Jokowi Gelar Rapat Persiapan ASEAN Para Games 2022 di Jawa Tengah

Indonesia menargetkan jadi juara umum ajang olahraga dua tahunan ini
Image title
22 Maret 2022, 16:35
olahraga, ASEAN Paragames, Menpora
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/aww.
Sejumlah atlet paralimpik panahan berlatih di Pomah, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (25/6/2020). Selain sebagai latihan rutin untuk menjaga stamina, latihan tersebut juga sebagai persiapan menghadapi berbagai ajang kejuaraan olahraga tingkat nasional dan internasional seperti Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021 dan Asean Para Games 2021.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 pada 20 hingga 31 Juli 2022 mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, ajang tersebut akan digelar di Provinsi Jawa Tengah.

Jawa Tengah dipilih menjadi lokasi lantaran pusat latihan atlet berada di wilayah tersebut. Nantinya, 14 cabang olahraga akan dipertandingkan di beberapa wilayah.

"Akan ditempatkan di Jawa Tengah. Ada Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar," kata Zainudin usai menghadiri rapat terbatas ASEAN Para Games 2022 dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/3).

 Salah satu alasan pemilihan Surakarta atau Solo menjadi lokasi Para Games Asia Tenggara karena memiliki fasilitas Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso yang bisa melayani disabilitas. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga mendukung pelaksanaan ASEAN Para Games.

Advertisement

Adapun, pelaksanaan ASEAN Para Games akan berada di bawah koordinasi pemerintah pusat. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan bertugas sebagai badan pertimbangan.

Selain itu, menteri terkait akan menjadi anggota badan pertimbangan. Zainuddin sendiri akan bertanggung jawab atas penyelenggaraan ASEAN Para Games. "Nanti ada penanggung jawabnya," katanya.

Sementara, Ketua NPC (National Paralympic Committee) Indonesia Senny Marbun akan bertanggung jawab terhadap capaian prestasi atlet. Senny menargetkan, Indonesia bisa menyabet gelar juara umum ASEAN Para Games.

"Kami sudah hitung-hitungan bisa juara umum karena di Malaysia kemarin grade-nya jauh di atas Malaysia dan Thailand," ujar dia..

Pelaksanaan ASEAN Para Games tahun ini semestinya bertempatkan di Vietnam. Namun, Vietnam hanya sanggup melaksanakan gelaran South East Asian (SEA) Games.

Untuk itu, negara-negara ASEAN diberikan kesempatan untuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games. Indonesia pun menyatakan siap untuk menggelar ajang olahraga tersebut.

 

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait