Jadi Jubir Jokowi, Fadjroel Rahman Bakal Rangkap Jabatan di Adhi Karya

Yuliawati
Oleh Yuliawati
22 Oktober 2019, 16:42
Fadjroel Rachman, juru bicara Presiden Jokowi.
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20191021094.jpg
Fadjroel Rachman menjabat sebagai juru bicara Presiden Jokowi.

Komisaris Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Fadjroel Rahman ditunjuk sebagai juru bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi). Fadjroel menggantikan posisi Johan Budi yang kini menjadi anggota DPR periode 2019-2024 dari PDIP.

Fadjroel menyatakan dia mengetahui posisinya sejak Senin (21/10). "Berdasarkan keputusan surat presiden yang langsung ditandatangi oleh Jokowi, yaitu sebagai staf khusus presiden di bidang komunikasi dengan pembidangan sebagai jubir presiden," kata Fadjroel di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10).

(Baca: Pratikno, Fadjroel Rachman, dan Nico Harjanto Sambangi Istana)

Fadjroel menyebut penugasan dari Jokowi merupakan yang kedua kali. Sebelumnya pada 2015 dia mendapat penugasan khusus sebagai komisaris utama di Adhi Karya untuk menjalankan program infrastruktur yang dijalankan melalui kontraktor karya.

Dia menyatakan Fadjroel dapat tetap merangkap jabatan sebagai komisaris di Adhi Karya. "Tetap bisa dijalankan secara hukum, tidak ada masalah. Bila jadi menteri, saya harus meninggalkan," kata dia.

Fadjroel berkunjung ke Istana Negara pada Senin kemarin berbarengan dengan mantan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan eks Staf Khusus Presiden Nico Hardjanto.

(Baca: Kakak Cak Imin Bertemu Jokowi Bahas soal Masyarakat Desa)

Pemanggilan para calon menteri dan pembantu presiden terus berlanjut hari ini. Mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan eks Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya tampak hadir di istana. Keduanya menyatakan dipercaya kembali oleh Jokowi untuk mengisi kembali jabatan yang pernah diemban.

Sementara itu, politisi Golkar Agus Gumiwang kemungkinan menjabat sebagai Menteri Perindustrian. Ada pun Wakil Bendahara Umum PDIP Juliari Batubara diperkirakan menjabat Menteri Sosial.

(Baca: Bambang Brodonegoro, Arifin Tasrif, dan Agus Suparmanto Tiba di Istana)

Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...