Debat Rasio Pajak, Jokowi Kritik Target 16% ala Prabowo

Ameidyo Daud Nasution
13 April 2019, 22:10
debat pilpres 2019
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan Ma\'ruf Amin mengikuti debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Debat Pilpres kelima dengan tema investasi dan keuangan menyinggung soal target rasio pajak. Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengkritik target rasio pajak yang diusung Prabowo Subianto dari sekitar 10% menjadi 16% dalam setahun dapat mengakibatkan shock alias kejutan dalam ekonomi.

Jokowi mengatakan dengan kenaikan rasio pajak 16% maka menarik dana Rp 750 triliun dari Gross Domestic Product (GDP). Jokowi menyatakan kenaikan rasio pajak perlu dilakukan secara berkelanjutan.

"Kalau setahun naik drastis, Rp 750 triliun yang ditarik jadi pajak, akan terjadi shock pada ekonomi," kata Jokowi di Hotel Sultan, Sabtu (13/4).

(Baca: Strategi Prabowo-Sandiaga Kejar Rasio Pajak 16 Persen)

Jokowi menyatakan salah satu caranya berkelanjutan menarik pajak yakni dengan membuat kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Dia mengatakan dengan program tersebut, basis wajib pajak bertambah dan pemerintah menerima Rp 114 triliun.

Jokowi mengatakan saat ini pihaknya juga telah mengubah sistem pembayaran pajak agar lebih mudah. Caranya dengan penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) secara online. "Bisa beberapa jam saja, ini reformasi yang dilakukan," kata Jokowi.

(Baca: Prabowo Soroti Deindustrialisasi, Jokowi Bangga Kuasai Freeport)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...