Jokowi Disambut Kerumunan di NTT, Istana Akan Benahi Protokoler

Masyarakat yang berkumpul untuk melihat Jokowi akan diatur sedikit mungkin.
Image title
26 Februari 2021, 21:07
jokowi, 3M, Covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau vaksinasi COVID-19 massal bagi pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta, Rabu (17/2/2021). Istana akan membenahi protokoler kunjungan Jokowi usai Presiden disambut kerumunan massa di NTT.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) beberapa hari lalu memicu kumpulan massa di tengah pandemi Covid-19. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian mengatakan, peristiwa tersebut akan menjadi pelajaran bagi protokoler Presiden.

Donny mengatakan antusiasme warga tidak terduga oleh rombongan Jokowi. Namun, euforia masyarakat itu dianggap wajar lantaran warga Indonesia timur sudah lama ingin bertemu dengan Presiden.

"Saya kira ini jadi pelajaran untuk manajemen protokoler kedatangan Presiden di daerah di kemudian hari," kata Donny kepada wartawan, Jumat (26/2).

 

Ke depan, masyarakat yang berkumpul untuk melihat Jokowi akan diatur sedikit mungkin. Mereka juga harus mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

"Jadi akan diatur sedemikian rupa sehingga kerinduan terhadap presien bisa diobati tetapi tetap diatur dengan protokol kesehatan," ujar dia.

Sebelumnya, beredar sebuah video amatir yang direkam saat Jokowi mengunjungi Maumere, Selasa (23/2). Dalam rekaman sebuah video amatir, Jokowi terlihat berada di dalam mobil dengan atap terbuka dan menembus kerumunan massa.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, Jokowi tampak disambut warga namun tak ada pengaturan jarak. Beberapa orang di antaranya pun tidak memakai masker. 

Presiden pun terlihat melambaikan tangan dan melemparkan suvenir melalui atap mobil yang dibuka. Sembari melambai, Jokowi juga menunjuk masker yang ia kenakan.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan isi video tersebut. Saat itu Jokowi sedang dalam perjalanan untuk meresmikan Bendungan Napun Gete, Maumere.

Namun, Jokowi tetap mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker dalam kesempatan tersebut. Hal ini terlihat saat Mantan Walikota Solo itu menunjuk masker yang ia gunakan.

Adapun, pembagian suvenir merupakan sikap spontan Jokowi untuk menghargai antusiasme masyarakat. "Suvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi poinnya, Presiden tetap mengingatkan warga taati protokol kesehatan," kata Bey saat dihubungi wartawan, Selasa (23/2).

Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait