Apabila tidak ada badan usaha yang berminat, Menteri ESDM dapat menugaskan Pertamina untuk membangunnya di dalam klaster.

Per 16 Januari 2017 pemerintah membuka lelang kilang mini bagi badan usaha besar. Pada tahap awal, kilang mini yang dilelang adalah Klaster VII di Maluku yang mendapat minyak mentah dari Lapangan Oseil dan Bula.

Pembangunan kilang mini bertujuan menjamin ketersediaan dan memperlancar pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), terutama ke wilayah pedalaman serta mengurangi ketergantungan impor. Jika kilang dibangun oleh swasta, mereka dapat sekaligus berperan sebagai distributor. Apabila tidak ada badan usaha yang berminat, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat menugaskan Pertamina untuk membangunnya di dalam klaster.

Tim seleksi bentukan Kementerian ESDM akan mengutamakan badan usaha yang mampu memproduksi BBM jenis Premium karena produk ini paling dibutuhkan masyarakat. Dalam rangka meningkatkan kelayakan ekonomi, serangkaian insentif fiskal maupun non fiskal juga telah disiapkan pemerintah.

 

Jeany Hartriani
Artikel Terkait
"Kalau saya lihat dari SKK Migas berharap Pertamina yang kelola di sana, jadi kami tidak mau terburu-buru bilang sanggup," kata dia,