Sudah Penuhi DMO, Pengusaha Batu Bara Tunggu Larangan Ekspor Dicabut

Image title
20 Januari 2022, 14:33
ekspor batu bara, dmo batu bara,
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/rwa.
Foto udara aktivitas bongkar muat batu bara di kawasan pantai Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Kamis (9/12/2021).

Sejumlah pelaku usaha pertambangan batu bara masih menantikan keputusan pemerintah untuk mencabut larangan ekspor. Hal tersebut seiring dengan sudah dipenuhinya pasokan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri (domestic market obligation/DMO).

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia mengatakan pihaknya masih menunggu kejelasan kelangsungan ekspor bagi perusahaan anggota APBI yang telah memenuhi ketentuan DMO. Apalagi, pasokan batu bara untuk PLTU untuk saat ini semakin membaik dan telah melewati kondisi kritisnya.

"Pasokan PLN setahu kami sudah terpenuhi, batas kritis terlewati. Sehingga kami masih menunggu keputusan pemerintah untuk kepastian ekspor bagi anggota kami yang sudah lebih kewajiban DMO," kata Hendra kepada Katadata.co.id, Kamis (20/1).

Karena itu, dia mengharapkan supaya pemerintah dapat segera memberikan klarifikasi mengenai ketentuan ekspor. Pasalnya, selain berpengaruh pada penerimaan negara, berangsurnya kepastian ekspor juga berpengaruh dari sisi keamanan karena sifat batu bara yang mudah terbakar jika terlalu lama didiamkan di atas kapal.

Adapun perusahaan yang belum dapat melakukan kegiatan ekspor salah satunya yakni PT Bumi Resources Tbk (BUMI). Direktur BUMI Dileep Srivastava pun berharap pemerintah dapat segera mencabut larangan ekspor.

Pasalnya, perusahaan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kewajiban DMO nya selama bertahun-tahun dan telah melampauinya di sepanjang 2021. Sehingga penjualan domestik sebelum melakukan ekspor menjadi prioritas.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...