Percepat Arus Barang Pelindo Bangun Dua Kanal Rp 3 Triliun

Image title
Oleh
29 Januari 2015, 10:20
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II berencana membuat kanal dari kawasan Pelabuhan Tanjung Priok ke Cikampek, Jawa Barat. Pembangunan kanal ini untuk mempercepat pendistribusian arus barang logistik, dan mengurangi kemacetan di kawasan industri sekitar Cikampek, Cibitung, dan Cikarang menuju ke Tanjung Priok dan sebaliknya.

Direktur Utama Pelindo II Richard Joost Lino mengatakan pembangunan kanal terdiri dari dua bagian. Pertama, sepanjang 42 kilometer (km) dengan memanfaatkan kanal pengendali banjir di Jakarta. Kanal ini untuk menghubungkan pelabuhan Tanjung Priok dengan kawasan industri Cibitung.

?Kanalnya sudah ada. Tinggal kami merehabilitasi kanal dan meninggikan tiga atau empat meter jembatan, agar kapal tongkang bisa lewat,? ujarnya seperti dikutip harian Kontan, Kamis (29/1).

Kanal kedua menghubungkan kawasan industri Cibitung dengan Cikampek. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan kedua kanal ini mencapai Rp 3 triliun, dengan rincian Rp 1 triliun untuk kanal pertama, dan Rp 2 triliun untuk kanal kedua.

Pembangunan kanal pertama ditargetkan selesai pada 2016, dan kanal kedua pada 2018. Nantinya, setiap tongkang yang melalui kanal tersebut akan bisa mengangkut 150 kontainer. Perhitungan Lino, setiap satu tongkang yang melalui kanal tersebut akan mengurangi kemacetan 3 kilometer di jalan darat. 

Reporter: Redaksi
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...