Tren Kasus Kembali Naik, Positif Covid-19 Bertambah 5.227 Orang

Satgas Covid-19 menyoroti tren jumlah kasus Covid-19 yang kembali meningkat.
Yuliawati
24 Maret 2021, 17:56
kasus covid-19, pandemi covid
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Pekerja bandara mengantre untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 secara massal di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (24/3/2021).

Kasus positif Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Berdasarkan data pemerintah terdapat tambahan 5.227 kasus baru Covid-19 pada Rabu (24/3). Dengan demikian, hingga saat ini jumlah kasus positif infeksi virus corona di Indonesia mencapai 1.476.452 orang.

Tambahan kasus baru ini berasal dari pemeriksaan terhadap 49.788 orang. Pemeriksaan ini terdiri pemeriksaan swab PCR dan TCM sebanyak 29.244 orang dan pemeriksaan antigen sebanyak 20.544 orang.

Adapun pasien yang berhasil sembuh per hari ini bertambah sebanyak 7.622  orang, sehingga jumlah pasien yang bebas dari virus ini sebanyak 1.312.543 orang di seluruh Indonesia.

Sedangkan, angka kematian akibat Covid-19 pada hari ini bertambah 118 orang, sehingga total kematian akibat virus ini sebanyak 39.983 orang.

Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti peningkatan kasus positif untuk pada pekan ini setelah empat minggu sebelumnya melandai.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, mengatakan kenaikan kasus baru pada pekan ini mencapai 2,3%.

Meskipun angkanya kecil, namun penambahan kasus positif seharusnya terus ditekan. Terutama untuk provinsi di Pulau Jawa yang telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.  

Tiga dari lima provinsi yang menjalankan PPKM ini menyumbang kasus tertinggi. Kelima provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah.

Satgas Penangan Covid-19 juga mencatat angka kematian meningkat 10% pada pekan ini. Angkanya lebih  besar dibandingkan pekan lalu yang naik sebesar 5,45%.

Advertisement



Mayoritas angka kematian pada pekan ini berasal dari Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Jambi. "Dalam dua minggu berturut-turut angka kematian terus naik," ujar dia.

Di sisi lain, angka kesembuhan justru turun sebesar 0,7%. Menurut Wiku, angka kesembuhan telah turun selama enam pekan berturut-turut. Padahal kasus sembuh seharusnya terus meningkat setiap minggu.

"Jangan sampai menekan kasus positif hanya bertahan sementara. Mari kita bangkit dan mempertahankan semangat penanganan Covid-19," ujarnya.

Pemerintah memperluas cakupan PPKM Mikro hingga 15 provinsi sejak Selasa (23/3). Adapun kebijakan tersebut diharapkan mampu menekan kasus positif dan meninggal secara nasional.

 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait