Jokowi Tunjuk Wishnutama Masuk Panitia Nasional Presidensi G20 RI

Tim yang dimotori Wishnutama akan mendukung kemitraan, sponsor, hingga penyediaan unsur artistik dalam jamuan kenegaraan KTT G20.
Image title
1 April 2022, 16:19
wishnutama, jokowi, g20
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Wishnutama Kusubandio saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi X DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Presiden Joko Widodo mengubah susunan Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20. Dalam susunan panitia terbaru, Jokowi menambah posisi Koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan yang akan diduduki oleh Wishnutama Kusubandio.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022. Keputusan itu berlaku pada 30 Maret 2022.

"Tim Asistensi dan Kemitraan terdiri atas Koordinator Wishnutama Kusubandio," demikian tertulis dalam Pasal 12B, dikutip pada Jumat (1/4).

 

Selain itu, Jokowi juga menunjuk Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara II Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Letjen Maruli Simanjuntak, dan Hari Kusnanto Josef sebagai Wakil Koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan.

Adapun, tim tersebut memiliki tugas untuk mendukung para ketua bidang dan penanggung jawab bidang dalam penyelenggaraan Presidensi G20. Mereka juga bertugas memberikan masukan, konsultasi, dan advokasi terkait desain dan penggunaan logo Presidensi RI.

Wishnutama juga bertugas mendukung pengelolan kemitraan dan sponsorship, penyajian capaian Indonesia dalam tiga tema, yaitu aristektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital dan ekonomi.

Tim yang dimotori mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini juga akan melaksanakan koordinasi penyediaan unsur artistik dalam jamuan kenegaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Adapun, Panitia Nasional G20 terdiri atas Pengarah, Ketua, Penanggung Jawab Bidang, Tim Asistensi dan Kemitraan, Koordinator Harian, dan Sekretariat.

Susunan Pengarah meliputi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Sedangkan, Ketua terdiri atas tiga bidang, yaitu Sherpa Track, Finance Track, dan Dukungan Penyelenggaraan Acara.

Adapun, Ketua I Bidang Sherpa Track ialah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Ketua I Bidang Finance Track dimandatkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Negara diduduki Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Nama Wishnutama sudah tak asing lagi bagi Jokowi. Sebelum berkarir di kabinet, eks bos Net TV itu pernah membantu pemerintah sebagai Pengarah Kreatif Upacara Pembukaan dan Penutupan Asian Games 2018 lalu. 

 

Reporter: Rizky Alika

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 November 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait