Curhatan Petugas Medis, Mulai Lama Tak Pulang Hingga Stigma Negatif

Image title
26 April 2020, 15:03
Ilustrasi, petugas medis di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Para petugas medis mengeluarkan curhatan terkait lelahnya penanganan pasien Covid-19, jauh dari keluarga hingga stigma negatif oleh masyarakat.
ANTARA FOTO/Kompas/Heru Sri Kumoro/Pool/aww.
Ilustrasi, petugas medis di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet. Para petugas medis mengeluarkan curhatan terkait lelahnya penanganan pasien Covid-19, jauh dari keluarga hingga stigma negatif oleh masyarakat.

Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan saat ini dalam penanganan pasien virus corona (Covid-19). Demi menjalankan tugas menangani pasien virus corona, para tenaga kesehatan tersebut bahkan sudah lama tidak pulang bertemu keluarganya.

Mewakili para petugas kesehatan di Rumah Sakit Darurat Corona Wisma Atlet Jakarta, Ketua Tim Perawatan Covid-19 RSD Wisma Atlet Kapten Fitdy Eka membagikan kisah dan curahan hati para petugas kesehatan selama menjalankan tugas.

Dirinya bercerita, tugas menangani pasien positif virus corona merupakan tugas yang tergolong berat dan harus merelakan untuk tidak bertemu dengan keluarga dalam waktu yang cukup lama. Bersama petugas medis lainnya, ia mengaku sudah  sebulan lebih tidak bertemu dengan keluarga.

Pasalnya, para petugas kesehatan khawatir akan membawa Covid-19 dan menularkan kepada keluarga di rumah jika nekat untuk pulang. Adapun, di sela sela jadwal pergantian shift bekerja, masing-masing petugas memanfaatkan waktunya untuk melakukan video call bersama keluarga di rumah.

Selain suasana yang jauh dari rumah, para tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet juga "tersiksa" karena harus menggunakan alat pelindung diri (APD) penuh selama minimal delapan jam. Gerak yang terbatas, serta rasa lelah sudah menjadi santapan sehari-hari para tenaga kesehatan di RSD Wisma Atlet.

"Kondisi seperti itu, kami tak bisa makan, minum, dan melakukan kegiatan lain," ujar Kapten Fitdy Eka melalui video conference, Minggu (26/4).

(Baca: Mengapa Tenaga Kesehatan Rentan Terpapar Corona?)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...