Cak Imin Usulkan Pemerintah Benahi 3 Hal Ini Agar RI Maju

Andi M. Arief
5 Agustus 2022, 18:58
muhaimin iskandar, pkb, forum pemred
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Ds/wsj.
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato saat menghadiri acara Doa Bersama Ulama dan Habaib untuk Perdamaian Dunia di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/5/2022).

Muhaimin Iskandar mengusulkan tiga agenda esensial yang perlu dibenahi selama 5 tahun ke depan. Tiga hal yang dimaksud adalah layanan pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan pokok masyarakat.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa tersebut mengatakan muara dari tiga agenda esensial tersebut adalah menjaga perekonomian nasional terus berjalan dengan baik. Namun ia menilai pelaksanaan agenda esensial tersebut dapat terjadi jika didukung oleh tiga level kepemimpinan.

"Contoh, vaksinasi kita dinilai paling berhasil di dunia akibat tiga level kepemimpinan ini berjalan sinergis. Di berbagai negara, pro-kontra vaksinasi memakan waktu," kata Cak Imin dalam Perayaan 10 Tahun Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat (5/8).

Tiga level kepemimpinan yang dimaksud Cak Imin adalah pemerintah atau pilar eksekutif dalam sebuah negara. Level selanjutnya adalah tokoh-tokoh non-formal di luar pemerintahan, sedangkan level terakhir adalah masyarakat.

Dalam hal pembenahan pendidikan dan kesehatan, diperlukan peningkatan dalam belanja teknologi.  Cak Imin berpendapat masih banyak teknologi temuan anak bangsa yang tidak dibiayai negara.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...