Airlangga Klaim Penanganan Pandemi Indonesia Termasuk 4 Terbaik Dunia

Abdul Azis Said
8 Februari 2022, 16:26
pandemi covid-19, airlangga, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kondisi perekonomian yang baik pada tahun lalu tak lepas dari penanganan Covid-19 yang baik.

Perekonomian nasional pada tahun 2021 berhasil tumbuh positif setelah terkontraksi dalam akibat munculnya Covid-19 pada tahun sebelumnya. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut kondisi ini tak lepas dari penanganan Covid-19 yang baik. Indonesia bahkan masuk dalam empat negara yang dianggap paling baik menangani Covid-19 di dunia.  

"Kita dianggap empat negara yang menangani Covid-19 paling baik menurut CDC Amerika. Indonesia juga termasuk 3 negara di level 1, selain India dan Jepang. Namun tentu dengan Omicron, kita kembali diuji," kata Airlangga dalam sebuah diskusi virtual, Selasa (8/2).

Airlangga mengatakan penanganan Covid-19 di Indonesia cenderung lebih baik dibandingkan negara lain. Ia menyebut, kebijakan rem dan gas yang diambil pemerintah memberikan hasil yang positif terbukti dari pertumbuhan ekonomi yang kembali ke zona positif dan mencapai 3,69% pada tahun lalu.

"Pandemi covid melanda berbagai negara termasuk Indonesia, tetapi Indonesia salah satu negara yang (perekonomiannya) tidak porak poranda,"

Gelombang ketiga di awal tahun ini akibat varian Omicron memang memberi tantangan baru bagi ekonomi nasional. Kendati demikian, ia optimistis bahwa perekonomian bisa melampaui gejolak ini dengan lebih baik. Optimisme ini seiring dengan akselerasi jumlah penduduk yang sudah divaksinasi. Bahkan dalam keterangan terpisah ia mengklaim ekonomi di awal tahun bisa tumbuh di atas 5% seperti kuartal IV 2021.

Seiring pemulihan ekonomi pada tahun lalu, Airlangga juga mengatakan angka kemiskinan beringsut turun. Berbagai program pengentasan kemiskinan dan program perlindungan sosial (Perlinsos) telah mendorong penurunan tingkat kemiskinan dari 10,14% menjadi 9,71% pada laporan September 2021.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...