Bappenas Akan Ganti PNS Eselon III & IV Dengan Kecerdasan Buatan

Dimas Jarot Bayu
29 November 2019, 15:22
PNS digantikan robot, Bappenas, eselon III dan IV
KATADATA
Bappenas akan jadi kementerian pertama yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) sebagai pengganti Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III dan IV.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas akan jadi kementerian pertama yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) sebagai pengganti Aparatur Sipil Negara (ASN) eselon III dan IV.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan saat ini Bappenas mulai mempersiapkan penerapan kecerdasan buatan sebagai pengganti ASN. Jika berhasil, maka teknologi ini akan diaplikasikan di kementerian/lembaga lainnya.

“Kami sudah mempersiapkan, Bappenas jadi contoh pertama nanti,” kata Suharso di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (29/11).

(Baca: Jokowi Ingin Ganti ASN Eselon III dan IV dengan Robot dan Mesin Pintar)

Presiden Joko Widodo telah menyampaikan penggantian ASN dengan AI sebagai langkah debirokratisasi. Dengan demikian, proses pengambilan keputusan di pemerintahan bisa semakin cepat. Jokowi selama ini mengeluhkan soal lambatnya proses birokrasi di Indonesia. 

Meski demikian, Jokowi menyebut penggantian ASN eselon III dan IV dengan AI bakal bergantung dengan pembentukan omnibus law. Aturan tersebut rencananya bakal memangkas 70-74 Undang-undang (UU) yang ada saat ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...