Angola, Eksportir Minyak dari Afrika

Image title
Oleh
3 November 2014, 17:01
Katadata
KATADATA
Produksi minyak Angola meningkat drastis sejak 1980-an.

KATADATA ? Pemerintah melakukan terobosan dalam pengadaan minyak di domestik melalui impor langsung minyak mentah dari Angola. Hal itu ditandai melalui nota kesepahaman antara PT Pertamina (persero) dengan Sonangol EP, BUMN di sektor migas salah satu negara di Afrika Barat itu.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, Indonesia berpotensi menghemat US$ 2,5 juta atau sekitar Rp 30 miliar per hari. Ini terjadi karena Indonesia akan mengimpor langsung minyak dari negara itu tanpa melalui rantai distribusi yang panjang.

Kerjasama dengan Angola dinilai strategis karena negara itu merupakan salah satu produsen minyak terbesar di kawasan Afrika di bawah Nigeria. Berdasarkan BP Statistical Review, cadangan terbukti minyak Angola mencapai 12,7 miliar barel pada 2013 dengan produksi sebesar 1,8 juta per barel.

Pada 1980, cadangan minyaknya hanya 1,4 miliar barel, jauh di bawah Indonesia yang mencapai 11,5 miliar. Pada waktu itu, produksi minyaknya pun hanya 150 ribu barel per hari, sedangkan Indonesia mampu memproduksi hingga 1,5 juta barel per hari.

Saat ini, kondisinya terbalik. Indonesia hanya memiliki cadangan terbukti sebesar 3,7 miliar barel dan produksi sebesar 882 barel per hari pada 2013.

Perkembangan industri minyak dan gas (migas) Angola tidak terjadi dengan serta merta. Ini sejalan dengan penemuan cadangan minyak dalam jumlah besar pada pertengahan 1990-an yang mendorong investor asing menanamkan modalnya di negara yang terletak di pantai Barat Afrika ini.

Sementara dari sisi regulasi Angola memberikan kewenangan penuh kepada Sonangol, yang dibentuk pada 1976, untuk mengelola potensi migas, sekaligus mengontrol semua aktivitas industri perminyakan. Kewenangan dan hak eksklusif ini kemudian dipertegas melalui Undang-Undang Minyak Bumi tahun 2004.  

Halaman:
Reporter: Aria W. Yudhistira
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...