Jokowi Resmikan Bendungan Paselloreng, Mampu Pasok Air 8.500 Ha Sawah

Rizky Alika
9 September 2021, 14:43
Bendungan, Jokowi, infrastruktur
Antara
Tangkapan Layar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur (Jatim), Minggu (14/2/2021).

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, Wajo, Sulawesi Selatan. Kepala Negara mengatakan, bendungan tersebut mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektare. 

Dengan demikian, pasokan air akan meningkat sehingga frekuensi tanam diharapkan dapat bertambah menjadi 2 atau 3 kali dalam setahun. Dengan adanya bendungan tersebut, Jokowi berharap kesejahteraan petani meningkat.

"Sehingga meningkatkan produktivitas lahan dan kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani," kata Jokowi saat Peresmian Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng, Wajo, Kamis (9/9).

Bendungan tersebut telah dibangun sejak 2015. Total biaya yang dibutuhkan untuk membangun Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng mencapai Rp 771 miliar.

Jokowi mengatakan, Sulawesi Selatan sebagai penghasil produk tanaman pangan membutuhkan pasokan air. Untuk itu, diperlukan bendungan sebanyak mungkin untuk menyediakan pasokan air secara berkelanjutan.

"Sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan sebagai lumbung pangan nasional," ujar dia.

Adapun, Bedungan Paselloreng memiliki kapasitas tampung 138 juta meter kubik. Sementara, luas genangan mencapai 1.258 hektare. "Ini bendungan yang sangat besar sekali," ujar Jokowi.

Bendungan tersebut bermanfaat untuk menjaga ketahanan air, mereduksi banjir Sungai Gilireng 489 meter per detik, dan menyediakan air baku 145 liter per detik yang akan melayani 6 kecamatan di Wajo.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...