7 Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat buah pir yang akan diperoleh jika Anda mengonsumsi makanan ini. Apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya berikut ini.
Image title
14 Januari 2022, 09:42
7 Manfaat Buah Pir yang Penting untuk Kesehatan
pixabay.com
Buah pir mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Banyak manfaat buah pir yang akan didapatkan setelah kita mengonsumsinya. Pir merupakan buah dengan bentuk menyerupai lonceng dengan rasa manis cenderung masam. Buah ini mengandung  banyak air dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kandungan air yang banyak membuat buah ini cocok dikonsumsi saat musim panas. Biasanya pir dikonsumsi secara langsung, walaupun bisa juga diolah menjadi beberapa makanan dan minuman.

Kandungan Buah Pir

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, pir juga mengandung banyak nutrisi yang penting untuk rubuh. Menurut penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah pir.

Selain itu, buah pir juga diketahui mengandung antioksidan serta senyawa tumbuhan lainnya yang baik untuk tubuh.

Advertisement

Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membuat buah pir memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Mengutip dari hellosehat.com, berikut beberapa manfaat buah pir untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Buah pir diketahui mengantung serat cukup tinggi sehingga berguna untuk mencegah dan mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsi satu buah pir ukuran sedang, Anda bisa memenuhi 22% kebutuhan serat harian.

Buah pir mengandung jenis serat yang disebut pektin. Sebuah penelitian di Tiongkok, menyebutkan bahwa konsumsi pektin sebanyak 24 gram per hari selama satu bulan bisa meringankan sembelit dan mendukung pertumbuhan bakteri di usus.

2. Membantu Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat buah pir berikutnya yaitu berpotensi untuk menurunkan risiko diabetes. Hal ini dikarenakan buah pir mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi lima porsi buah dan sayur berisiko lebih rendah mengalami diabetes.

Tak hanya itu, pir juga mengandung indeks glikemik rendah. Sehingga buah ini tidak akan meningkatkan gula darah dalam waktu cepat.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah pir juga mengandung vitamin dan mineral penting untuk tulang. Kandungan vitamin K, kalsium, magnesium, dan fosfor yang ada dalam buah pir dipercaya bisa menjaga kepadatan tulang dan mencegah pengeroposan.

Selain itu, pir juga mengadung boron yang berperan untuk menambah kepadatan mineral tulang, menjaga vitamin D dalam tulang, dan meredakan peradangan di sekitar tulang. Berbagai fungsi ini merupakan kunci dari tulang kuat dan padat.

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah pir lainnya yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Sebab buah ini mengandung serat dan air yang bisa membantu berat badan tetap stabil.

Tak hanya itu, pir juga diketahui rendah lemak, kalori, dan kolesterol yang juga baik untuk menjaga berat badan. Sehingga buah pir sangat baik untuk konsumsi untuk Anda yang sedang menjalani program diet.

5. Melawan Kanker

Berbagai penelitian membuktikan bahwa konsumsi buah, terutama pir berpotensi untuk melindungi tubuh dari ancaman kanker. Manfaat ini diperoleh dari dua zat anti kanker yang ada di buah pir seperti antosianin dan asam sinamat.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa buah dengan kandungan flavonoid dipercaya bisa menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium. Salah satu buah yang mengandung flavonoid tinggi yaitu pir.

6. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat buah pir berikutnya yaitu membantu memelihara jantung. Sebab makanan ini mengandung zat antioksidan prosianidin yang dapat mengurangi kekauan pada jaringan jantung, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan kolesterol baik.

Kulit buah pir juga dipercata mengandung antioksidan quercetin yang bisa memelihara jantung dengan cara mengurangi peradangan dan menurunkan darah tinggi.

7. Menurunkan Kemungkinan Penyakit Kronis

Banyak penyakit kronis yang diawali dengan peradangan, misalnya penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Salah satu cara untuk mengantisipasi efek peradangan yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya antioksidan.

Buah pir merupakan sumber flavonoid terbaik. Sebagai salah satu zat antioksidan, flavonoid berguna untuk melindungi sel akibat radikal bebas. Senyawa ini dipercaya bisa meredakan peradangan yang berpotensi menjadi penyakit kronis.

Apakah Buah Pir Aman untuk Penderita Asam Lambung?

Buah pir memiliki rasa yang masam sehingga beberapa penderita asam lambung yang bertanya-tanya, apakah buah pir aman untuk asam lambung?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dr. Luh Putu Previyanti dalam alodokter.com, menerangkah bahwa penyakit asam lambung merupakan penyakit kronis atau jangka panjang akibat asam lambung naik ke kerongkongan sehingga menyebabkan gejala nyeri ulu hati.

Dokter tersebut menerangkan bahwa pengobatan untuk penderita asam lambung bisa menggunakan obat penurun asam lambung. Selain itu, beberapa makanan juga bisa memabntu meredakan asam lambung. Makanan tersebut antara lain; pisang, melon, semangka, apel, pir, oatmeal, syaur hijau, daging tanpa lemak, jahe, dan lidah buaya.

Makanan tersebut aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung karena bisa menyerap asam lambung. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa buah pir untuk asam lambung dapat mencegah gejala penyakit ini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait