Jokowi Gelar Rapat Persiapan ASEAN Para Games 2022 di Jawa Tengah

Rizky Alika
22 Maret 2022, 16:35
olahraga, ASEAN Paragames, Menpora
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/aww.
Sejumlah atlet paralimpik panahan berlatih di Pomah, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (25/6/2020). Selain sebagai latihan rutin untuk menjaga stamina, latihan tersebut juga sebagai persiapan menghadapi berbagai ajang kejuaraan olahraga tingkat nasional dan internasional seperti Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021 dan Asean Para Games 2021.

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 pada 20 hingga 31 Juli 2022 mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, ajang tersebut akan digelar di Provinsi Jawa Tengah.

Jawa Tengah dipilih menjadi lokasi lantaran pusat latihan atlet berada di wilayah tersebut. Nantinya, 14 cabang olahraga akan dipertandingkan di beberapa wilayah.

"Akan ditempatkan di Jawa Tengah. Ada Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar," kata Zainudin usai menghadiri rapat terbatas ASEAN Para Games 2022 dengan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (22/3).

 Salah satu alasan pemilihan Surakarta atau Solo menjadi lokasi Para Games Asia Tenggara karena memiliki fasilitas Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso yang bisa melayani disabilitas. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta juga mendukung pelaksanaan ASEAN Para Games.

Adapun, pelaksanaan ASEAN Para Games akan berada di bawah koordinasi pemerintah pusat. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy akan bertugas sebagai badan pertimbangan.

Selain itu, menteri terkait akan menjadi anggota badan pertimbangan. Zainuddin sendiri akan bertanggung jawab atas penyelenggaraan ASEAN Para Games. "Nanti ada penanggung jawabnya," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...