Banjir Hampir Merata di Wilayah Jakarta, Berikut Lokasinya

Banjir menerjang sebagian wilayah Ibu Kota. Di Pinang Ranti, Jakarta Timur, tinggi muka air bahkan mencapai seatap rumah.
Image title
1 Januari 2020, 08:15
banjir, lokasi banjir, jakarta banjir, hujan deras, bmkg, bnpb
Katadata/Sorta Tobing
Banjir di wilayah Perumahan Alfa Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (1/1).

Hujan deras yang mengguyur sejak semalam membuat sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengalami banjir. Di beberapa wilayah, tinggi genangan air bahkan mencapai lebih dari satu meter.

Berdasarkan pantauan TMC Polda Metro Jaya yang diunggah melalui akun Twitter-nya, banjir terjadi hampir merata di seluruh wilayah Jakarta. Salah satunya di wilayah Pinang Ranti, Jakarta Timur dengan tinggi mencapai seatap rumah hingga pukul 07.00 WIB.

Banjir juga terjadi di Jalan Haji Ipin Pondok Labu, Jakarta Selatan dengan tinggi air mencapai 60-80 cm hingga pukul 07.30 WIB. Kemudian wilayah Kemang Selatan dengan tinggi air mencapai 50-60 cm.

(Baca: Jakarta Banjir, Tol Dalam Kota Gratis Hingga Besok Siang)

Advertisement

Di perempatan kuningan Jalan Gatot Subroto juga terjadi genangan air mencapai 30-40 cm. Lalu di depan Kampus Atmajaya di Jalan Jenderal Sudirman, tinggi air mencapai 30-40 cm.

Banjir sepinggang orang dewasa juga terjadi di wilayah Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Genangan air setinggi 30-60 cm juga terjadi di wilayah Kelapa Gading Timur, Jakarta Utara.

Adapun berdasarkan pantauan Katadata.co.id, banjir dengan tinggi air hampir satu meter terjadi di Perumahan Taman Alfa Indah, Kembangan, Jakarta Barat. Pemadaman listrik pun terjadi di wilayah tersebut. Selain itu, banjir setinggi dada orang dewasa juga terjadi di wilayah Cipinang, Jakarta Timur.

(Baca: Daftar Rute Kereta yang Terdampak Banjir Jakarta)

Sementara mengutip situs BPDB DKI Jakarta hingga pukul 06.00 WIB, pintu air Karet masuk siaga 1 dengan tinggi muka air mencapai 630 cm. Sementara pintu air Manggarai berada pada status siaga 2 dengan tinggi muka air mencapai 920 cm.

Pintu Air Pulo Gadung saat ini juga berstatus siaga 2 dengan tinggi muka air mencapai 735 cm. Sedangkan Pintu Air Pesanggrahan, Angke Hulu, Pasar Ikan, dan Sunter Hulu berstatus siaga 3.

Adapun Pintu Air Katulampa, Depok, Krukut Hulu, Waduk Pluit, dan Cipinang Hulu berstatus siaga 4.

(Baca: BNPB: 9 Orang Meninggal Dunia akibat Banjir dan Longsor di Jabodetabek)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG sebelumnya telah memprediksi terjadi hujan di seluruh wilayah Jakarta pada malam tahun baru.

BMKG memperkirakan Jakarta Pusat dan Jakarta Barat diguyur hujan sedang, Jakarta Timur dan Selatan diguyur hujan disertai petir, di kawasan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diperkirakan hujan ringan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait