Bandara Kualanamu Ingin Saingi Changi dalam Rute ke Asia Selatan

Dzulfiqar Fathur Rahman
20 September 2022, 17:28
Bandara Kualanamu
ap2_kualanamu/instagram
Bandara Internasional Kualanamu Medan

Pengelola Bandar Udara Internasional Kualanamu (KNIA) di Deli Serdang, Sumatera Utara ingin bersaing dengan bandara Singapura dan Malaysia dalam melayani penerbangan ke Asia Selatan. Pengelola Bandara Kualanamu, PT Angkasa Pura Aviasi, menilai secara geografis Asia Selatan sebagai pasar yang menjanjikan karena dekat dengan Indonesia.

"Secara geografis, kita memang lebih unggul tetapi secara ekonomis memang Changi masih lebih murah,” kata CEO PT Angkasa Pura Aviasi, Achmad Rifai, dalam seminar nasional: Kualanamu as an International Hub in ASEAN:Challenges and Realization yang didukung oleh AirAsia Indonesia di Medan pada Selasa (20/9).

Rifai menjelaskan pada tahun ini Bandara Kualanamu menambah satu rute penerbangan langsung ke salah satu negara di Asia Selatan yaitu India.

Dia mengatakan posisi Bandara Kualanamu menjadi strategis karena berada di pinggir dan paling dekat dengan India, Pakistan, dan Bangladesh. "Pasar yang disasar Bandara Kualanamu adalah para penumpang dari India dan kawasan sekitarnya," kata dia.

Sejumlah maskapai penerbangan pun bersedia membuat rute langsung ke India. “Prinsipnya kan respirokal, kalau mereka bersedia menyediakan penerbangan langsung ke Kualanamu maka maskapai Indonesia juga akan melakukan penerbangan langsung ke India,” kata Rifai.

Jumlah total penumpang yang berkunjung ke Sumatera Utara melalui Bandara Internasional Kualanamu mencapai 16-18 ribu per hari. Jumlah ini masih jauh dibandingkan ketika sebelum pandemi yaitu 24-25 ribu penumpang per hari.

Sebagai hub penerbangan internasional, Angkasa Pura Aviasi memproyeksikan porsi penumpang penerbangan internasional bakal meningkat menjadi 32% pada 2030 dari porsi 18% pada 2023.

Halaman:
Reporter: Dzulfiqar Fathur Rahman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...