Dilantik Jokowi, Andi Sudirman Sulaiman Jadi Gubernur Termuda

Rizky Alika
10 Maret 2022, 16:09
gubernur, jokowi, sulawesi selatan
Katadata
Andi Sudirman Sulaiman saat dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis (10/3). Foto: tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). Dengan demikian, Andi resmi menjadi gubernur termuda lantaran usianya masih 38 tahun.

Pelantikan diawali dengan prosesi kirab menuju Istana Negara. Selain Jokowi, prosesi kirab juga diikuti oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Andi Sudirman.

Adapun, pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Republik Indonesia Nomor 25B Tahun 2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Masa Jabatan Tahun 2018-2023 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan 2018-2023. Prosesi diawali dengan pembacaan sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945," kata Jokowi diikuti oleh Andi.

Selanjutnya, pelantikan dilanjutkan dengan mengumandangkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Acara pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu jaga jarak dan membatasi jumlah tamu undangan yang hadir.

Sebagai informasi, Andi menggantikan posisi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi. Andi sebelumnya menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...