Pemerintah Kebut Program 100 Hari Terakhir

Image title
Oleh
24 Juli 2014, 16:47
pembangunan infrastruktur
KATADATA
KATADATA | Agung Samosir

KATADATA ? Pemerintah mengebut beberapa program yang belum selesai dalam 100 hari menjelang berakhirnya pemerintah Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satunya Kementerian Perindustrian yang yang memiliki lima program prioritas sebelum peralihan presiden.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyebutkan kelima program tersebut, pertama, percepatan pemberian insentif fiskal untuk industri. Menurutnya hingga kini aturan itu belum juga dikeluarkan Kementerian Keuangan.

Hidayat mencontohkan satu perusahaan yaitu PT Indorama Polychem Indonesia telah mendapat persetujuan tax holiday dari komite verivikasi namun belum mendapatkan keputusan dari Menteri Keuangan. Dua perusahaan yang tengah mendapatkan fasilitas tax holiday yaitu PT Ogan Komering Ilir dan PT Caterpilar Batam Indonesia.

Sedangkan untuk tax allowance sudah ada enam perusahaan yang sudah melaksanakan rapat konsultasi dengan Ditjen Pajak dan Badan Koordinasi Penanaman Modal yaitu PT Perta-Samtan Gas, PT Krakatau Steel, PT Antam (Persero) Tbk, PT Soci Mas, PT Meratus Jaya Iron & Steel, dan PT Conch South Kalimantan.

Program kedua yaitu, penyebaran dan pemerataan industri diantaranya pembangunan kawasan industri di Kabupaten Morowali Sulawesi tengah, pembangunan kawasan industri Kuala Tanjung Sumatera Utara. Saat ini program tersebut sedang disiapkan dukungan kelembagaan untuk penyediaan lahan dan infrastrktur.

Halaman:
Reporter: Rikawati
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...