Doxing Adalah Penyebaran Data Pribadi Tanpa Izin, Ini Penjelasannya

Dwi Latifatul Fajri
2 Agustus 2022, 16:36
doxing adalah
pexels.com/MART PRODUCTION
Ilustrasi, korban doxing.

Media sosial banyak dipakai masyarakat untuk membagikan foto, video, hingga kata-kata. Era digital ini membuat masyarakat mudah memberikan informasi berupa foto, video, dan kata. Ada berbagai istilah dalam bahasa Inggris yang ramai dipakai di media sosial.

Contoh trend kata di media sosial adalah doxing. Kata ini berkaitan dengan penyebarluasan informasi di media sosial. Beberapa orang menyebarkan informasi pribadi yang berujung negatif.

Pengertian Doxing

Kata Doxing berasal dari bahasa Inggris, yang berasal dari kata document dan biasa disingkat menjadi dox. Menurut kamus Cambridge, doxing adalah tindakan mempublikasikan data atau informasi pribadi seseorang tanpa izin melalui internet. Seseorang menemukan lalu membagikan informasi pribadi ini seperti nama panjang, alamat rumah, nomor ponsel, dan lainnya.

Doxing dipakai untuk melecehkan atau mengorbankan orang lain melalui internet. Tindakan doxing ini termasuk melanggar privasi karena membagikan data pribadi orang lain. Data tersebut disebar melalui internet dan media sosial.

Contoh tindakan doxing yaitu warganet mengekspos identitas seseorang. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang privasi dan kebebasan bicara. Doxing termasuk tindakan ilegal karena membagikan informasi secara online.

Cara Mencegah Doxing

Doxing bisa dicegah jika seseorang tidak mengunggah informasi penting dan pribadi secara online. Anda perlu memastikan dan berhati-hati ketika mengunggah informasi di media sosial. Berikut cara mencegah doxing:

1. Pakai Jaringan Pribadi

Mengutip dari fortinet.com, anda bisa menggunakan jaringan pribadi atau Virtual Private Network (VPN). Pemakaian VPN membantu melindungi informasi dan alamat IP asli dapat disembunyikan.

2. Memakai Kata Sandi Kuat

Ketika anda masuk ke situs website atau aplikasi, gunakan kata sandi kuat. Anda bisa membuat kata sandi yang sulit diprediksi dan ditebak oleh orang lain.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...