, Politisi PKB Agus Suparmanto Diminta Urus Perdagangan)

Meski begitu, ia enggan menyebutkan posisi menteri yang diberikan oleh Jokowi. Teten menyebutkan, Jokowi menyoroti soal perekonomian rakyat lantaran ekonomi Indonesia ditopang oleh hal tersebut.

Oleh karena itu, Jokowi meminta Teten untuk memberikan perhatian serius terhadap isu ekonomi rakyat. "Dan saya dianggap paling serius," ujar dia.

Teten enggan menjelaskan lebih detail tentang rencana kerja ke depan. Menurutnya, visi besar tersebut akan disampaikan langsung oleh Jokowi.

(Baca: Akan Urus Regulasi Bisnis Digital, Jhonny Plate Bakal Jadi Menkominfo?)

Sementara itu Tjahjo Kumolo mengatakan akan kembali membantu Jokowi dalam periode kedua. Namun, ia tidak menyebutkan posisi yang akan diemban dalam lima tahun ke depan.

"Posisinya lebih baik tunggu pelantikan," ujar dia. Tjahjo mengatakan tugas ini telah mendapat izin dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sepanjang hari ini, Presiden Joko Widodo telah memanggil sejumlah tokoh untuk mengisisi posisi menteri di kabinet pemerintaha periode keduanya. Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani, mantan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan eks Menteri Perhubungan Budi Karya menyatakan mendapat mandat untuk meneruskan pekerjaannya di kabinet sebelumnya.

Selain itu, terdapat mantan menteri kabinet kerja yang juga turut datang ke Istana seperti Yasonna Laoly dan Sofyan Djalil.

Berikut daftar tokoh yang dipanggil ke Istana Kepresidenan dalam rangkaian perkenalan calon menteri pada Senin (21/10) hingga Selasa (22/10) sore :

1. Mahfud Md
2. Nadiem Makarim
3. Wishnutama
4. Erick Thohir
5. Tito Karnavian
6. Airlangga Hartarto (Golkar)
7. Pratikno
8. Fadjroel Rachman
9. Nico Harjanto 1
0. Prabowo Subianto (Gerindra)
11. Edhy Prabowo (Gerindra)
12. Sri Mulyani
13. Syahrul Yasin Limpo (NasDem)
14. Agus Gumiwang Kartasasmita (Golkar)
15. Juliari Batubara (PDIP)
16. Siti Nurbaya (NasDem)
17. Suharso Monoarfa (PPP)
18. Mantan Wakil Panglima TNI Fachrul Rozi
19. Ida Fauziah (PKB)
20. Bahlil Lahadalia (Golkar)
21. Basuki Hadimuljono
22. Abdul Halim (PKB)
23. Zainudin Amali
24. Yasonna Laoly (PDIP)
25. Budi Karya Sumadi
26. Moeldoko
27. Sofyan Djalil
28. Tjahjo Kumolo (PDIP)
29. Johnny Plate (NasDem)
30. Bambang Brodjonegoro
31. Agus Suparmanto
32. Luhut Pandjaitan
33. Teten Masduki
34. Terawan

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait