Tiga Nama Calon Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Bukan dari Parpol

Dimas Jarot Bayu
15 Agustus 2018, 18:37
Pendaftaran Capres Cawapres Pilpres 2019
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA
Calon presiden petahana Joko Widodo didampingi calon wakil presiden Ma'ruf Amin bersama pimpinan partai koalisi saat pendaftaraan Pilpres di KPU, Jakarta, Jumat (10/8).

Calon ketua tim pemenangan bagi bakal pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat ini telah mengerucut menjadi tiga nama. Ketiga nama yang bukan berasal dari partai politik ini muncul setelah Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menolak tawaran sebagai ketua tim pemenangan. 

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengatakan, ketiga calon tersebut berjenis kelamin pria. Sembari berguyon, dia mengatakan mereka berinisial M. 

"Yang sudah pasti tetap M karena Mas ya, karena laki-laki. Ini bukan sensitivitas gender karena kebetulan laki-laki yang dipilih," kata Romy di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8).

(Baca juga: Jusuf Kalla Akan Pimpin Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin)

Romy menambahkan, ketiga calon ketua tim pemenangan bukan berasal dari partai politik. Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menilai tepat jika nantinya ketua tim pemenangan bukanlah berasal dari partai politik.

Sebab, nantinya ketua tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf tak akan berpihak pada salah satu partai dalam koalisi. Saat ini, terdapat enam partai yang mengusung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019, yakni PDIP, Golkar, Nasdem, PKB, PPP, dan Hanura.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...