Doxing Adalah Penyebaran Data Pribadi Tanpa Izin, Ini Penjelasannya

Doxing adalah tindakan negatif membagikan informasi pribadi tanpa izin ke internet. Istilah doxing ini populer digunakan di media sosial. Tindakan doxing termasuk negatif karena merugikan pengguna.
Dwi Latifatul Fajri
2 Agustus 2022, 16:36
doxing adalah
pexels.com/MART PRODUCTION
Ilustrasi, korban doxing.

Media sosial banyak dipakai masyarakat untuk membagikan foto, video, hingga kata-kata. Era digital ini membuat masyarakat mudah memberikan informasi berupa foto, video, dan kata. Ada berbagai istilah dalam bahasa Inggris yang ramai dipakai di media sosial.

Contoh trend kata di media sosial adalah doxing. Kata ini berkaitan dengan penyebarluasan informasi di media sosial. Beberapa orang menyebarkan informasi pribadi yang berujung negatif.

Pengertian Doxing

Kata Doxing berasal dari bahasa Inggris, yang berasal dari kata document dan biasa disingkat menjadi dox. Menurut kamus Cambridge, doxing adalah tindakan mempublikasikan data atau informasi pribadi seseorang tanpa izin melalui internet. Seseorang menemukan lalu membagikan informasi pribadi ini seperti nama panjang, alamat rumah, nomor ponsel, dan lainnya.

Doxing dipakai untuk melecehkan atau mengorbankan orang lain melalui internet. Tindakan doxing ini termasuk melanggar privasi karena membagikan data pribadi orang lain. Data tersebut disebar melalui internet dan media sosial.

Advertisement

Contoh tindakan doxing yaitu warganet mengekspos identitas seseorang. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang privasi dan kebebasan bicara. Doxing termasuk tindakan ilegal karena membagikan informasi secara online.

Cara Mencegah Doxing

Doxing bisa dicegah jika seseorang tidak mengunggah informasi penting dan pribadi secara online. Anda perlu memastikan dan berhati-hati ketika mengunggah informasi di media sosial. Berikut cara mencegah doxing:

1. Pakai Jaringan Pribadi

Mengutip dari fortinet.com, anda bisa menggunakan jaringan pribadi atau Virtual Private Network (VPN). Pemakaian VPN membantu melindungi informasi dan alamat IP asli dapat disembunyikan.

2. Memakai Kata Sandi Kuat

Ketika anda masuk ke situs website atau aplikasi, gunakan kata sandi kuat. Anda bisa membuat kata sandi yang sulit diprediksi dan ditebak oleh orang lain.

3. Mengubah Pengaturan Pribadi

Langkah ketiga menghindari Doxing yaitu mengubah pengaturan pribadi. Anda bisa mengubah pengaturan privasi media sosial. Anda bisa membuat media sosial hanya dilihat orang beberapa orang. Selain itu jangan berikan informasi pribadi seperti tanggal lahir, kota asal, dan lainnya.

4. Hapus Email Phishing

Cara lain yaitu menghapus email spam atau tidak klik tautan dari pesan email. Anda perlu mewaspadai email phising untuk meminta alamat rumah, kata sandi, dan informasi pribadi.

Contohnya saja email dari perusahaan kartu kredit atau bank meminta data pribadi. Hal ini termasuk penipuan, karena lembaga keuangan tidak pernah meminta informasi melalui email.

5. Pakai Akun Email Terpisah

Anda bisa menggunakan email terpisah untuk media sosial dan pribadi. Gunakan email kantor dan bisnis untuk pekerjaan dan profesional. anda bisa menggunakan email terpisah untuk akun media sosial. Selain itu pakai kata sandi yang berbeda untuk media sosial anda.

6. Waspadai Izin Aplikasi

Cara menghindari doxing yaitu mewaspadai izin aplikasi. Sebelum melakukan pendaftaran, anda bisa membaca terlebih dahulu ketentuan yang ditawarkan aplikasi. Contohnya saja penawaran mengizinkan akses informasi dari media sosial.

Hal ini perlu diwaspadai jika aplikasi tidak punya keamanan memadai. Peretas doxing dapat menembus sistem dan mendapatkan informasi pengguna.

7. Melindungi Akun Keuangan

Seorang doxer dapat membagikan informasi keuangan seseorang. Anda perlu mengambil langkah untuk menghubungi bank dan penyedia kartu. Pastikan kartu anda terlindungi dan ditutup untuk mencegah doxing.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait